siputro.com

Kurikulum Baru: Mata Pelajaran SD Menjadi 6 Mata pelajaran

Setelah sebelumnya dunia pendidikan Indonesia dijanjikan akan mendapat kurikulum baru, Kemendikbud memberikan bocoran-bocoran terbaru tentang bagaimana kurikulum baru yang akan kita gunakan di tahun 2013. Salah satunya adalah pemadatan mata pelajaran SD menjadi hanya 6 mata pelajaran saja. Ke-6 mata pelajaran yang dimaksud adalah matematika, pancasila, Bahasa Indonesia, agama, seni dan budaya, dan olahraga kesehatan.

Kurikulum SD 2013Dikutip dari harian online Solo Pos, Wakil Menteri bidang Pendidikan, Musliar Kasim mengatakan selama ini siswa dijenjang pendidikan dasar memperoleh 12 mapel. Rangkaian mapel tersebut dinilai tim perumus kurikulum baru memberatkan siswa sehingga tidak mendukung aktivitas belajar siswa secara efektif. Memang jika kita belajar dari negara-negara maju seperti jepang mereka lebih mengkhususkan siswa mereka untuk menekuni pelajaran-pelajaran yang mengarah ke jurusan-jurusan tertentu yang diminati ketimbang harus menyajikan pelajaran yang sangat banyak dan membuat siswa menjadi jenuh.

Selanjutnya Musliar Kasim juga menghimbau bagi para pendidik dan orang tua/wali murid untuk tidak khawatir jikalau putra-putri mereka akan kehilangan kemampuan kognitif pada mata pelajaran yang dihapuskan. Pasalnya kurikulum baru yang saat ini tengah dirumuskan, direncanakan setiap mata pelajarannya terintegrasi satu sama lain dan memiliki hubungan yang tematik. Sebagai contoh untuk mata pelajaran bahasa indonesia kita bisa menyuruh siswa memperhatikan alam sekitar dan kemudian menuangkannya dalam bentuk tulisan. Secara langsung siswa akan diajarkan tentang tata cara menulis dan secara tidak langsung siswa diajarkan tentang sains.

Tentang tata pelaksanaannya masih diperdebatkan apakah pemadatan ini akan dilakukan hanya untuk kelas I-III saja. Namun tidak menutup kemungkinan perubahan akan dilakukan untuk semua kelas.

Jika perubahan ini nantinya diterapkan otomatis mata pelajaran IPA, IPS dan Bahasa Inggris akan dihilangkan. Bagaimana dengan SD yang menggunakan guru khusus untuk mata pelajaran bahasa Inggris? Apakah akan diistirahatkan?

Pendidikan karakter tetap diutamakan.

Meskipun tengah menggodok sebuah kurikulum baru yang lebih efektif, Ketua Asosiasi LPTK Indonesia, Sunaryo mengungkapkan jika pengembangan pendidikan karakter tetap di prioritaskan. Pendidikan karakter dianggap sebagai aspek penting yang akan mempersatukan bangsa Indonesia yang faktanya terdiri dari banyak suku dan budaya yang berbeda.


Pernah menuliskan salah satunya?

PELAJARAN (4), makalah karakteristik kurikulum SD (2), pelajaran matematika sd 6 yang terbaru (2), kurikulum baru sd (1), kurikulum kelas 2 SD tentang menulis (1), Kurikulum SD baru (1), Kurikulum SD Indonesia (1), kurikulum untuk sd yang baik (1), kuririkulum baru sd (1), kurkulum mata pelajaran ips untuk sd (1), macam-macam pelajaran di sekolah dasar (1), macam-macam pelajaran sd (1), macam-macam pendidikan karakter sd (1), artikel kurikulum pelajaran bahasa indonesia saat ini (1), Kurikulum baru (1), contoh-contoh mata pelajaran ipa sd atau sains (1), satu mata pelajaran diajarkan 2 orang (1), bahasa indonesia menjadi matapelajaran strategis (1), contoh daftar pelajaran kurikulum baru untuk sd (1), contoh kurikulum pelajaran ipa sd (1), contoh makalah kurikulum sd (1), contoh makalah penelitian tentang kurikulum SD (1), contoh mapel kurikulum baru 2013 kelas 2 sd (1), contoh rpp kurikulum baru 2013 pelajaran ips kelas 6 sd (1), contoh rpp kurikulumbaru (1), 

author siputro.com
Rino Saputro, S.Pd

"Hidup itu kegagalan, kegagalan mendeskripsikan kehidupan akan membawa hidup selalu dalam kegagalan"

materi php dan MYSQL
materi teknisi komputer