Bentuk pajak yang dikelolah oleh pemerintah

Pada umumnya tentunya kita harus mengetahui bentuk pajak yang berlaku dan dikelolah oleh pemerintah di indonesia. Pemungutan pajak yang dilakukan tanpa terkecuali, yaitu mulai dari masyarakat lapisan bawah hingga lapisan atas dan tentunya disesuiakan dengan perekonomian, properti serta penghasilan dari setiap kalangan tersebut. Dalam hal ini tentunya terdapat beberapa bentuk dari pajak yang diberlakukan dalam suatu Negara khusunya di Indonesia. di bawah ini terdapat beberapa bentuk-bentuk pajak yang diberlakukan oleh Direktorat Jendral pajak.

 

Berikut bebrapa bentuk pajak yang dikelolah oleh pemerintah di Indonesia:

 

  1. Pajak Pertambahan Nilai (PPN)

Salah satu bentuk pajak di Indonesia adalah pajak pertambahan nilai atau sering disebut PPN yang  adalah bentuk pajak yang dikenakan atas konsumsi Barang atau Jasa kena pajak pada suatu Daerah Pabean. Dalam hal ini perseoranagn, perusahaan, ataupun pemerintah yang mengkonsumsi Barang atau Jasa Kena Pajak tentunya dikenakan PPN. Mengenai PPN ini tentunya ad tariff terntentu dan biasanya tariff dari PPN adalah sebesar 10%.

  1. Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

Selain itu terdapat pula bentuk pajak yang berhubungan dengan property kepemilikan  yang biasanya disebut Pajak Bumi dan Pembangunan (PBB). Untuk jenis pajak ini merupakan pajak yang dikenakan atas kepemilikan properti seperti  pemanfaatan tanah dan bangunan rumah. Dimana PBB merupakan Pajak Pusat yang hampir seluruh penerimaan PBB diserahkan kepada Pemerintah Daerah baik Propinsi maupun Kabupaten dan Kota.

  1. Pajak Penghasilan (PPh)

Adapun bentuk lain dari pajak yaitu pajak penghasilan atau yang dikenal dengan sebutan PPh, yang mana pajak jenis ini merupakan pajak yang dikenakan kepana perseoranagn atau bandan atas penghasilan yang diterima atau diperoleh dalam suatu Tahun Pajak. Dimana penghasilan dari PPh itu dapat berupa keuntungan usaha, gaji, honorarium, hadiah, dan lain sebagainya demi untuk memakmurkan masyarakat di indonesia.

  1. Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPn BM)

Bagi para jutawan ataupun hartawan tentunya mereka memiliki barang-barang mewah yang mana barang-barang tersebut tak luput pula dari dikenakannya pajak. Dalam hal ini tentunya adanay wajib paja terhadap barang-barang mewah yang biasa disebut pajak penjualan atas barang mewah (PPn BM). Nah yang dimaksud dengan Barang mewah Kena Pajak yaitu barang yang bukan merupakan barang kebutuhan pokok atau pada umumnya barang-barang yang dikonsumsi oleh masyarakat berpenghasilan tinggi dan sebaginya.

 

Nah diatas merupakn beberapa bentuk pajak yang dikelolah oleh pemerintah.  Secara umum, pajak yang berlaku di Indonesia serta dikelolah oleh pemerintah dibedakan menjadi dua yaitu Pajak Pusat dan Pajak Daerah. Untuk jenis Pajak Pusat adalah pajak-pajak yang dikelola oleh Pemerintah Pusat atau Direktorat Jenderal Pajak sedangkan Pajak Daerah adalah pajak-pajak yang dikelola oleh Pemerintah Daerah. Jadi sebagai masyarakat taat peraturan marilah kita membantu pertumbbuhan ekonomi Negara dengan membayar pajak tepat waktu.


Pernah menuliskan salah satunya?

bentuk pajak (11), bentuk pajak di indonesia (4), bentuk bentuk pajak (4), beberapa bentuk pajak di indonesia (3), bentuk bentuk pajak di indonesia (3), bentuk pajak penghasilan (2), bentuk perpajakan di indonesia (1), bentuk pajak pemerintah (1), bentuk pajak di indonesia 10 (1), 2 bentuk pajak (1), 3 bentuk pajak (1), jenis pajak yang dikelolah pemerintah pusat (1), 

Leave a Reply