Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia)

Setiap manusia lahir dengan hak asasi manusia yang melekat pada dirinya. Hak yang dimaksud ini dianggap sebagai hak yang wajib dimiliki oleh setiap manusia sebagai anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Oleh karenanya tanpa membedakan ras, suku, agama, dan jenis kelamin seseorang tidak dapat diperlakukan semena-mena melebihi batas hak asasi yang dimilikinya. Hak asasi manusia yang dimiliki semua orang ini bersifat universal dan selalu berkembang seiring berkembangnya tingkat kehidupan manusia. Secara umum dapat diambil pengertian HAM adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusiasebagai makhluk Tuhan yang maha esa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati, dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara hukum, pemerintahan, dan setiap orang lain demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia.

Menurut Oemar Seno Aji HAM adalah hak yang melekat pada martabat manusia sebagai insan ciptaan Tuhan Yang Maha ESA, seperti keselamatan, keamanan, dan kebebasan dengan sifat tidak boleh dilanggar oleh siapa pun dan merupakan holy Area (wilayah suci). HAM menjadi salah satu aspek vital yang harus terus diperhatikan meskipun di era modern ini hampir seluruh negara telah mendapatkan kemerdekaan. Bahkan di zaman modern seperti inilah sering terjadi pelanggaran hak asasi manusia yang tersirat dan tak terangkat ke permukaan karena teerlindung oleh kecanggihan tekhnologi yang ada.

Banyak macam-macam HAM yang wajib untuk dilindungi. Perlindungan terhadap hak asasi manusia merupakan aspek terpenting dalam menentukan suksesnya penyelenggaraan negara. Hak asasi dan kebebasan dasar manusia ini tidak dapat dipisahkan dari manusia karena dengan hilangnya hak asasi maka akan hilang pula martabat yang dimilikinya. Oleh karenanya Indonesia sebagai negara hukum wajib melindungi dan memperjuangkan penegakan hak asasi manusia. Selain itu instrumen penegakan HAM ini juga wajib dimuat dalam konstitusi atau UUD.


Pernah menuliskan salah satunya?

pengertian ham (70), pengertian HAM menurut para ahli (19), pengertian ham secara umum (19), pengertian hak asasi manusia secara umum (13), pengertian hak asasi manusia menurut para ahli (12), pengertian ham dan macam-macam ham (6), HAM menurut para ahli (6), kategori HAM secara umum (6), definisi ham (5), artikel kategori ham secara umum (5), artikel pengertian ham (3), definisi ham menurut para ahli (3), pengertian tentang ham (3), deskripsi ham menurut para ahli (3), pengertian ham menurut oemar seno aji (3), pengertian ham menurut para ahli indonesia (3), definisi hak asasi manusia menurut para ahli (3), tuliskan 3 ham menurut para ahli (3), pengertian hak asasi manusia (3), artikel ham secara umum (3), pengertian hak asasi manusia menurut oemar seno aji (3), arti penegakan ham (3), pengertian penegakan ham (2), pengertian ham menurut ahli (2), rangkuman pengertian ham (2), 

Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia) was last modified: September 1st, 2012 by inoputro

Artikel Terkait Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia)

Fungsi Negara

Fungsi Negara

inoputro(dot)com, fungsi negara. Fungsi negara adalah tugas daripada organisasi

Susunan Negara

Susunan Negara

inoputro(dot)com, susunan negara. Penglihatan terhadap negara dari segi susunannya

Definisi Filsafat Ilmu Menurut Ahli

Definisi Filsafat Ilmu Menurut Ahli

Inoputro(dot)com, definisi filsafat ilmu menurut ahli. Robert Ackermann Filsafat

Pengekangan dan Kebebasan Dunia Pers

Pengekangan dan Kebebasan Dunia Pers

inoputro(dot)com, pengekangan dan kebebasan pers. Telah diuraikan secara singkat

One Response to “Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia)”

  1. Posted by Software Bee

Add Your Comment