Macam-Macam Penelitian Deskriptif (description research)

Macam-Macam Penelitian Deskriptif (description research) – siputRO.com. Waktu terus berjalan seiring jalannya kalender akademik. Tak terasa kini kuliahku memasuki semester 6 dan ini berarti saya harus mempersiapkan diri untuk melakukan tugas akhir, penelitian. Tak akan bisa jika tidak belajar, oleh karenanya saat ini saya lebih memfokuskan diri untuk mempelajari segala sesuatu yang ada di dalam sebuah penelitian. Dan hari ini akan saya mulai dengan macam-macam penelitian deskriptif yang perlu kita ketahui.

penelitian deskriptifPenelitian deskriptif atau description research adalah penelitian yang dilakukan untuk menyelidiki keadaan suatu objek tertentu, dimana setelahnya hasil penelitian akan dipaparkan dalam sebuah laporan penelitian. Disebutkan dalam buku “Prosedur Penelitian” (Arikunto .S: 2010) penelitian deskriptif adalah penelitian yang paling sederhana karena pada penelitian deskriptif ini peneliti tidak melakukan apa-apa terhadap objek yang diteliti. Seorang peneliti hanya melkukan pengamatan terhadap objek penelitian dan kemudian memaparkan hasil penelitiannya dalam laporan penelitian.

Setidaknya ada 4 jenis penelitian deskriptif, yakni:

Penelitian Deskriptif Murni (survei)

Penelitian deskriptif murni adalah penelitian yang memaparkan secara murni hasil dari objek yang diamati. Selanjutnya data yang diperoleh dikelompokkan terhadap klasifikasi tertentu dan kemudian baru diambil kesimpulan. Sebagai contoh dari penelitian deskriptif ini adalah penelitian terhadap prestasi siswa dalam sebuah sekolah dasar dimana peneliti akan memaparkan segala sesuatu yang berhubungan dengan siswa dan sekolah mulai dari jumlah siswa, prestasi siswa, guru-guru dan lingkungan sekolah yang mungkin mempengaruhi prestasi belajar siswa dan kemudian disusun dalam sebuah laporan penelitian.

Penelitian Deskriptif Hubungan (korelasi)

Penelitian yang selanjutnya adalah penelitian hubungan atau penelitian korelasi. Penelitian hubungan ini adalah penelitian yang dilakukan seorang peneliti dengan maksud untuk mengetahui tingkat hubungan antara 2 variable atau lebih tentu saja dengan tanpa melakukan perubahan terhadap objek.

Penelitian hubungan atau korelasi ini terbagi menjadi 2 jenis, yakni:

  1. Penelitian korelasi sejajar
    contoh: penelitian hubungan antara usia dengan kesehatan penduduk.
  2. Penelitian korelasi sebab-akibat
    contoh: penelitian tingkat hubungan antara tingkat pendidikan masyarakat dengan tinggi penghasilannya.

Penelitian Deskriptif Komparasi

Penelitian komparasi atau perbandingan adalah penelitian yang menekankan pada perbandingan 2 objek atau lebih dengan situasi dan kondisi yang berbeda dengan maksud mengetahui adakah perbedaan dan menentukan mana kondisi yang lebih baik. Contoh, penelitian yang dilakukan seorang guru untuk membandingkan prestasi hasil belajar siswa SMP yang berasal dari MI dan SD.

Penelitian Deskriptif Penelusuran (racer study)

Penelitian penelusuran ini adalah penelitian yang dilakukan seorang peneliti yang mencoba menelusuri peristiwa dimasa lalu dan mencari akibatnya pada masa sekarang. Sebagai contoh adalah seorang peneliti yang mencoba meneliti tentang kebijakan suatu sekolah dalam meningkatkan prestasi siswa pada masa lalu dan mencari apakah berdampak positif pada para alumni sekolah di masa sekarang.

sumber bacaan: Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
sumber gambar: http://sellyinthewords.blogspot.com


Pernah menuliskan salah satunya?

penelitian deskriptif (483), contoh penelitian deskriptif (182), contoh judul penelitian deskriptif (157), jenis penelitian deskriptif (116), pengertian deskriptif kuantitatif (57), jenis-jenis penelitian deskriptif (52), penelitian deskriptif kuantitatif (46), pengertian penelitian deskriptif (46), macam-macam penelitian (45), macam-macam penelitian deskriptif (41), deskriptif kuantitatif (39), pengertian penelitian deskriptif kuantitatif (32), penelitian kuantitatif deskriptif (30), deskriptif (29), contoh judul penelitian deskriptif pendidikan (28), macam macam penelitian deskriptif (26), penelitian deskriptif adalah (21), pengertian deskriptif kualitatif (20), macam penelitian deskriptif (19), jenis jenis penelitian deskriptif (19), deskriptif korelasi (18), judul-judul penelitian korelasi (18), macam macam penelitian (18), pengertian penelitian deskriptif kualitatif (17), pengertian deskriptif (17), 

Macam-Macam Penelitian Deskriptif (description research) was last modified: February 23rd, 2013 by inoputro

Artikel Terkait Macam-Macam Penelitian Deskriptif (description research)

Tips dalam Memilih Masalah dan Judul Penelitian

Tips dalam Memilih Masalah dan Judul Penelitian

Tips dalam Memilih Masalah dan Judul Penelitian – siputro.com.┬áSemua

Perbedaan antara Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Perbedaan antara Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Perbedaan antara Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif – siputro.com. Apa

Add Your Comment