Bersahabat dengan Angka-Angka

Bersahabat dengan Angka-Angka. Kali ini artikel tentang matematikanya agak berbeda iya. Well, sepertinya artikel tentang matematika yang seperti inilah yang cocok dijadikan obat untuk pasien pobia matematika. Mungkin sebagian dari kita banyak yang merasa kesulitan untuk menalar hitungan maupun olahan angka. Saya katakan “merasa.” Atau mungkin kita sudah mempunyai rasa suka dan LOA, tetapi banyak melakukan kesalahan dalam mengolah angka, kemudian kita merasa tidak berbakat dalam bidang ini. Saya katakan “merasa.” Dan terdapatlah banyak kesimpulan bahwa anda dan angka-angka itu mempunyai takdir hubungan yang jelek dan tidak mungkin bisa menguasainya. Tanggapan saya, pertama, jangan pernah benci kepada sesuatu yang kalau memang Anda ingin menguasainya apalagi Anda memerlukannya. Kedua, you are not alone.

Memang sih kebanyakan orang tidak mau berteman dengan angka karena mereka mempunyai cerita masa lalu yang tidak baik dengan angka. Boleh jadi salah satunya mereka ketinggalan sebuah topik yang penting ketika di Sekolah. Paling banter orang sudah hadir di Sekolah tapi tetap saja saat mempelajarinya dia tidak mengerti. Apalagi kalau ada orang pernah mendapatkan sebuah perlakuan yang membuatnya hina dan malu karena tidak bisa menguasainya, bukan tidak mungkin orang itu akan menjauhi yang namanya angka-angka.

Jadi, jelaslah sudah. Selain bakat, yang membuat kita dapat berteman baik dengan angka itu adalah sikap kita sendiri! Bahkan yang berbakat saja jika tidak diasah juga bisa pudar kan? Maka dari itu, untuk Anda yang ingin segera membuat sebuah pertemanan dengan angka-angka. Ubahlah pandangan Anda terhadap angka-angka. Ada banyak sikap dan perlakukan orang-orang yang suka dengan angka yang mungkin bisa Anda tiru. Iyah, pertama-tama tiru saja dulu sikap mereka. Kalau dikatakan itu hanyalah sikap palsu kita , biar saja. Toh kebanyakan yang asli itu juga terbentuk dari sebuah kepalsuan. Iya toh?

Dan inilah dia, salah satu sikap orang-orang yang suka angka terhadap angka adalah merasa bahwa angka itu menantang! Mereka tidak pernah mengabaikan angka. Ketika mereka selesai belanja dan mendapatkan kertas bill, mereka memperhatikan seluruh angka-angka dengan baik-baik. Bila mereka merasa bingung, mereka tetap setia untuk memperhatikannya sekali lagi. Bahkan, ketika mereka berada di depan internet, mereka memanfaatkan kesempatan itu untuk menguatkan hubungan dengan angka, misalnya tata cara pengolahan angka yang berbau matematika. Ketika mereka mencari teman, mereka mencari teman yang suka dengan angka juga. Ketika diajak berbicara, mereka juga tidak lepas dari yang namanya angka. Seolah-olah mereka mengenakan kaca mata kuda terhadap bidang yang ada angkanya itu. Intinya, jangan abaikan angka. Karena angka bisa memberikan banyak data yang sangat berguna.

perkalian cepat angka 9

Kemudian, awali hubungan kita dengan angka-angka. Pastikan kita sudah menyukainya. Salah satu cara agar kita dan angka bisa saling menyukai, carilah cara mudah untuk mengolah angka. Misalnya seperti teknik vedic dan cara cepat perkalian 9, 99, 999,  dst. yang pernah saya paparkan sebelumnya. Contoh teknik yang cukup sederhana lainnya adalah teknik mencari angka 10. Misalnya, dalam soal 6 + 4 + 7, coba temukanlah angka 10 dari penjumlahan tersebut. Caranya, Anda dapat menjumlahkan 6 dan 4 untuk menciptakan angka 10. Kemudian tinggal mengambahkan angka 7 dan jadilah 17. Inti dari teknik mencari angka 10 ini adalah iya cari saja dua bilangan yang jika dikombinasikan bisa menjadi sepuluh, contohnya 1 dan 9, 2 dan 8, 3 dan 7, 4 dan 6, dan si sekembar 5.

Kalau begitu, coba ayo sekarang latihan menjawab soal berikut dengan menggunakan teknik mencari angka 10:

7 + 5 + 1 + 5 + 3 = …

8 + 2 + 6 + 4 + 10 = …

18 + 2 + 6 + 14 = …

33 + 24 + 7 + 6 = …

56 + 24 + 16 + 4 = …

Mudah bukan? Nah, kemudian ada lagi satu cara yang asyik. Yaitu perkenalkan angka dengan imajinasi! kaitkanlah angka dengan data rutin Anda yang berupa angka. Misalnya nomor Handphone, tanggal deadline, halaman novel, chapter manga. Kaitkanlah angka dengan perisitiwanya! Kemudian ada cara mengimajinasikan angka yang lainnya. Yaitu dengan membayangkan angka menjad huruf. Kemudian dari huruf itu kita bisa merangkai kata-kata. Karena memang otak manusia lebih mudah mengingat kata-kata daripada angka-angka. Namun akan sungguh luar biasa bila kita bisa mempunyai banyak teman, iya kan?

Salah satu cara mudah berteman dengan angka adalah dengan cara menggantinya menjadi huruf. Kita bisa menukar suatu angka menjadi huruf apa saja selama masih relevan dengan kita. Misalnya, kita menukar angka menjadi huruf konsonan pada suka kata kedua suatu huruf. Misalnya, perhatikan gambar berikut :

berhitung menyenangkan

Berikut penjelasan lebih detailnya :

0 = ko-Song
1 = sa-Tu
2 = Du-a (dua hanya memiliki satu huruf konsonan)
3 = ti-Ga
4 = em-Pat
5 = li-Ma
6 = e-Nam
7 = tu-Juh
8 = de-La-pan
9 = sem-Bi-lan

Saatnya kita mempraktekannya. Pertama, siapkan dulu angka yang ingin dijadikan teman. Misalnya, nomor HP, nomor telepon, tanggal ulang tahun, tanggal suatu peristiwa, dan lain sebagainya. Misalnya kita ambil suatu plat nomor motor si Dani dan nomor telepon Rumah si Dani. 2104 kita ubah menjadi DTSP dan 4165923 kita ubah menjadi PTNMBDG. Lalu, kita bentuklah sebuah cerita dari huruf-huruf tadi, misalnya kita bisa memasukkan huruf vokal. DTSP menjadi DuiT SaPi dan PTNMBDG menjadi PanTaNg MemBohongi DiaGram. Kemudian kita bayangkanlah si Dani mengendarai motornya setelah mencuri DuiT dari kandang SaPi dan kita bayangkan kita sedang bertelepon dengan si Dani, kemudian si Dani menghasut kita untuk mengotak-ngatik data diagram, kemudian kita menasehatinya bahwa PanTaNg hukumnya MemBohongi DiaGram. Asyik kan? Jika semakin aneh perubahanannya maka akan semakin kuatlah hubungan Anda dengan angka tersebut. Anda bisa saja lebih mahir dalam melilih kata agar menjadi lebih sederhana dan sreg.

Kemudian, banyak orang juga mengganti angka menjadi huruf berdasarkan bentuk fisik angka tersebut. Seperti pada tabel berikut :

berhitung menyenangkan

Berikut penjelasan lebih detailnya :

angka 0 bila dibelah akan jadi mirip huruf D
angka 1 yang tegak mirip huruf T yang tegak
angka 2 mirip huruf N yang diputar
angka 3 juga mirip huruf M yang diputar
angka 4 mirip huruf P bila dicerminkan
angka 5 mirip huruf S
angka 6 mirip huruf B kecil (b)
angka 7 mirip huruf J terbalik
angka 8 mirip huruf H bila di kalkulator
angka 9 mirp huruf G kecil (g)

Dan masih banyak lagi cara orang-orang mengganti angka menjadi huruf yang relevan sesuai selera mereka. Hanya saja 2 teknik inilah yang cukup populer. Dari sini saja kita berangkat maka tidak mungkin tidak bahwa kita dan angka menjadi teman yang baik! Mari bersama kita kuatkan dan tingkatkan hubungan kita dengan angka-angka lebih hebat lagi! 3, 2, 1, Ready-Go!


Pernah menuliskan salah satunya?

angka jijadikan huruf (1), angka yang mirip huruf (1), gambar angka 06 kata2 (1), mengotak ngatik plat nomor (1), 

Leave a Reply