Percepat Loading Blog dengan Litespeed

Percepat Loading Blog dengan Litespeed – siputro.com. Sobat blogger yang menggunakan wordpress mungkin beberapa setuju jika server apache adalah server yang sudah banyak digunakan baik dari kalangan blogger hingga web-web besar. Hampir semua penyedia hosting khususnya di Indonesia menyediakan layanan dengan server apache. Tidak jauh-jauh blog ini pun sebelum berganti nama menjadi siputro.com juga salah satu yang menggunakan fasilitas server dari apache. Tidak terlalu buruk, performa blog ini menggunakan server apache menurut saya sudah cukup baik. Namun jika ada tekhnologi baru tidak ada salahnya kan untuk mencoba.

logo litespeed

Berawal dari blog-blog saya yang lain yang menggunakan server dengan tekhnologi baru dari litespeed. Saya merasa loading dari blog-blog tersebut terbilang cukup cepat karena hanya menggunakan template standar. Terlebih ketika saya coba untuk menjalankan forum ideguru.com, wow! meskipun banyak gambar forum tetap dengan mudah terload sempurna. Hal yang sama juga saya lakukan pada forum abal-abal yang menggunakan script mybb ternyata loadingnya termasuk lumayan (bandingannya dengan forum-forum besar lainnya).

Usut asal usut ternyata litespeed ini memang didedikasikan untuk memberikan kenyamanan bagi mereka yang tidak suka lemot. Banyak yang mengklaim litespeed meningkatkan kecepatan web hingga 3 kali bahkan lebih dari server apache. Meskipun loading blog ini ya tidak menjadi ngebut-ngebut amat tapi saya sudah cukup puas dengan performanya.

Berikut ini perbandingan antara litespeed dan apache yang saya dapatkan dari litespeedtech.com

Fitur Apache 1.3/2.0 LiteSpeed 2.1
Model Process/Threads Event-driven/Asynchronous
performa file statis 1x 6x*
Performa PHP 1x 1.5x*
Performa perl 1x 2x*
Performa CGI 1x 2x*
PHP/Ruby LSAPI No Built-in
Ruby on Rails Integration No Yes
Memory Footprint Large (process/threads) Small (event-driven)
Scalability Poor (~1000 concurrent clients) Excellent (20,000+ concurrent clients, SMP Linear)
Administration Commandline Web GUI
Format konfigurasi text XML
Upgrade Manual Auto+Manual
Support 3rd Party 24/7 Support
High Performance Proxy Add-on Built-in
Static Load Balancer 3rd Party Built-in
LDAP 3rd Party Built-in
Anti-DDoS 3rd Party Built-in
Connection Throttle 3rd Party Built-in
Bandwidth Throttle 3rd Party Built-in

Bagaimana sobat, ada yang ingin ikut menjajal litespeed ini? Mudah kok banyak sekarang penyedia di indonesia yang menyediakan fitur litespeed ini seperti hostingnya kang purba, klikhost.com atau beberapa penyedia lain. Jika ingin menjajal penyedia luar mungkin bisa menggunakan servis dari hawkhost. Merasakan sendiri perubahan yang ada memang akan lebih baik.

 

Indahnya dunia ketika kita saling berbagi.

Leave a Reply