siputro.com

Home » Sastra Indonesia » Unsur-unsur Intrinsik Novel

pasang iklan murah

Unsur-unsur Intrinsik Novel

August 4th, 2012 Admin 3798 Views 0 Comments

Unsur-unsur Intrinsik Novel. Menjadi novelis terkenal memang merupakan dambaan semua orang. Namun tak semua orang dapat membuat sebuah novel. Begitu juga halnya dengan saya yang sampai saat ini berangan-angan memiliki sebual novel sendiri namun apa daya otak tak sampai. Untuk mengobatinya mungkin artikel unsur-unsur intrinsik novel ini cukup untuk mengobati keinginan saya yang tak sampai untuk memiliki novel sendiri.

Novel sendiri merupakan karya sastra yang dibangun melalui gabungan 2 unsur yakni unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Dan yang akan kita pelajari lebih jauh di sini adalah unsur intrinsik sebuah novel.

Unsur intrinsik novel terdiri dari beberapa unsur seperti tema, penokohan, latar, alur, dan sudut pandang. Dan berikut ini sedikit penjelasan dari masing-masing unsur tersebut.

Tema
Tema merupakan gagasan utama yang mendasari sebuah novel. Banyak cara untuk menampilkan tema ini beberapa diantaranya adalah dengan pelukisan latar dan sifat tokoh. Salah satu contoh tema novel adalah tema percintaan seperti novel Sitti Nurbaya dan banyak lagi contoh tema lainnya.

Penokohan
Penokohan adalah pemberian watak kepada peran di dalam sebuah novel. Dalam sebuah novel tokoh diperankan secara lengkap baik lahiriah maupun batiniah. Sehingga tokoh yang diperankan seperti layaknya manusia di dunia nyata yang memiliki sifat-sifat seperti pemarah, rajin, pintar, baik, dll.

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan pengarang untuk menampilkan watah dari tokoh novel.

  1. Penggambaran bentuk lahiriah seperti keadaan fisik, tingkah dan cara berpakaian.
  2. Penggambaran jalan pikiran tokoh.
  3. PEnggambaran melalui reaksi tokoh terhadap hal atau peristiwa tertentu.
  4. Penggambaran lingkungan atau keadaan sekitar tokoh.

Jika di lihat dari wataknya tokoh dibagi menjadi tokoh antagonis sebagai penimbul konflik dan tokoh protagonis yang berwatak baik, benar dan tidak jahat. Sedangkan dilihat dari kepentingannya terbagi menjadi tokoh pembantu dan tokoh utama.

Latar
Latar merupakan keterangan peristiwa kejadian yang berkaitan dengan waktu, ruang dan suasana.

Alur
Alur merupakan keseluruhan jalan peristiwa yang tersusun secara bagian-bagian sebuah novel. Ada 3 jenis alur yakni:
Alur maju (perkenalan, penampilan masalah, konflik, penyelesaian)
Alur mundur (diawali dengan tahap penyelesaian dan kemudian dilanjutkan oleh tahap lainnya.
Alur gabungan (merupakan gabungan antara maju dan mundur dengan alur konflik, perkenalan, kemudian penyelesaian)

Sudut pandang
Sudut pandang adalah cara pengarang untuk menyampaikan cerita. Untuk lebih jelasnya berikut jenis-jenis sudut pandang yang biasa digunakan.

  1. Sudut pandang orang pertama pelaku utama, di sini pengarang menyebut atau menggambarkan tokoh utama ‘AKU’.
  2. Sudut Pandang orang ketiga, pengarang menggunakan orang ketiga sebagai pelaku utama dengan menggunakan kata panggil orang ketiga seperti dia, ia atau nama orang.
  3. Sudut pandang serba tahu, disini seolah-olah pengarang tahu semua watak tokoh yang dimainkan.

 

Cukup sekian dulu unsur-unsur intrinsik novel yang bisa saya berikan. Jika ada penjelasan atau kalimat yang salah mohon koreksinya ya.


Pernah menuliskan salah satunya?

unsur intrinsik novel (117), unsur-unsur intrinsik novel (61), unsur unsur intrinsik novel (37), unsur intrinsik dalam novel (24), jenis alur dalam novel (23), penjelasan unsur-unsur intrinsik novel (14), contoh unsur intrinsik novel (12), pengertian unsur intrinsik novel (11), unsur-unsur novel (11), unsur unsur intrinsik pada novel (10), unsur unsur intrinsik dalam novel (9), unsur instrinsik novel (9), jenis-jenis alur dalam novel (9), pengertian unsur-unsur intrinsik novel (7), unsur unsur novel (7), unsur-unsur intrinsik pada novel (7), unsur intrinsik pada novel (7), latar novel (6), penokohan dalam novel (6), cara membuat unsur intrinsik novel (6), unsur-unsur instrinsik novel (5), unsur unsur intrinsik novel karakter tokoh (5), macam alur dalam novel (5), unsur-unsur intrinsik dalam novel (5), jenis_jenis latar novel penjelasan (4), 

Anda baru saja membaca Unsur-unsur Intrinsik Novel. Artikel ini ditulis di dalam kategori Sastra Indonesia. Anda bebas mengshare artikel ini, namun gunakanlah etika yang baik dengan tetap menuliskan sumber link artikel Unsur-unsur Intrinsik Novel ini.
Daftarkan email anda untuk berlangganan artikel kami:
Jangan lupa konfirmasi via email, ya!

Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia

Artikel lain:

Leave a Reply to this Post

= 3+8 [required]

Pasang Iklan, SEO Jaguars, Jaguar 2, Fair Gadget, Yoetama, Terapi Diabetes, Dana Usaha

Cerpen Sobat
  • Menara Angin

    cerpen menara angin

    [...] Kami nggak mentingin pertemuan sebagai alasan buat ngehambat hubungan ini, yang jelas kami cocok satu sama lain. Di saat kelulusan nanti waktu yang tepat. [...]

  • Zee’s Hand Diary

    nikah lo pikir mudah

    [...] Ini diaryku kisah tentang hidupku kisah nyataku. Tak peduli sebesar apa ketidaksukaan orang lain bagiku cemo’ohan mereka, penyemangat kebangkitanku. [...]

  • Kesuma Bunda (Ibuku Pahlawanku)

    nikah lo pikir mudah

    [...] Bunda nggak nyangka anakku sendiri bahkan tak bisa bersikap baik padaku. Mungkin ini memang salah Bunda yang nggak pernah menceritakan semuanya padamu [...]

  • Ku Hampir Kuncup

    ku hampir kuncup

    [...] “Oh, tidak. Ya Allah apakah sekeras ini cobaan yang Engkau berikan?” Rintihku mrnyesakkan dada, hingga rasanya aku tak sanggup untuk bernafas. [...]

  • Nikah??? Lo pikir Gampang!!

    nikah lo pikir mudah

    [...] Mungkin bener kata orang-orang tua, Rona pamali waktu ngambil barang hujan deres banget dan saat akan dibawa ke rumah Randy di malah nangis dan noleh [...]

jokam palembang
pasang iklan baris