Pengertian Hukum Menurut Ahli

Hukum merupakan bagian terpenting bagi suatu negara terlebih jika negara tersebut merupakan negara hukum. Bagi negara hukum, hukum berada di posisi tertinggi.  Secara umum pengertian hukum adalah sekumpulan aturan yang mengatur tingkah laku manusia dalam bermasyarakat. Istilah hukum sendiri berasal dari bahasa arab “huk’mun” yang berarti menetapkan. Dengan diberlakukannya hukum di suatu negara maka akan memberikan rasa aman kepada masyarakatnya. Selain itu dengan adanya hukum ini juga akan membatasi kekuasaan yang berlaku.

Berikut ini beberapa pengertian hukum menurut para ahli.

Menurut Wiryono Kusumo, hukum adalah keseluruhan peraturan baik yang tertulis maupun tidak tertulis yang mengatur tata tertib dalam masyarakat dan terhadap pelanggarnya umumnya dikenakan sanksi. Menurut Wiryono ada 2 jenis hukum yang berlaku yakni tertulis dan tidak tertulis yang berisikan aturan mengenai tata tertib dalam bermasyarakat. Dilanjutkan oleh Wiryono tujuan dari hukum ini adalah untuk mengadakan keselamatan, kebahagiaan, dan ketertiban dalam masyarakat.

Ditegaskan lagi dengan pengertian hukum yang dikeluarkan oleh Hans kelsen yang menyatakan hukum sebagai suatu ketentuan. Hukum adalah sebuah ketentuan sosial yang mengatur perilaku mutual antar manusia, yaitu sebuah ketentuan tentang serangkaian peraturan yang mengatur perilaku tertentu manusia dan hal ini berarti sebuah sistem norma. Definisi hukum yang dikeluarkan Hans kelsen ini mengaitkan antara hubungan hukum dengan norma yang terdapat di dalamnya.

Hukum tidak akan dianggap jika hanya sekedar mengatur saja. Di sini kita juga perlu memperhatikan sifat dari hukum itu sendiri seperti yang disampaikan J.C.T. Simorangkir dan Woerjono Sastropranoto yang menyatakan  hukum sebagai peraturan-peraturan yang bersifat memaksa, yang menentukan tingkah laku manusia dalam lingkungan masyarakat, yang dibuat oleh badan-badan resmi yang berwajib, pelanggaran-pelanggaran yang dikenai tindakan-tindakan hukum tertentu. Selain menyebutkan sifat-sifat hukum di definisi ini juga disebutkan jika hukum dibuat oleh badan-badan hukum resmi yang berwajib. Sebagai contoh jika di Indonesia yang bertugas membentuk hukum (undang-undang) salah satunya adalah lembaga DPR.

Montesquieu memandang hukum sebagai gejala sosial dan bahwa perbedaan hukum disebabkan oleh perbedaan alam, sejarah, etnis, politik, dan faktor-faktor lain dari tatanan masyarakat. Oleh karena itu hukum suatu bangsa harus dibandingkan dengan hukum bangsa lainnya.

Lebih luas dijelaskan oleh Marx yang memandang hukum bukan hanya dari segi politik namun juga dari segi ekonomi. Dinyatakan oleh Marx hukum adalah pengemban amanat kepentingan ekonomi para kapitalis yang tidak segan memarakkan kehidupannya lewat exploitasi- exploitasi yang luas. Sehingga hukum bukan saja berfungsi sebagai fungsi politik saja akan tetapi juga sebagai fungsi ekonomi.

Dari beberapa pengertian hukum menurut ahli di atas dapat kita ambil kesimpulan pengertian hukum . Hukum adalah sekumpulan peraturan yang dibentuk oleh lembaga yang berwenang untuk mengatur tingkah laku manusia dalam lingkungan masyarakat yang bersifat memaksa dan jika dilanggar maka akan memberikan sanksi yang jelas dan nyata.

Artikel selanjutnya Macam-macam Hukum Indonesia. (coming son)

sumber referensi: hxxp://asiamaya.com/konsultasi_hukum/ist_hukum/definisi_hukum.htm


Pernah menuliskan salah satunya?

pengertian hukum menurut para ahli (37), definisi aman menurut para ahli (11), pengertian hukum menurut wiryono kusumo (11), definisi hukum (10), pengertian hukum menurut beberapa ahli (8), definisi hukum menurut para ahli (8), pengertian hukum menurut para ahli di dunia (6), perbedaan hukum (6), pengertian aman menurut para ahli (6), pengertian badan hukum menurut para ahli (5), pengertian hukum adat menurut para ahli (5), pengertian hukum (4), pengertian hukum menurut ahli dan bahasa (4), hukum menurut ahli (3), peraturan menurut para ahli (3), pengertian hukum menurut para ahli indonesia (3), pengertian luas berlakunya hukum (3), pengertian istilah-istilah pelanggaran peraturan hukum (3), pengertian ilmu pemerintahan dari parah ahli berikan perbandingan antara satu dengan yang lain (3), pengertian amanat menurut para ahli (3), definisi badan hukum menurut beberapa ahli (3), 10 pengertian hukum menurut para ahli (3), pengertian politik menurut wiryono prodjodijoro (3), pengertian hukum internasional menurut para ahli indonesia (3), KESIMPULAN PAJAK MENURUT PARA 5 AHLI (3), 

Pengertian Hukum Menurut Ahli was last modified: September 24th, 2012 by inoputro

Artikel Terkait Pengertian Hukum Menurut Ahli

Teori Tentang Kekuasaan

Teori Tentang Kekuasaan

inoputro(dot)com, teori tentang kekuasaan. Ada keterkaitan secara konseptual antara

Akibat yang Ditimbulkan Teori Dualisme

Akibat yang Ditimbulkan Teori Dualisme

inoputro(dot)com, akibat-akibat yang timbulkan dan teori Dualisme. Menurut pandangan

Definisi Nilai

Definisi Nilai

inoputro(dot0com, definisi nilai. Nilai atau ’value’ (Bhs. Inggris) termasuk

Kelemahan hukum di Indonesia

Kelemahan hukum di Indonesia

Sebelum membahas tentang kelemahan hukum, seperti yang diketahui hukum

One Response to “Pengertian Hukum Menurut Ahli”

  1. Posted by Percetakan

Add Your Comment