Macam-macam Wacana dan Penggolongannya

Macam-macam Wacana dan Penggolongannya Рsiputro.com. Wacana adalah rangkaian kalimat yang saling menghubungkan antara preposisi yang satu dengan yang lain. Wacana sering kita temui baik di buku, koran, dan berbagai media lainnya. Tidak semua orang bisa membuat sebuah wacana yang baik. Pemilihan diksi dan mengaitkan antara kalimat yang satu dan yang lainnya tidak bisa dilakukan begitu saja tanpa banyak berlatih membuat wacana. Sebelum kita membahas lebih lanjut lagi tentang wacana perlu kita ketahui bahwa pengertian wacana dapat ditinjau dari 2 sudut yang berbeda. Sudut yang dimaksud adalah sudut bentuk bahasa dan sudut tujuan umum

Jika ditilik dari sudut bahasa yang dimaksud wacana adalah bentuk bahasa yang berada diatas kalimat dimana kalimat tersebut mengandung sebuah tema tertentu. Satuan bentuk yang mengandung tema ini biasanya terdiri atas paragraf-paragraf, bab-bab, atau karangan-karangan utuh, baik yang terdiri atas bab-bab maupun tidak. Sehingga dapat kita tarik kesimpulan jika tema adalah salah satu ciri sebuah wacana.

Selanjutnya, jika kita melihat sebuah wacana dari sudut tujuannya maka kita bisa membagi wacana menjadi 5 macam. Berikut ini macam-macam wacana dilihat dari sudut tujuannya.

Eksposisi

Wacana ini digunakan oleh penulis untuk memberikan informasi kepada pembacanya. Begitu juga dengan pembaca menggunakan wacana ini untuk mencari informasi yang di inginkannya.

Argumentasi

Ditinjau dari sudut penulis karangan jenis ini ditulis untuk meyakinkan pembaca terhadap suatu kebenaran. Efek lebih lanjut karangan ini dapat mempengaruhi perilaku para pembacanya walaupun sebenarnya wacana yang ditulis tidak bermaksud untuk mempengaruhi orang lain. Sebaliknya, pembaca menggunakan wacana atau karangan ini untuk mencari tau kebenaran dari suatu hal yang mungkin lebih dikuasai oleh penulis.

Persuasi

Persuasi adalah bentuk karangan yang hampir sama dengan argumentasi. Wacana persuasi berusaha mempertahankan suatu kebenaran dalam pembahasannya. Walaupun tidak seratus persen mempertahankan kebenaran, bentuk wacana ini masih termasuk dalam wacana ilmiah, bukan wacana fiksi. Wacana ini juga dilengkapi dengan pendapat penulisnya sehingga dapat mempengaruhi pembaca/pendengar sehingga mereka tertarik untuk mencoba, membeli, atau memakai produk tertentu.

Deskripsi

Wacana deskripsi adalah wacana yang ditulis untuk menggambarkan sesuatu kepada pembaca. Biasanya wacana deskripsi ini tidak berdiri sendiri melainkan memperkuat wacana lainnya.

Narasi

Wacana narasi ini ditulis untuk menceritakan pada orang lain kejadian-kejadian atau peristiwa-peristiwa yang terjadi, baik yang dialami sendiri maupun yang didengarnya dari orang lain. Dengan cara ini, penulis/pembicara memenuhi pula kebutuhan para pendengar atau pembacanya untuk memperoleh cerita tentang kejadian itu. Perlu dicatat bahwa ciri khas wacana ini adalah kronologisnya. Artinya, sebuah cerita dari awal hingga akhir atau sebaliknya diceritakan secara runut atau dengan urutan waktu tertentu.

Semoga bermanfaat.

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.


Pernah menuliskan salah satunya?

macam-macam wacana (72), macam macam wacana (56), jenis wacana (47), pengertian wacana (35), macam-macam wacana dan contohnya (26), contoh wacana (20), macam-macam wacana bahasa indonesia (19), contoh wacana bahasa indonesia (18), macam wacana (9), wacana deskriptif tentang kiat atau strategi menulis (9), jenis wacana dan contohnya (8), jenis-jenis wacana dan contohnya (8), jenis-jenis wacana beserta contohnya (7), macam wacana dan contohnya (7), ciri-ciri wacana (7), macam-macam wacana dan pengertiannya (6), jenis-jenis wacana (6), jenis wacana beserta contohnya (6), jenis jenis wacana dan contohnya (5), wacana dan penggolongannya (5), ciri khas wacana (5), wacana deskripsi tentang kiat atau strategi menulis (5), macam dan ciri wacana (5), macam dan ciri-ciri wacana (5), 5 jenis wacana (5), 

Macam-macam Wacana dan Penggolongannya was last modified: February 6th, 2013 by inoputro

Artikel Terkait Macam-macam Wacana dan Penggolongannya

Definisi Tajuk Rencana dan Contohnya

Definisi Tajuk Rencana dan Contohnya

Tajuk rencana adalah salah satu karya tulis yang berisikan

Definisi Tabel, Grafik, dan Diagram

Definisi Tabel, Grafik, dan Diagram

Definisi Tabel, Grafik, dan Diagram. Dalam membuat karya ilmiah

Contoh Imbuhan Awalan, Akhiran dan Sisipan

Contoh Imbuhan Awalan, Akhiran dan Sisipan

Dalam berbahasa baik itu secara lisan ataupun non lisan

Pengertian Hikayat dan Unsur Intrinsik Hikayat

Pengertian Hikayat dan Unsur Intrinsik Hikayat

Bangsa melayu termasuk salah satu bangsa yang kayak akan

Add Your Comment