siputro.com

Fungsi hukum dalam kehidupan masyarakat

Posted by: Tags: Reply

Sebelum kita mengetahui fungsi hukum, perlu kita dalami terlebih daluhu bahwa hukum mempunyai peranan sangat besar dalam pergaulan hidup atau bermasyarakat. Karena hal ini dapat di lihat dari ketertiban, ketentraman dan tidak terjadinya ketegangan di dalam sosialisali masyarakat, karena hukum mengatur menentukan hak dan kewajiban serta mengatur, menentukan hak dan kewajiban serta melindungi kepentingan individu dan kepentingan sosisal. Dalam hal ini adapun fungsi hokum  dalam kehidupan masyarakat seperti; menertibkan masyarakat dan pengaturan pergaulan hidup, menyelesaikan pertikaian, memelihara dan mempertahankan tata tertib dan aturan-aturan jika perlu dengan kekerasan, memelihara dan mempertahankan  hak, mengubah tata tertib dan aturan-aturan dalam rangka penyesuaian dengan kebutuhan masvarakat, serta memenuhi tuntutan keadilan dan kepastian hokum. Selain itu juga fungus hokum sebagi sarana ketertiban dan ketentraman dalam  masyaraka dan juga sebagai sarana untuk mewujudkan keadilan social lahir dan batin.

 

Pada umumnya supaya fungsi hukum dapat terlaksana dengan baik, para pelaksanaan penegak hukum tentunya dituntut kemampuan untuk melaksanakan atau menerapkan hukum dengan seninya tersendiri, dengan cara menafsirkan hukum sedemikian rupa yang disesuaikan dengan keadaan dan posisi pihak-pihak. Bahkan bila perlu hokum dapat diterapkan dengan analogis atau menentukan kebijaksanaan untuk hal yang sama, atau hampir sama, serta penghalusan hukum. Selain tiu pula hal lain yang perlu diperhatiakn adalak faktor pelaksana penegak hukum, karena yang dibutuhkan dalam menegakkan hokum yang dibutuhkan adalah kecekatan, ketangkasan dan keterampilannya. Disamping fungsi hukum yang perlu diketahui pua adalah tujuan utama hukum adalah untuk menciptakan tatanan masyarakat yang tertib, menciptakan ketertiban dan keseimbangan dengan tercapainya ketertiban dan ketentraman dalam masyarakat dan diharapkan kepentingn manusia akan dpat  terlindungi dalam mencapai tujuannya. Karena fungsi hukum adalah membagi hak dan kewajiban antar perorangan di dalam masyarakat dan juga membagi wewenang serta mengatur cara memcahakan masalah hukum.

 

Tidak hanya itu, tujuan serta fungsi hukum dalam kehidupan manusia yang semkain terus berkembang dengan sejalannya perkembangan masyarakat dimana hukum tersebut berada. Dan secra  garis besarnya  fungsi hukum sebagai sarana pengendalian sosial yaitu menjalankan tugas untuk mempertahankan ketertiban atau pola kehidupan dalam masyarakat. Kemudian perlu deketahui pula bahwa diadakannya hukum sama dengan tujuan Negara yang sesuai dengan bungi undang-udang 1945 yaitu untuk mmebentuk suatu Negara yang melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah di Indonesia serta untuk memajukan kesejahterraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Yang artinya tujuan dan fungsi hukum ini adalah akat secara damai, untuk menjaga kepentingan tiap manusia agar tidak saling menggagu serta untuk menjamin kepstian hukum dalam kehidupan manusia sehari-hari di masyarakat. Nah untuk itu patuhilah hukum yang ada agar tuhuan dan fungsi hukum tersebut dapat berjalan dengan baik.


Pernah menuliskan salah satunya?

fungsi hukum (99), fungsi hukum dalam masyarakat (53), fungsi hukum dalam kehidupan masyarakat (41), manfaat hukum (39), peranan hukum dalam MASYARAKAT (31), makalah hukum dan masyarakat (28), peran hukum dalam masyarakat (23), fungsi utama hukum internasional (22), manfaat hukum bagi masyarakat (21), makalah fungsi hukum dalam masyarakat (21), FUNGSI HUKUM BAGI KEHIDUPAN MANUSIA (21), manfaat hukum internasional (20), kegunaan hukum (20), fungsi hukum dalam kehidupan (18), fungsi hukum bagi indonesia (16), hakikat hukum dalam kehidupan masyarakat (15), peran hukum (15), fungsi dan peranan hukum dalam masyarakat (14), fungsi hukum dalam kehidupan bermasyarakat (14), fungsi hukum bagi masyarakat (13), manfaat hukum bagi kehidupan manusia (9), mengapa hukum diperlukan dalam kehidupan masyarakat (9), pentingnya hukum bagi masyarakat (8), mengapa hukum sangat diperlukan dalam kehidupan masyarakat (8), peranan hukum (8), 

author siputro.com
Rino Saputro, S.Pd

"Hidup itu kegagalan, kegagalan mendeskripsikan kehidupan akan membawa hidup selalu dalam kegagalan"