siputro.com

Home » Berhitung Cepat » Metode Jarimatika, Siswa Senang Gurupun Senang

pasang iklan murah

Metode Jarimatika, Siswa Senang Gurupun Senang

February 1st, 2013 Admin 6136 Views 0 Comments

Metode Jarimatika- siputro.com. Bagi sebagian anak bahkan mayoritas anak menganggap matematika adalah salah satu mata pelajaran yang sangat menakutkan. Matematika sangat lekat sekali dengan sosok guru yang otoriter dan selalu membawa tongkat rotan yang setia mendampinginya selama mengajar. Belum lagi matematika yang menyajikan banyak sekali rumus menjadi rumusan masalah baru yang dihadapai oleh para siswa. Padahal sebenarnya matematika dapat lebih disederhanakan cara mempelajarainya karena matematika sangatlah lekat dengan kehidupan  siswa sehari-hari.

Perlu perubahan, tentu saja perlu adanya perubahan yang harus dilakukan guru-guru yang mengajarkan matematika khususnya di jenjang pendidikan dasar. Disinilah uji kompetensi guru yang sebenarnya, guru khususnya guru matematika perlu memberikan perhatian khusus terhadap caranya dalam mengajar. Menghilangkan presepsi siswa terhadap mata pelajaran matematika yang sulit memanglah tidak mudah namun juga tidak begitu sulit jika memang kita mau berusaha.

Matematika yang begitu lekat dengan kehidupan akan sangat membantu guru. Pengaplikasian kasus yang benar-benar nyata pernah dialami siswa akan memicu perhatian siswa. Siswa akan lebih mudah dan leluasa untuk merefleksikan dirinya ketika siswa diajak secara langsung kedalam sebuah setting cerita terlebih jika cerita tersebut dapat disajikan secara lucu. Cara lain yang bisa diterapkan adalah menstimulus anak untuk seolah-olah membantu guru dalam menghitung sesuatu. Sehingga secara tidak langsung siswa diperintahkan untuk menghitung.

Namun masih saja siswa akan merasa kesulitan dalam menghitung karena siswa tetap harus menggunakan metode menghapal dalam perkalian misalnya. Guru dapat mengajarkan anak untuk menggunakan metode jarimatika yang sangat mudah digunakan. Selain mempermudah siswa dalam menghitung, metode jarimatika ini juga memberikan presepsi baru kepada siswa bahwa perkalian bukanlah hal sulit untuk dilakukan.

Berikut ini metode jarimatika yang dapat kita ajarkan kepada para siswa:

Jarimatika perkalian 9 (1×9 – 10×9)

  • Buka kedua tangan anda. Mulai dari jari kelingking tangan kiri adalah 1, hingga jari kelingking kanan adalah 10.
  • Misalkan kita ingin menghitung 3×9. Lipat jari nomor 3 dari kiri (jari tengah tangan kiri).
  • Jari no 3 yang kita lipat, berfungsi sebagai pemisah antara puluhan dan satuan.
  • Dari jari tangan yang kita peragakan tersebut artinya di sebelah kiri jari yang dilipat ada 2 jari, yang mewakili angka 20.
  • Sedangkan di sebelah kanan jari yang dilipat ada tujuh jari (termasuk jari-jari tangan kanan), mewakili angka 7.
  • Berarti ada 2 puluhan dan 7 satuan, jika dijumlahkan sama dengan 27. Jadi 3×9 = 27.
  • Cobalah dengan contoh lain misalnya 6×9 atau 9×9. Ingat dihitungnya dari jari kelingking tangan kiri ya.

Jarimatika perkalian 5 (1×5 – 10×5)

  •  Buka kedua tangan anda, mulai dari jari kelingking kiri adalah 1 hingga jari kelingking kanan adalah 10.
  •  Buat irama atau lagu untuk anak. Katakan 5, 10, 15, 20, 25, 30, 35, 40, 45, 50. Prinsipnya adalah melompat bilangan 5.
  •  Sekarang minta anak dengan menunjuk jari kelingking kiri (jari no. 1) sambil berkata 5. Tunjuk jari no. 2 dengan berkata 10. Tunjuk jari no.3 dengan berkata 15 dan seterusnya sampai jari ke 10 dengan berkata 50.
  •  Bila sudah hafal dengan jari dan iramanya, coba test anak dengan menunjuk jari no. 6 misalnya, maka dia otomatis akan menjawab 30. Berarti 6×5=30.

Jarimatika perkalian 6, 7, dan 8

  • Gunakan semua jari anda, baik jari kaki maupun jari tangan.
  • Jari kaki mewakili 1 sampai 5 kemudian tangan kiri mulai jempol kiri mewakili no. 6 sampai kelingking kiri mewakili 10. Demikian pula kaki kanan dan tangan kanan, mulai jempol kanan mewakili 6 sampai kelingking kanan mewakili 10.
  • Misalnya kita ingin mendapatkan hasil dari perkalian 6×7, maka lipat jempol kiri untuk mewakili 6, dan lipat jempol dan telunjuk kanan untuk mewakili 7.
  • Perhatikan jari yang dilipat. Setiap jari yang dilipat mewakili angka 10. Pada contoh yang kita gunakan ada 3 jari yang dilipat berarti 30.
  • Selanjutnya hitung jari yang tidak dilipat. Jari di kiri ada 4, sedangkan jari di kanan ada 3. Kalikan kedua angka tersebut yaitu 4×3 = 12.
  • Terakhir menjumlahkan angka 30 dengan angka 12, hasilnya: 30 + 12 = 42.
  • Lakukan lagi latihan dengan contoh lain misalnya 7×8 atau 6×5 dan seterusnya.

Dengan metode jarimatika diatas siswa dapat dengan mudah melakukan perkalian tanpa menggunakan alat bantu hitung instan seperti kalkulator atau tabel perkalian. Dan ketika siswa sudah terbiasa metode jarimatika juga lebih memberikan kesan tersendiri yang akan membantu siswa dalam mengingat perkalian.

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi


Pernah menuliskan salah satunya?

metode jarimatika (112), jarimatika (66), jarimatika perkalian (46), teknik jarimatika (22), metode jari matika (19), pengertian jarimatika (18), perkalian jarimatika (15), cara berhitung jarimatika (14), jarimatika metode (12), metode jarimatika perkalian (11), cara menghitung dengan jarimatika (10), @jari com br (10), jari matika (10), makalah jarimatika (10), pengertian metode jarimatika (9), cara menghitung jarimatika (8), cara berhitung dengan jarimatika (7), jaritmatika perkalian (7), jarimatika perkalian 1 sampai 5 (7), metode jaritmatika (7), rumus jarimatika (7), makalah metode jarimatika (7), cara menghitung menggunakan jarimatika (6), metode garismatika (6), perkalian dengan jarimatika (6), 

Anda baru saja membaca Metode Jarimatika, Siswa Senang Gurupun Senang. Artikel ini ditulis di dalam kategori Berhitung Cepat. Anda bebas mengshare artikel ini, namun gunakanlah etika yang baik dengan tetap menuliskan sumber link artikel Metode Jarimatika, Siswa Senang Gurupun Senang ini.
Daftarkan email anda untuk berlangganan artikel kami:
Jangan lupa konfirmasi via email, ya!

Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia

Artikel lain:

Leave a Reply to this Post

= 5+5 [required]

Pasang Iklan, SEO Jaguars, Jaguar 2, Fair Gadget, Yoetama, Terapi Diabetes, Dana Usaha

Cerpen Sobat
  • Menara Angin

    cerpen menara angin

    [...] Kami nggak mentingin pertemuan sebagai alasan buat ngehambat hubungan ini, yang jelas kami cocok satu sama lain. Di saat kelulusan nanti waktu yang tepat. [...]

  • Zee’s Hand Diary

    nikah lo pikir mudah

    [...] Ini diaryku kisah tentang hidupku kisah nyataku. Tak peduli sebesar apa ketidaksukaan orang lain bagiku cemo’ohan mereka, penyemangat kebangkitanku. [...]

  • Kesuma Bunda (Ibuku Pahlawanku)

    nikah lo pikir mudah

    [...] Bunda nggak nyangka anakku sendiri bahkan tak bisa bersikap baik padaku. Mungkin ini memang salah Bunda yang nggak pernah menceritakan semuanya padamu [...]

  • Ku Hampir Kuncup

    ku hampir kuncup

    [...] “Oh, tidak. Ya Allah apakah sekeras ini cobaan yang Engkau berikan?” Rintihku mrnyesakkan dada, hingga rasanya aku tak sanggup untuk bernafas. [...]

  • Nikah??? Lo pikir Gampang!!

    nikah lo pikir mudah

    [...] Mungkin bener kata orang-orang tua, Rona pamali waktu ngambil barang hujan deres banget dan saat akan dibawa ke rumah Randy di malah nangis dan noleh [...]

sejarawan.com
jokam palembang
pasang iklan baris