siputro.com

Fungsi dan tujuan Evaluasi Pembelajaran

Evaluasi pembelajaran merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah kurikulum. Walaupun dalam tatanan kurikulum evaluasi berada di urutan terakhir, evaluasi berperan penting untuk menentukan sukses atau tidaknya proses pembelajaran yang dilakukan selama ini sekaligus mempengaruhi proses pembelajaran selanjutnya. Kata evaluasi berasal dari bahasa inggris “evaluation” yang beraarti proses penilaian. Jika direfleksikan dengan fungsinya di dalam proses pembelajaran maka bisa diambil pengertian evaluasi merupakan suatu proses berkelanjutan tentang pengumpulan dan penafsiran informasi untuk menilai keputusan-keputusan yang dibuat dalam merancang suatu sistem pembelajaran.

Kita sendiri telah sebenarnya telah banyak sekali mengalami manfaat evaluasi pembelajaran. Evaluasi yang dilakukan di sekolah dasar, SMP, SMA bahkan perguruan tinggi membuat kita dianggap layak untuk berada pada level sekarang. Hal ini dikarenakan hasil dari evaluasi yang kita lakukan telah memenuhi batas minimum dari tujuan yang telah disusun di awal. Adapun yang masih belum memenuhi batas minimum opsi remedial bisa dilakukan, dan ini merupakan salah satu tujuan evaluasi pembelajaran.

Kita kembali lagi ke definisi evaluasi pembelajaran. Dari definisi yang ada di atas dapat kita ambil kesimpulan bahwa ada beberapa poin penting yang dapat diambil dari rumusan definisi tersebut. Berikut ini sedkit penjabaran tentang poin-poin yang harus ada di dalam suatu evaluasi.

  1. Evaluasi merupakan proses berkelanjutan, hal ini berarti evaluasi adalah proses yang berlangsung terus menerus baik sebelum melakukan proses belajar mengajar atau sesudah proses belajar mengajar bahkan evaluasi juga harus dilakukan selama proses belajar mengajar berlangsung.
  2. Pengumpulan dan penafsiran informasi, hal ini berarti evaluasi harus memiliki tujuan tertentu untuk apa sebuah evaluasi dilakukan.
  3. Untuk menilai keputusan-keputusan, hal ini berarti harus ada standar pengukuran tertentu untuk menyatakan apakah evaluasi proses pembelajaran telah sesuai atau belum sehingga dapat memberikan keputusan yang sesuai dengan data dan informasi yang dikumpulkan.

Secara umum ada 2 evaluasi yang harus dilakukan dalam mengevaluasi pembelajaran. Yang pertama adalah evaluasi yang dilakukan siswa yakni berupa proses dan hasil (masih ingat kan komponen kurikulum). Dan yang kedua adalah evaluasi yang harus dilakukan oleh guru yakni berupa evaluasi diri sendiri. menjadi salah satu tanggung jawab dari seorang guru tentunya untuk terus mengevaluasi dirinya sendiri dalam melakukan proses mengajar.

Tujuan Evaluasi Pembelajaran

Ada beberapa tujuan mengapa dilakukan evaluasi pembelajaran. Berikut ini beberapa penjelasan singkat tentang tujuan-tujuan evaluasi pembelajaran.

  1. Menentukan hasil belajar siswa berupa angka yang selanjutnya kan menjadi laporan kepada orang tua siswa dan menjadikan acuan penentu apakah siswa naik kelas/tidak naik kelas atau lulus/tidak lulus.
  2. Memberikan fasilitas pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan dan minat yang dimiliki oleh siswa.
  3. Mengenal latar belakang siswa yang dapat berguna untuk menyelesaikan permaslahan-permasalahan yang dimiliki siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar seperti sebab-sebab kesulitan belajar yang pada akhirnya dapat menjadi input atau masukan bagi tugas BP, bimbingan dan penyuluhan.
  4. Sebagai feedback bagi guru untuk perlu atau tidaknya melakukan remedial.

 

Manfaat Evaluasi Pembelajaran

Ada tujuan juga pasti ada manfaat, berikut ini manfaat dari dilakukannya evaluasi pembelajaran.

  1. Kurikuler, sebagai pengukur apakah tujuan mata pelajaran telah tercapai atau belum.
  2. Instruksional, sebagai alat ukur apakah proses belajar mengajar telah berjalan sesuai rencana.
  3. Placement, melakukan penempatan yang sesuai kepada siswa tentang pembelajaran yang sesuai dengan minat dan bakatnya.
  4. Diagnostik, sebagai alat diagnostik untuk mengetahui kelemahan siswa dan memberikan solusi penyembuhan atau penyelesaian kepada siswa-siswa yang mengalami kesulitan.
  5. Administratif BP, sebagai input bagi bagian BP untuk membantu mengarahkan siswa-siswa yang mengalami kesulitan belajar.

 

Masih banyak lagi penjabaran dari evaluasi pembelajaran ini. Dan mungkin akan saya lanjutkan di postingan-postingan kami selanjutnya. Semoga bermanfaat bagi dunia pendidikan Indonesia.

sumber referensi:

hxxp://weblog-pendidikan.blogspot.com/2009/09/fungsi-dan-tujuan-evaluasi-pembelajaran.html
hxxp://id.wikipedia.org/wiki/Evaluasi


Pernah menuliskan salah satunya?

evaluasi pembelajaran (908), tujuan evaluasi pembelajaran (152), pengertian evaluasi pembelajaran (138), evaluasi pengajaran (122), tujuan evaluasi (108), fungsi evaluasi pembelajaran (92), evaluasi belajar (83), fungsi evaluasi (52), tujuan dan fungsi evaluasi pembelajaran (36), definisi evaluasi pembelajaran (35), pengertian evaluasi pendidikan (32), tujuan evaluasi pendidikan (29), manfaat evaluasi (24), manfaat evaluasi pembelajaran (24), fungsi dan tujuan evaluasi pembelajaran (21), pengertian evaluasi belajar (20), materi evaluasi pembelajaran (19), makalah evaluasi pembelajaran (16), Evaluasi Pengajaran Bahasa Indonesia (15), evaluasi pembelajaran di sd (14), tujuan dan kegunaan evaluasi pembelajaran (14), tujuan dan fungsi evaluasi (14), tujuan evaluasi belajar (14), artikel evaluasi pembelajaran (13), arti evaluasi pembelajaran (12), 

author siputro.com
Rino Saputro, S.Pd

"Hidup itu kegagalan, kegagalan mendeskripsikan kehidupan akan membawa hidup selalu dalam kegagalan"