Beberapa Unsur pajak di Indonesia

Sebelum memgetahui beberapa unsur pajak, Seperti yang diketahui pajak merupakan suatu pemungutan biaya yang dilakukan oleh pemerintah atas suatu kepemilikn property atau konsumsi. Pada dasranya pajak terdapat bebrapa definisi seperti yang diungkapkan oleh para ahli. Umumnya kita menegenal pajak sebagai iuran yang dibayarkan oleh wajib pajak kepada negara berdasarkan undang- undang yang befungsi sebagai pemerataan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat.

 

Nah dalam hal ini disimpulkan bahwa terdapat beberapa unsur pajak yang perlu diketahui, diataranya:

  1. Objek Pajak

Dalam unsur pajak terdapat objek pajak yang merupakan sesuatu yang dikenakan pajak, seperti pendapatan perseorangan yang melebihi jumlah tertentu berupa tanah, bangunan, laba perusahaan, kekayaan, mobil dan sebaginya. Yang biasanya objek pajak ini sering desubut pajak bumi dan pembangunan (PBB).

  1. Subjek Pajak

Adapun yang disebut subjek pajak yang adalah orang pribadi atau badan yang melakukan kewajiban perpajakan termasuk pemungut pajak atau pemotong pajak tertentu; seperti pegawai, pengusaha, dan perusahaan yang akan mendapatkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) sebagai tanda pengenal. Dalam hal ini mereka diwajibkan pajak dan harus melaporkan kekayaan dan jumlah pajak yang menjadi tanggungannya setiap tahun kepada kantor pelayanan pajak.

  1. Tarif Pajak

Tarif pajak merupakan salah satu unsur pajak yang perlu diketahui. dimana tariff pajka ini adalah ketentuan besar kecilnya pajak yang harus dibayar oleh wajib pajak terhadap objek pajak yang menjadi tanggungannya. Dalam hal ini semua jenis pajak tentunya tidaklah sama artinya setiap pajak mempunyai tarif yang berbeda-beda. Seeperti halnya tariff pajak untuk pajak bumi dan bangunan (PBB) yang tentu sekali berbeda dengan tarif pajak penghasilan dan pajak pertambahan nilai (PPN). Pada umunya perbedaan tarif pajak ini disebabkan karena  sistem pajak Indonesia yang saat ini telah menggunakan sistem tarif pajak progresif  yang membuat pemerintahharus  menyusun kebijakan-kebijakan yang membeda kan tarif pajak yang disesuaikan dengan keadaan ekonomi negara dan program  pembangunan. Seperti talah dijelaskan adpun jenis-jenis tarif pajak di Indonesia yang diberlakukan oleh pemerintah atau Direktorat Jendral pajak dan Departemen Keuangan Negara yaitu tariff progresif, tarif pajak degresif, Tarif pajak proporsional, dan Tarif pajak tetap.

 

Nah diatas adalah merupakan beberapa unsur pajak yang eprlu diketahui. dan perlu dingat bahwa pajak tidak hanya memiliki fungsi budgeter tetapi juga tetapi juga memiliki fungsi sebagai pengisi kas Negara atau sebagai penghasilan negara yang sewaktu-waktu dapat diperlukan untuk menutup pembiayaan penyelenggaraan pemerintahan. Selain itu juga pajak berfungsi sebagai alat yang dapat digunakan untuk mengatur dan melaksanakan kebijakan Negara dalam hal perekonomian dan sosial. Dalam hal ini yang disesuikan oleha Undang Undang, pajak merupaan kewajiban yang harus dilakukan oleh masyarakat dan merupakan sistem paksa karena apabila wajib pajak tidak memenuhi kewajiban akan dikenakan sangsi sesuai peraturan Undang- Undang. Jadi utnuk itu tepatlah dalam membayar pajak demi kestabilan Negara dalam hal okonomi.


Pernah menuliskan salah satunya?

unsur-unsur pajak (86), unsur unsur pajak (81), unsur pajak (63), unsur - unsur pajak (10), hal hal apa saja yang menjadi unsur unsur pajak (3), Hal-hal apa saja yang menjadi unsur-unsur pajak (3), unsur ppn (2), hal hal yg menjadi unsur unsur pajak (2), yang merupakan unsur pajak (1), unsur-unsur pokok pajak (1), Hal apa saja yang menjadi unsur pajak (1), yang termasuk dalam unsur pajak adalah (1), 

Leave a Reply