Definisi Tabel, Grafik, dan Diagram

Definisi Tabel, Grafik, dan Diagram. Dalam membuat karya ilmiah biasanya kita dituntut untuk dapat menyajikan data secara gamblang atau jelas. Data berupa angka-angka akan sangat sulit tentunya untuk disajikan dalam bentuk paragraf. Oleh karenannya kita perlu menggunakan fungsi tabel, grafik, ataupun diagram untuk mendapatkan data secara cepat dan akurat. Dan sebelum kita belajar menggunakannya alangkah lebih baiknya jika kita pelajari terlebih dahulu apa sih yang dimaksud tabel, diagram, dan grafik.

Tabel adalah kumpulan data yang disusun berdasarkan baris dan kolom. Baris dan kolom ini berfungsi untuk menunjukkan data terkait keduanya. Dimana titik temu antara baris dan kolom adalah data yang dimaksud.

Grafik adalah gambaran dinamika data yang ada (bisa naik, turun, atau naik turun. Awal yang harus kita lakukan dalam membaca data pada grafik adalah dengan melihat judul grafik kemudian baru melihat data yang ada. Ada banyak macam grafik diantaranya adalah grafik batang dan grafik garis.

Diagram adalah gambaran tentang suatu data yang lebih memntingkan hasil penelitian. Biasanya diagram diurutkan dari data sedikit ke banyak atau sebaliknya. Berbeda dengan grafik yang lebih mementingkan dinamika pada data yang disajikan. Diagram ini dapat berupa diagram lingkaran ataupun diagram batang.

Data yang disajikan di dalam tabel, grafik dan diagram ini dapat kita sajikan atau kita rubah ke dalam bentuk kalimat atau paragraf dengan memperhatikan data yang ada. Berikut ini langkah-langkah untuk membaca tabel, grafik, dan diagram.

  1. Baca judul.
  2. Membaca informasi data yang disajikan dengan memperhatikan baris dan kolom yang ada.
  3. Mengajukan pertanyaan.
  4. Menjawab pertanyaan tersebut berdasarkan data yang ada.

Demikianlah sedikit pengertian tentang tabel, diagram, dan grafik. Semoga bermanfaat.


Pernah menuliskan salah satunya?

pengertian tabel (680), pengertian diagram (482), definisi tabel (294), pengertian grafik (186), definisi diagram (119), grafik adalah (101), pengertian tabel dan grafik (97), tabel dan grafik (74), pengertian tabel dan contohnya (67), perbedaan grafik dan diagram (64), pengertian tabel grafik dan diagram (57), apa yang dimaksud dengan tabel (57), pengertian tabel dan diagram (53), definisi grafik (50), contoh tabel dan grafik (49), pengertian grafik dan tabel (44), tabel grafik dan diagram (43), TABEL DAN DIAGRAM (42), definisi tabel dan grafik (31), macam-macam grafik (29), grafik dan diagram (28), pengertian grafik dalam bahasa indonesia (28), contoh tabel dan diagram (26), fungsi tabel dan grafik (25), diagram dan tabel (23), 

Definisi Tabel, Grafik, dan Diagram was last modified: August 2nd, 2012 by inoputro

Artikel Terkait Definisi Tabel, Grafik, dan Diagram

Cara Menemukan Ide Pokok Paragraf

Cara Menemukan Ide Pokok Paragraf

Untuk memahami dengan cepat maksud sebuah paragraf adalah dengan

Cara Menulis Resensi Buku

Cara Menulis Resensi Buku

Bagi sobat IP yang saat ini masih berada di

Unsur-unsur Intrinsik Puisi

Unsur-unsur Intrinsik Puisi

Siapa sih yang tidak kenal puisi, hampir semua orang

Definisi Tajuk Rencana dan Contohnya

Definisi Tajuk Rencana dan Contohnya

Tajuk rencana adalah salah satu karya tulis yang berisikan

One Response to “Definisi Tabel, Grafik, dan Diagram”

  1. Posted by Helena

Add Your Comment