Membangun Forum Komunitas Guru

Sudah lama sekali saya mengimpi-impikan untuk membangun forum komunitas guru sebuah forum yang bisa bermanfaat bagi dunia pendidikan Indonesia. Mengumpulkan dana dan sumber daya untuk membangun sebuah komunitas memang bukanlah hal yang mudah. Belum sebelum forum didirikian kegagalan menjadi bayangan yang sangat mmpengaruhi semangat diri ini mengingat memang banyak mereka yang mencoba membangun sebuah forum komunitas gagal.

Saat ini komunitas internet memang sangat banyak sekali. Berbagai elemen masyarakat berlomba-lomba untuk memanfaatkan internet semaksimal mungkin. Namun tak begitu maksimal jika kita melihat dampaknya kepada dunia pendidikan Indonesia. Internet hanya sekedar tempat mencari referensi. Buka, lihat, ctrl+a, ctrl+c, ctrl+v, lalu pergi. Hal ini yang sering dilakukan mereka. Apa salahnya jika kita telaah bersama dahulu, kita diskusikan bagaimana sih seharusnya materi yang sedang kita cari dan bukan menelan hasil searching secara mentah-mentah.

Berawal dari optimisme tinggi saya mencoba untuk merealisasikan keinginan saya. Banyak usaha yang telah dilakukan mulai mencari partner hingga mencoba riset sendiri. Memang mungkin karena belum memiliki wujud yang nyata banyak yang menolak dan tak merespon ajakan ini. Namun pada tanggal 7 januari 2012 akhirnya misi saya untuk membangun forum guru dan mereka yang peduli pendidikan terwujud. Berawal dari ide seorang calon guru, berdiri sebuah forum rintisan www.ideguru.com

Baru tak berarti tak berkualitas. Saya mencoba memberikan fasilitas yang sebaik-baiknya bagi para guru yang meluangkan sedikit waktunya untuk berbagi di ideguru.com. Dengan bermodalkan script forum yang sudah banyak digunakan olehforum-forum besar dan di dampingi penyedia hosting terkenal yang menggunakan tekhnologi litespeed cukup memanjakan para pengunjung dan tidak perlu khawatir mengenai masalah kecepatan loading forum.

Saat ini fokus utama adalah bagaimana cara memasarkan forum agar mampu mengambil simpati masyarakat online dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi pendidikan di Indonesia. Ideguru.com juga membuka pintu yang seluas-luasnya bagi para guru (termasuk calon guru) dan anda yang peduli pendidikan untuk menjadi bagian dari ideguru.com dengan menyandang status moderator dengan syarat harus aktif di dalam forum. Tertarik? Silahkan berikan komentar pada postingan ini. Karena ideguru.com tidak akan menjadi forum besar tanpa anda dan mereka..

One Response to “Membangun Forum Komunitas Guru”

Leave a Reply