siputro.com

Contoh Penggunaan Kalimat Majemuk

Contoh Penggunaan Kalimat Majemuk. Alhamdulillah kali ini saya masi mengisi postingan blog ini dan kali ini saya akan membagikan contoh penggunaan kalimat majemuk. Baiklah langsung saja simak contoh kalimat yang menggunakan kalimat majemuk di bawah ini.

  1. Seorang siswa haruslah rajin dan tekun dalam belajar.
  2. Badu tidak masuk sekolah karena ibunya sedang sakit.

Oke kita mulai pada kalimat pertama. Pada kalimat pertama ini termasuk contoh kalimat majemuk setara. Kalimat majemuk setara adalah kalimat majemuk yang terdiri dari 2 klausa atau lebih yang kedudukannya sama atau setara. Kalimat majemuk pada contoh pertama ini menggunaan kata penghubung dan untuk menghubungkan kedua klausanya. Klausa pertama adalah Siswa harus rajin dalam belajar dan klausa kedua adalah siswa harus tekun dalam belajar.
Kalimat majemuk setara ‘is done!!!‘.

macam-macam kalimat majemukKedua, kita akan membahas kalimat majemuk bertingkat seperti yang ada pada contoh kedua. Kalimat majemuk bertingkat pada contoh kedua ini menggunakan kata penggubung karena. Kalimat majemuj bertingkat sendiri adalah kalimat majemuk yang  terdiri dari 2 klausa atau lebih yang memiliki peran berbeda yakni sebagai induk kalimat dan anak kalimat. Pada contoh kedua induk kalimat adalah Badu tidak masuk sekolah dan anak kalimatnya adalah Ibu badu sedang sakit.

Selanjutnya kita akan membahasa kalimat majemuk lainnya yakni kalimat majemuk campuran yang terdiri dari 3 klausa yang merupakan gabungan dari kalimat majemuk setara dan bertingkat. Adapun pola kalimat majemuk ini dibedakan atas pola atasan sebagai induk kalimat dan pola bawahan sebagai anak kalimat.

Masih bingung dengan penggunaan kalimat majemuk? Jika iya silahkan baca lah dan pahami, mudak kok.

 

Bagaimana jika kita dihadapkan dengan kalimat majemuk dan diberi tugas untuk memisahkannya? Barikut ini cara yang dapat kita gunakan untuk memenggal kalimat majemuk.

  1. Tentukan kata penghubung kalimat tersebut.
  2. Lihat klausa yang ada dan identifikasilah apakah termasuk alimat majemuk setara, bertingkat, atau campuran.
  3. Terakhir penggallah bagian klausa yang dipisahkan dengan kata penghubung dan yang perlu diingat biasanya ada salah satu klausa yang salah satu SPOK-nya di hilangkan.

Selamat mengerjakan tugas yang ada, ya. Atau bisa diterapkan ketika anda menulis resensi buku.


Pernah menuliskan salah satunya?

Contoh kalimat majemuk (52), contoh kalimat majemuk bertingkat beserta pola kalimatnya (13), contoh kalimat majemuk campuran beserta pola kalimatnya (12), pola kalimat majemuk (8), kumpulan kalimat majemuk beserta pola kalimatnya (6), contoh artikel yang menggunakan kata penghubung (6), contoh kalimat majemuk setara beserta pola kalimatnya (5), contoh kalimat majemuk setara dan bertingkat (5), soal kalimat majemuk (5), penerapan kalimat majemuk dalam pembelajaran (4), 4contoh kalimat majemuk (4), contoh kalimat menggunakan kata majemuk (4), CONTOH KALIMAT MAJEMUKCAMPURAN BESERTA SPOK (4), rpp kalimat majemuk (4), penggunaan kalimat majemuk (3), contoh kalimat tekun (3), contoh kalimat tunggal (3), menggunakan kalimat majemuk bertingkat (3), contoh majemuk (3), contoh kata majemuk (3), contoh-contoh kalimat majemuk (2), contoh kalimat menggunakan kata karena (2), contoh soal pola kalimat majemuk (2), contoh kalimat langsung dan majemuk (2), contoh soal kalimat majemuk (2), 

author siputro.com
Rino Saputro, S.Pd

"Hidup itu kegagalan, kegagalan mendeskripsikan kehidupan akan membawa hidup selalu dalam kegagalan"