Cara Berdiskusi yang Baik

Cara Berdiskusi yang Baik. Sebelum menulis artikel ini saya sedikit teringat dengan pengalaman saya dalam diskusi saya yang pertama. Saat itu saya duduk di kelas X SMA dan saat itu saya beserta 5 orang teman saya diutus mengikuti PKS atau pelatihan kepemimpinan siswa di kabupaten. Hal yang sangat memalukan terjadi ketika diskusi atau mungkin lebih mengarah ke debat diskusi dilakukan saat itu saya terdiam tanpa bisa menjawab apapun padahal saya ditunjuk sebagai leader. Pada saat itu saya belum memahami bagaimana cara berdiskusi yang baik dan benar. Atas pengalaman tersebut saya rasa cukup penting untuk membagikan cara berdiskusi yang baik dan yang benar.

cara berdiskusi

Diskusi itu sendiri merupakan salah satu bentuk bertukat pikiran yang teratur dan terarah dalam sebuah kelompok dengan dipimpin oleh seorang moderator. Bermacam pendapat akan muncul di dalam sebuah diskusi. Dan agar kita mampu mengemukakan pendapat yang baik kita harus melakukan beberapa langkah berikut ini.

  1. Berpikir kritis dan logis.
  2. Menahan emosi dan menghilangkan kecenderungan sujektivitas.
  3. Menggunakana dan memilih fakta yang tepat dalam menyatakan argumentasi agar sulit dibantah oleh anggota diskusi yang lain.

Tidak sampai di sini, dalam berdiskusi yang baik dan benar kita harus mampu memberikan persetujuan pendapat dan melakukan sanggahan dengan baik.

Berikut ini hal-hal yang perlu dihindari dalam menyanggah pendapat salah satu peserta diskusi.

  1. Menghindari emosi dan prasangka negatif.
  2. Menyertakan fakta, data, dan hal lain yang dapat meyakinkan peserta lain tentang sanggahan kita.
  3. Objektif, logis dan jujur.
  4. Rangkailah kalimat dengan baik, tidak terbelit-belit dan mudah dimengerti.
  5. Jangan sampai menyinggung perasaan orang lain.

Silahkan pahami dan terapkan langkah-langkah di atas ketika anda berdiskusi dan kini anda dapat berdiskusi dengan baik dan benar.

 


Pernah menuliskan salah satunya?

berdiskusi (52), cara berdiskusi (36), diskusi yang baik (31), cara berdiskusi yang baik (24), cara diskusi yang baik (24), cara berdiskusi yang baik dan benar (13), cara diskusi yang baik dan benar (10), cara-cara berdiskusi (10), cara diskusi (10), cara mengikuti diskusi dengan baik (9), etika dalam berdiskusi (7), cara berdiskusi dengan baik (7), diskusi yang baik dan benar (7), cara berdiskusi dengan baik dan benar (7), cara berdiskusi yang benar (5), diskusi dengan baik (5), cara-cara diskusi (5), cara diskusi kelompok yang baik (5), contoh mengemukakan pendapat yang baik (5), cara melaksanakan diskusi dengan baik (5), bagaimana seharusnya peserta diskusi yang baik (4), cara diskusi dengan baik (4), Berdiskosi (4), etika berdiskusi yang baik (4), cara melakukan diskusi yang baik (4), 

Cara Berdiskusi yang Baik was last modified: July 30th, 2012 by inoputro

Artikel Terkait Cara Berdiskusi yang Baik

Cara Menjadi Pribadi yang Menarik

Cara Menjadi Pribadi yang Menarik

Cara Menjadi Pribadi yang Menarik. Kalau saya bilang, menjadi

Perbedaan Fakta dengan Opini

Perbedaan Fakta dengan Opini

Perbedaan Fakta dengan Opini. Di dalam sebuah karya tulis

Unsur-unsur Intrinsik Novel

Unsur-unsur Intrinsik Novel

Unsur-unsur Intrinsik Novel. Menjadi novelis terkenal memang merupakan dambaan

Pengen Buat Mading Keren (2)

Pengen Buat Mading Keren (2)

inoputro(dot)com, pengen buat mading keren. Mading merupakan ekspresi kita

2 Responses to “Cara Berdiskusi yang Baik”

  1. Posted by Info Computer OK
  2. Posted by Manga Qwe

Add Your Comment