siputro.com

Mengenal Objek pajak di Indonesia

Posted by: Tags: Reply

Sebelum mengenal objek pajak perlu diketahui terlebih dahulu bahwa apa itu pajak. pajak adalah Iuran wajib yang dilakukan oleh orang pribadi atau badan kepada daerah tanpa imbalan langsung yang seimbang, yang dapat dipaksakan berdasarkan peraturan perundang-undangan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pembangunan daerah. Selain dari itu, dalam rangka efektifitas pelaksanaan pembangunan di segala bidang, demi tercapainya keselarasan dan keseimbangan seluruh kegiatan pembangunan, maka diperlukan pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya bagi seluruh rakyat. Oleh karena itu tidak semua urusan pemerintahan dilaksanakan oleh pemerintah pusat, akan tetapi daerah diberikan kewenangan untuk mengurus rumah tangganya sendiri. Dalam hal ini Melihat definisi di atas dapat diambil kesimpulan bahhwa Pajak daerah merupakan pajak dalam konteks daerah yang dapat dipungut oleh Pemerintah Daerah dalam hal ini Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota yang diatur berdasarkan Peraturan Daerah dan hasilnya untuk membiayai pembangunan daerah.

 

Dan perlu diketahui Salah satu komponen utama pelaksanaan desentralisasi dalam otonomi daerah adalah desentralisasi fiskal atau pembiayaan otonomi daerah. Apabila pemerintah Daerah melaksanakan fungsinya secara efektif, dan diberikan kebebasan dalam pengambilan keputusan penyediaan pelayanan di sektor publik, maka mereka harus didukung sumber-sumber keuangan yang memadai baik yang berasal dari Pendapatan Asli Daerah. Dalam mengenal objek pajak ini, tentunya haru memahami yang diamkasudkan adalah Pajak Daerah sebagai salah satu sumber pendapatan daerah dari pendapatan asli daerah. Yang dimana pajak ini merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap individu dalam rangka membantu pembangunan suatu daerah maupun Negara. umunya  pajak dan retribusi daerah adalah untuk menyederhanakan dan memperbaiki jenis dan struktur perpajakan daerah, meningkatkan pendapatan daerah, memperbaiki sistem administrasi perpajakan daerah dan retribusi daerah sejalan dengan sistem administrasi perpajakan nasional, mengklasifikasikan retribusi, dan menyederhanakan tarif pajak dan retribusi.

 

Dalam hukum pajak harus dapat memberi jaminan hukum yang perlu untuk menyatakan  keadilan yang tegas baik untuk Negara maupun untuk warganya. Dalam hal ini mengenai pajak di Negara hukum segala sesuatu harus ditetpkan dalam undang-undang, bahwa pengenaan dan pemungutan pajak untuk keperluan Negara hanya berdasarkan undang-undang. Rasionya mengapa pengenaan pajak harus berdasarkan undang undang adalah sebagai berikut: Pajak adalah peralihan kekayaan dari sektor rakyat ke sektor pemerintah (untuk membiayai pengeluaran negara) untuk itu tidak dapat ditunjuk kontraprestasi secara langsung terhadap individu. Pajak dapt dikenakan dengan satu syarat mutlak yang harus dipenuhi adalah objek pajak yang dimiliki oleh wajib pajak.  Pada dasarnya objek pajak merupakan manifestasi dari taatbestand (keadaan yang nyata). Dengan demikian taatbestand adalah keadaan pristiwa atau pebuatan yang menurut peraturan perundan undangan pajak dapat dikenakan pajak. Perlu diketahui 36 kewajiban pajak dari seorang wajib pajak muncul secara objektif, apabila ia memenuhi taatstand. Tanpa terpenuhinya taatbestand tidak ada pajak terutang yang harus dipenuhi atau dilunasi. Penjelasan diatas merupakan hal dalam  mengenal objek pajak yang tentunya harus diketahui oleh masyarakat, khusunya masyarakat awam.


Pernah menuliskan salah satunya?

objek pajak (50), objek pajak daerah (20), objek pajak adalah (11), macam-macam objek pajak (6), obyek pajak (5), artikel tentang pajak di indonesia (5), HUKUM PERPAJAKAN INDONESIA YANG EFEKTIF (4), pajak rokok di indonesia (4), apa itu objek pajak (4), objek-objek pajak (3), pajakdiindonesia (2), pajak pendapatan nasional dan daerah (2), obyek pajak pusat (2), mail tegas-sistem com loc:CA (2), objek perpajakan (2), objek hukum pajak (2), sumber pajak indonesia (2), objek pajak pusat (2), objek pajak adalah? (2), apa saja objek pajak (2), obyek pajak pajak orang pribadi secara lengkap (1), obyek pajak daerah (1), objek pajak provinsi dan objek pajak kota (1), objek-objek perpajakan (1), makala obyek dan sumber hukum pajak (1), 

author siputro.com
Rino Saputro, S.Pd

"Hidup itu kegagalan, kegagalan mendeskripsikan kehidupan akan membawa hidup selalu dalam kegagalan"