siputro.com

Home » PPKn » Pengertian Hukum Menurut Ahli

pasang iklan murah

Pengertian Hukum Menurut Ahli

September 24th, 2012 Admin 2199 Views 1 Comment

Hukum merupakan bagian terpenting bagi suatu negara terlebih jika negara tersebut merupakan negara hukum. Bagi negara hukum, hukum berada di posisi tertinggi.  Secara umum pengertian hukum adalah sekumpulan aturan yang mengatur tingkah laku manusia dalam bermasyarakat. Istilah hukum sendiri berasal dari bahasa arab “huk’mun” yang berarti menetapkan. Dengan diberlakukannya hukum di suatu negara maka akan memberikan rasa aman kepada masyarakatnya. Selain itu dengan adanya hukum ini juga akan membatasi kekuasaan yang berlaku.

Berikut ini beberapa pengertian hukum menurut para ahli.

Menurut Wiryono Kusumo, hukum adalah keseluruhan peraturan baik yang tertulis maupun tidak tertulis yang mengatur tata tertib dalam masyarakat dan terhadap pelanggarnya umumnya dikenakan sanksi. Menurut Wiryono ada 2 jenis hukum yang berlaku yakni tertulis dan tidak tertulis yang berisikan aturan mengenai tata tertib dalam bermasyarakat. Dilanjutkan oleh Wiryono tujuan dari hukum ini adalah untuk mengadakan keselamatan, kebahagiaan, dan ketertiban dalam masyarakat.

Ditegaskan lagi dengan pengertian hukum yang dikeluarkan oleh Hans kelsen yang menyatakan hukum sebagai suatu ketentuan. Hukum adalah sebuah ketentuan sosial yang mengatur perilaku mutual antar manusia, yaitu sebuah ketentuan tentang serangkaian peraturan yang mengatur perilaku tertentu manusia dan hal ini berarti sebuah sistem norma. Definisi hukum yang dikeluarkan Hans kelsen ini mengaitkan antara hubungan hukum dengan norma yang terdapat di dalamnya.

Hukum tidak akan dianggap jika hanya sekedar mengatur saja. Di sini kita juga perlu memperhatikan sifat dari hukum itu sendiri seperti yang disampaikan J.C.T. Simorangkir dan Woerjono Sastropranoto yang menyatakan  hukum sebagai peraturan-peraturan yang bersifat memaksa, yang menentukan tingkah laku manusia dalam lingkungan masyarakat, yang dibuat oleh badan-badan resmi yang berwajib, pelanggaran-pelanggaran yang dikenai tindakan-tindakan hukum tertentu. Selain menyebutkan sifat-sifat hukum di definisi ini juga disebutkan jika hukum dibuat oleh badan-badan hukum resmi yang berwajib. Sebagai contoh jika di Indonesia yang bertugas membentuk hukum (undang-undang) salah satunya adalah lembaga DPR.

Montesquieu memandang hukum sebagai gejala sosial dan bahwa perbedaan hukum disebabkan oleh perbedaan alam, sejarah, etnis, politik, dan faktor-faktor lain dari tatanan masyarakat. Oleh karena itu hukum suatu bangsa harus dibandingkan dengan hukum bangsa lainnya.

Lebih luas dijelaskan oleh Marx yang memandang hukum bukan hanya dari segi politik namun juga dari segi ekonomi. Dinyatakan oleh Marx hukum adalah pengemban amanat kepentingan ekonomi para kapitalis yang tidak segan memarakkan kehidupannya lewat exploitasi- exploitasi yang luas. Sehingga hukum bukan saja berfungsi sebagai fungsi politik saja akan tetapi juga sebagai fungsi ekonomi.

Dari beberapa pengertian hukum menurut ahli di atas dapat kita ambil kesimpulan pengertian hukum . Hukum adalah sekumpulan peraturan yang dibentuk oleh lembaga yang berwenang untuk mengatur tingkah laku manusia dalam lingkungan masyarakat yang bersifat memaksa dan jika dilanggar maka akan memberikan sanksi yang jelas dan nyata.

Artikel selanjutnya Macam-macam Hukum Indonesia. (coming son)

sumber referensi: hxxp://asiamaya.com/konsultasi_hukum/ist_hukum/definisi_hukum.htm


Pernah menuliskan salah satunya?

pengertian hukum menurut para ahli (36), definisi aman menurut para ahli (11), definisi hukum (10), definisi hukum menurut para ahli (8), pengertian hukum menurut beberapa ahli (8), pengertian aman menurut para ahli (6), perbedaan hukum (6), pengertian hukum menurut para ahli di dunia (6), pengertian hukum adat menurut para ahli (5), pengertian badan hukum menurut para ahli (5), pengertian hukum menurut ahli dan bahasa (4), pengertian hukum (4), definisi badan hukum menurut para ahli (3), hukum menurut ahli (3), pengertian hukum menurut wiryono kusumo (3), definisi badan hukum menurut beberapa ahli (3), pengertian amanat menurut para ahli (3), pengertian hukum menurut ahli (3), peraturan menurut para ahli (3), pengertian ilmu pemerintahan dari parah ahli berikan perbandingan antara satu dengan yang lain (3), pengertian istilah-istilah pelanggaran peraturan hukum (3), pengertian luas berlakunya hukum (3), pengertian regulasi menurut para ahli (3), pengertian hukum menurut para ahli indonesia (3), pengertian hukum internasional menurut para ahli indonesia (3), 

Anda baru saja membaca Pengertian Hukum Menurut Ahli. Artikel ini ditulis di dalam kategori PPKn. Anda bebas mengshare artikel ini, namun gunakanlah etika yang baik dengan tetap menuliskan sumber link artikel Pengertian Hukum Menurut Ahli ini.
Daftarkan email anda untuk berlangganan artikel kami:
Jangan lupa konfirmasi via email, ya!

Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia

Artikel lain:

One Response to “Pengertian Hukum Menurut Ahli”

  1. Percetakan says:

    Hukum di dunia adalah Hukum yang dapat di selewengkan oleh pembuatnya, akan tetapi Hukum Tuhan Mutlak,.. tidak dapat di selewengkan penciptanya, terima kasih atas informasi dan artikel yang memberi saya pengetahuan tentang Ilmu Hukum,..

 

Leave a Reply to this Post

= 1+3 [required]

Pasang Iklan, SEO Jaguars, Jaguar 2, Fair Gadget, Yoetama, Terapi Diabetes, Dana Usaha

Cerpen Sobat
  • Menara Angin

    cerpen menara angin

    [...] Kami nggak mentingin pertemuan sebagai alasan buat ngehambat hubungan ini, yang jelas kami cocok satu sama lain. Di saat kelulusan nanti waktu yang tepat. [...]

  • Zee’s Hand Diary

    nikah lo pikir mudah

    [...] Ini diaryku kisah tentang hidupku kisah nyataku. Tak peduli sebesar apa ketidaksukaan orang lain bagiku cemo’ohan mereka, penyemangat kebangkitanku. [...]

  • Kesuma Bunda (Ibuku Pahlawanku)

    nikah lo pikir mudah

    [...] Bunda nggak nyangka anakku sendiri bahkan tak bisa bersikap baik padaku. Mungkin ini memang salah Bunda yang nggak pernah menceritakan semuanya padamu [...]

  • Ku Hampir Kuncup

    ku hampir kuncup

    [...] “Oh, tidak. Ya Allah apakah sekeras ini cobaan yang Engkau berikan?” Rintihku mrnyesakkan dada, hingga rasanya aku tak sanggup untuk bernafas. [...]

  • Nikah??? Lo pikir Gampang!!

    nikah lo pikir mudah

    [...] Mungkin bener kata orang-orang tua, Rona pamali waktu ngambil barang hujan deres banget dan saat akan dibawa ke rumah Randy di malah nangis dan noleh [...]

jokam palembang
pasang iklan baris