Apa itu NPWP dan Apa Fungsinya?

Apa itu NPWP dan Apa Fungsinya? – siputro.com. Pajak bagi sebagian orang seperti pegawai swasta atau PNS bukanlah hal yang asing lagi. Namun bagi mereka yang membuka usaha wiraswasta mungkin tidak sedikit juga yang belum mengenal pajak. Seyogyanya pajak itu diharuskan bagi mereka yang merasa sebagai warga negara Indonesia yang telah memenuhi syarat wajib pajak. Namun penegakkan pajak di Indonesia belum lah dirasakan oleh semua masyarakat karena kurangnya sosialisasi dan kesadaran diri dari si wajib pajak itu sendiri. Baiklah untuk turut mengenalkan pajak kepada kita semua kali ini yang saya akan bahas adalah tentang apa itu NPWP dan apa fungsinya.

NPWP adalah nomor pajak yang diberikan kepada mereka wajib pajak sebagai identitas untuk mempermudah wajib pajak dalam melaksanakan kewajibannya dalam membayar pajak. NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) ini dapat kita dapatkan setelah kita melakukan registrasi di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) atau Kantor Penyuluhan dan Pengamatan Potensi Perpajakan (KP4). Dengan menganut sistem self assessment semua wajib pajak wajib mendaftarkan dirinya sendiri baik secara langsung kepada KPP atau KP4 setempat ataupun melakukan register secara online dengan e-registration.

Adapun fungsi NPWP itu sendiri adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai identitas dari si wajib pajak
  2. Sebagai alat dalam administrasi perpajakan
  3. Dilampirkan atau dicantumkan dalam setiap dokumen perpajakan berkaitan dengan si wajib pajak
  4. Mewujudkan administrasi perpajakan yang tertib dan rapi

Selain fungsi di atas NPWP juga memberikan manfaat kepada wajib pajak yang memilikinya seperti kemudahan dalam membuat pasport, pengajuan kredit bank, pembayaran pajak final (PPh, PPN, dll dan beberapa urusan administrasi lainnya. Manfaat lain yang diperoleh adalah pelayanan dalam bidang perpajakan itu sendiri seperti pengembalian pajak, pengurangan pajak, dan yang paling vital adalah penyetoran dan pelaporan pajak.

Lalu siapa yang wajib untuk memiliki NPWP ini? Berikut ini ketentuan wajib pajak pribadi yang saya kutip dari pajak.go.id.

  1. Orang pribadi yang melakukan pekerjaan bebas
  2. Orang pribadi yang melakukan pekerjaan tidak bebas namun memiliki penghasilan di atas PTKP

Mari kita tegakkan wajib pajak karena dari pajaklah pemerintahan kita bisa makan, eh salah berjalan.

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.


Pernah menuliskan salah satunya?

npwp (533), npwp adalah (223), fungsi npwp (188), kegunaan npwp (89), apa itu npwp (75), fungsi npwp pribadi (45), manfaat npwp (41), kegunaan npwp pribadi (36), pengertian npwp (33), guna npwp (23), arti NPWP (20), pengertian npwp dan fungsinya (19), apa kegunaan NPWP (14), manfaat npwp bagi karyawan (13), fungsi npwp bagi wajib pajak (13), fungsi dari npwp (12), apa itu npwp pribadi (12), kegunaan npwp bagi karyawan (11), apa fungsi npwp (11), nomor pokok wajib pajak (9), fungsi NPWP adalah (8), kegunaan npwp adalah (8), fungsi DAN MANFAAT NPWP (7), apa guna npwp (7), definisi npwp (7), 

Apa itu NPWP dan Apa Fungsinya? was last modified: February 6th, 2013 by inoputro

Gallery of Apa itu NPWP dan Apa Fungsinya?