Mengenal Hukum adat dalam kehidupan bemasyarakat

Untuk mengenal hukum adat, perlu diketahui di dalam hukum adat manusia sama sekali bukan individu yang terasing, bebas dari segala ikatan dan semata-mata hanya ingat keuntunga sendiri, melainkan terutama adalah anggota masyarakat. Di dalam hukum adat primer bukanlah individu melainkan masyarakat. Masyarakat berdiri di tengah-tengah kehidupan hukum. Individu terutama dianggap sebagai suatu anggota masyarakat, suatu mahluk yang hidup pertama untuk mencapai tujuan masysrakat. Karena itu tanggapan hukum adat, kehidupan individu ialah kehidupan yang terutama ditujukan buat mangabdi masyarakat. Dalam hal ini hukum adat merupakn hukuk yang tidak tertulis yang juga merupakan pedoman bagi sebagian besar oarng-orang Indonesia dan dipertahankan dalam pergaulan hidup sehari-hari baik dikota maupun di desa. Selin tiu pula hukum adat senantiasa tumbuh dari suatu kebutuhan hidup yang nyata, cara hidup dan pandangan hidup yang keseluruhannya merupakan kebudayaan masyarakat tempat hukum adat itu berlaku. Dalam pengetahuan lain hukum adat dalah merupakan bagian dari kebudayaan banggsa Indonesia, yang oleh sebabitu dengan mempelajari hukum adat berarti kita telah mempelajari sebagian dari kebudayaan bangsa kita.

 

Dengan ditemukannya hukum adat tentu telah terlahirnya ilmu hukum adat dan politik  hukum adat. Yang dimaksudkan hukum adat itu adalah kebijaksanaan, pendirian dan sikap terhadap hukum adat dari zaman dulu sampai sekarang. Dan ringkasan untuk  politik hukum adat yang di lakukan tahun 1928 oleh pemerintah Belanda, adalah ditujukkan untuk perlindungan kepentingan orang Belanda (kepentingan pemerintahan, perniagaan, pertanian, agama Kristen dan sebagainya). Dalam mengenal hukum adat, menurut pandanagan teoritis, pengetahuan tentang hukum adat yang diperoleh adalah semata-mata untuk menjamin kelangsungan penyelidikan ilmiah hukuk adat dan untuk  memajukan secara teru-menerus pengajaran hukum. Oleha karena itu hukum adta dipelajari untuk memenuhi dua tugas yaitu penyelidikan dan pengajaran, yang dimaksudkan adalah penyelidikan tentang hukum adat semakin digiatkan dan pengajaran adat di universitas lebih ditingkatkan.

 

Di Indonesia ilmu hukum adat yang ditemukan itu di pelajari di manfaatkan untuk pembangunan masyarakat dalam usaha mengisi kemerdekaan dan meningkatkan kemakmuran bangsa Indonesia. maka manfaat mempelajari ilmu hukum itu haruslah bersifat praktis dan nasional. Seperti yang kita ketahui bahwa sifat praktis dan nasional itu dapat trelihat drai tiga sudut yaitu: sudut pembinaan hukum nasional, dari sudut mengembalikan dan memupuk kepribadian bangsa Indonesia dan dalam prekatek peradilan.  Masyarakat hukum yang berdasarkan territorial juga macam-macam bentuknya, yaitu masyarakat hukum desa, masyarakat hukum wilayah dan masyarakat hukum serikat desa. Kemudian masyarakat hukum adat juga bersifat genealogis yang adalah masyarakat hukum adat yang para anggotanya merasa terikat dalam suatu ketertiban berdasarkan lepercayaan bahwa mereka semua berasal keturunantau draah yang sama. Nah dari penjelasan diatas tentunya kita harus mengenal hukum adat sebagai penegtahuan kita dalammenjalankan kehidupan didalam masyarakat.

 


Pernah menuliskan salah satunya?

hubungan individu dan masyarakat dalam hukum adat (14), makalah hukum adat (12), politik hukum adat (10), manfaat mempelajari hukum adat (6), manfaat hukum adat (5), mengenal hukum adat (5), politik hukum adat di indonesia (5), makalah hubungan individu dan masyarakat dalam hukum adat (5), pentingnya bahasa hukum dalam pembinaan hukum nasional (5), manfaat hukum adat bagi kehidupan hukum di indonesia (5), tempat hukum adat dalam ilmu hukum (4), mengapa masyarakat harus mengenal hukum (4), ilmu hukum pajak tdk mengenal hukum tdk tertulis (4), mengenal adat dan hukum adat (4), hubungan individu dengan masyarakat dalam hukum adat (4), jelaskan pentingnya dan mempelajari hukum adat di indonesi (3), makalah politik hukum adat (3), pergaulan bebas secara hukum adat (3), makalah hukum adat pdf (3), hukum adat pdf (3), pengantar ilmu hukum adat (3), hukum adat sebagai kehidupan (3), ringkasan materi hukum adat (3), jelaskan tentang pentingnya hukum adat (2), makalah hukum tentang hukum adat jaman (2), 

Mengenal Hukum adat dalam kehidupan bemasyarakat was last modified: February 15th, 2013 by Rezan

Artikel Terkait Mengenal Hukum adat dalam kehidupan bemasyarakat

Istilah dalam Perjanjian Internasional

Istilah dalam Perjanjian Internasional

inoputro(dot0com, berikut ini akan dituliskan beberapa istilah perjanjian internasional

Hubungan Ilmu dengan Filsafat

Hubungan Ilmu dengan Filsafat

Pada mulanya ilmu yang pertama kali muncul adalah filsafat

Paham Aliran Dualisme

Paham Aliran Dualisme

inoputro(dot)com, aliran dualisme. Menurut aliran atau teori ini bahwa

Analisis Tingkatan Kurikulum Part. 3

Analisis Tingkatan Kurikulum Part. 3

Perbandingan dengan standar isi SMP <<== lanjutan dari analisis

tags:

One Response to “Mengenal Hukum adat dalam kehidupan bemasyarakat”

  1. Posted by ideguru

Add Your Comment