Perbedaan Fakta dengan Opini

Perbedaan Fakta dengan Opini. Di dalam sebuah karya tulis sudah semestinya terdapat 2 jenis paragraf dalam pengembangannya. kedua jenis paragraf tersebut dapat berupa paragraf fakta atau opini. Hal termudah untuk mengetahui paragraf tersebut fakta atau opini adalah dengan mencari ide pokok paragraf tersebut. Lantas apa perbedaan fakta dan opini secara definisi?

Fakta adalah hal yang benar-benar dan nyata terjadi. Oleh karenanya semua orang akan mengeluarkan pernyataan yang sama terhadap suatu fakta. Dan lawan kata fakta tentunya adalah opini.

Contoh fakta:
Buku panduan keluarga memilih dan menggunakan obat karya Rahayu Widodo S.Si.,Apt. Berisi tentang pengenalan obat, prinsip-prinsip dasar memilih, dan menggunakan obat untuk dirinya sendiri dan aspek sosial lainnya. Buku ini menjadi panduan yang jelas, ringkas, dan dilengkapi dengan istilah medis.

Opini adalah gagasan, ide, atau buah pemikiran seseorang terhadap suatu peristiwa, hal, atau kejadian tertentu. Karena opini berasal dari buah pikiran masing-masing maka pendapat seseorang terhadap suatu hal akan berbeda satu sama lain. Walaupun sama setidaknya redaksi kalimat yang dikeluarkan akan berbeda.

Contoh opini:
Kepergian Ali Sadikin, Sophan Sopian dan S.K Trimurti pada saat kita memasuki seabad kebangkitan nasionalseakan membawa pesan bahwa untuk kembali bangkit, negeri ini kembali membutuhkan pelopor dan pejuang yang memiliki integritas moral, memegang teguh prinsip, memiliki keberanian melawan ketidak adilan dan tidak melakukan korupsi. Rasa cinta kepada tanah air juga perlu dibangkitkan kembali mengingat hal ini seakan surut. Selain itu perhatian utama juga harus diberikan kepada nasib rakyat kecil yang tak jelas arahnya.

Bagaimana apakah anda sudah bisa membedakan fakta dan opini? Jika masih belum jelas tentang beda fakta dan opini silahkan diskusikan dengan teman anda.


Pernah menuliskan salah satunya?

yhs-fh_lsonsw (278), pengertian fakta dan opini menurut para ahli (45), perbedaan fakta dan opini (37), definisi opini (24), pengertian fakta menurut para ahli (22), perbedaan Opini dan fakta (19), definisi fakta (17), Pengertian fakta dan opini (15), pengertian fakta dan opini beserta contohnya (11), definisi fakta menurut para ahli (10), membedakan fakta dan opini (8), cara menentukan fakta dan opini (7), artikel fakta dan opini (7), opini adalah (7), contoh opini dan fakta (6), pengertian fakta menurut ahli (6), pengertian opini menurut para ahli (6), definisi fakta dan opini (5), fakta dan opini dalam paragraf (5), penjelasan tentang fakta dan opini (5), perbedaan fakta dan opini beserta contohnya (5), cara membedakan fakta dan opini (4), arti kata opini (4), perbedaan artikel dan opini (4), DEFINISI FAKTA DAN OPINI MENURUT PARA AHLI (4), 

Perbedaan Fakta dengan Opini was last modified: August 2nd, 2012 by inoputro

Gallery of Perbedaan Fakta dengan Opini