Cara Menulis Resensi Buku

Bagi sobat IP yang saat ini masih berada di jenjang pendidikan formal mungkin artikel kami kali ini akan berguna. Kali ini saya akan membagikan cara menulis resensi buku yang baik dan yang benar. Resensi sendiri merupakan penilaian terhadap baik dan buruknya suatu karya tulis (dalam hal ini berbentuk buku) disertai dengan berbagai ulasan dan alasan penilaian. Resensi diambil dari bahasa belanda ‘resensie‘ atau juga dari bahasa latin ‘resenseo‘ yang berarti ulasan atau uraian tentang karya-karya seperti buku, drama, teater, ataupun film.

resensi bukuPada resensi sebuah buku yang baik harus bersifat informatif dengan memberikan penilaian yang nantinya akan dipertimbangkan pembaca untuk lanjut membaca buku tersebut atau tidak. Dan tentunya tujuan utamanya adalah memberikan rangsangan agar pembaca resensi merasa tertarik dengan buku tersebut. Selain itu dengan diberikannya resensi ini akan semakin mempermudah bagi pihak penerbit untuk memperkenalkan buku cetakan terbarunya.

Langsung saja berikut ini beberapa isi pokok resensi yang harus kita ketahui dan pahami sebelum meneruskan membuat sebuah resensi buku.

Identitas buku
identitas buku ini meliputi judul, pengarang, penerbit, tahun dan tempat penerbit, cetakan ke berapa, dan tebal buku, yang biasanya dapat dengan mudah kita lihat di halaman belakang cover buku.

Pembuka resensi
Dimanapun kita menulis baik itu tugas ataupun hanya menulis di blog kita wajib menggunakan paragraf pembuka. Nah, begitu juga dengan menulis resensi kita perlu membuat paragraf pembuka yang bisa berisikan kutipan buku secara keseluruhan atau memperkenalkan riwayat pengarangnya.

Jenis buku
Selanjutnya untuk menulis resensi buku kita harus mengklasifikasikan macam atau jenis buku yang kita resensi. Contohnya seperti buku fiksi atau non fiksi.

Keunggulan buku
Akhirnya kita masuk kebagian utama dari resensi sebuah buku, yakni tentang keunggulan buku. Keunggulan buku ini dapat dilihat dari berbagai sudut pandang seperti.

  1. Isi buku, berupa paparan dan rincian buku yang disertai kesimpulan umum.
  2. Bahasa, penilaian segi bahasa ini dilihat dari struktur kalimat, hubungan antar kalimat, hubungan antar paragraf dan pemilihan kata atau diksi.
  3. Organisasi buku, meliputi kerangka buku dan hubungan antar bagian di dalamnya sehingga terlihat padu padan dan pengembangan alur di dalamnya.

Kelemahan buku
Walaupun tujuan awal adalah mempromosikan buku namun dalam meresensi buku kita harus jujur mengenaik kelemahan yang dimiliki oleh buku tersebut. Kelemahan buku ini dapat berupa kondisi fisik dan pembahasan yang tidak sistematis atau tidak terorganisasi dengan baik.

Nilai buku
Dan terakhir kita akan memberikan nilai pada buku yang kita resensi. Buku yang kita resensi ini dapat dinilai dari latar belakang buku dan sasaran utama penulisan buku tersebut. Untuk semakin mempertegas penilaian yang kita berikan buku tersebut kita dapat membandingkan dengan karya buku lainnya

Bagaimana sudah siapkah anda untuk menulis resensi sebuah buku?


Pernah menuliskan salah satunya?

cara menulis resensi (16), menulis resensi buku (13), cara menulis resensi buku (4), urutan penulisan resensi (3), cara penulisan resensi buku (3), menulis paragraf resensi buku (2), cara menentukan paragraf resensi (2), cara menulis resensi dan contohnya (2), struktur resensi buku yang benar (2), struktur penulisan resensi (2), cara penulisan resensi (2), bagaimanah cara yg baik untuk menulis rangkuman buku (2), bagaimana cara nenukis resensi (2), cara menulis resensi paragraf (1), cara mwnwntukan paragraf resensi (1), cara menyusun paragraf resensi (1), cara menentukan resensi (1), bagaimana cara penulisan resensi buku (1), cara membuat paragraf resensi (1), cara membuat paragraf resensi buku (1), cara membuat resensi (1), cara membuat resensi buju (1), cara membuat resensi buku#spf=1 (1), cara membuat resensi yg benara dan baik (1), cara menentukan paragraf resensi pada buku (1), 

Leave a Reply