Tentang Kompetensi Sosial Guru (pendahuluan)

Peningkatan mutu pendidikan merupakan tanggung jawab semua pihak. Namun peranan guru sangatlah besar di dalamnya. Guru merupakan pihak yang terlibat langsung dari proses kegiatan belajar mengajar dan membuatnya menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan pendidikan. Tidak heran jika profesi guru memiliki banyak tuntutan baik tuntutan dari dalam maupun tuntutan dari luar.

Setidaknya ada 3 kewajiban dari seorang pendidik dan tenaga kependidikan berdasarkan UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas Pasal 40 Ayat 2, yakni sebagai berikut:
1.    Menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis, dan dialogis;
2.    Mempunyai komitmen secara profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan; dan
3.    Memberi teladan dan menjaga nama baik lembaga, profesi, dan kedudukan sesuai dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya.

Pada poin ketiga secara tidak langsung dapat kita lihat jika seorang guru itu dituntut secara profesional untuk meningkatkan mutu pendidikan. Mutu pendidikan yang dimaksud bukan hanya perbaikan mutu dari dalam melainkan juga mutu dari luar. Oleh karenanya guru dituntut bukan hanya profesional dalam mengajar saja melainkan juga guru dituntut untuk bisa membangun hubungan yang harmonis dengan masyarakat sekitar. Tidak mungkin proses pendidikan akan berhasil dan memberikan hasil SDM yang berkualitas jika tidak mendapatkan dukungan dari masyarakat.

Dalam membangun hubungan yang harmonis ini memerlukan kemampuan guru dalam bergaul dan berkomunikasi dengan masyarakat atau biasa disebut kompetensi sosial. Kompetensi sosial ini merupakan salah satu kompetensi yang mejadi syarat agar seorang guru dapat dikatakan guru yang profesional. Seperti yang dijelaskan dalam Standar Nasional Pendidikan pasal 28 ayat (3) butir d, kompetensi sosial adala kemampuan guru sebagai bagian dari masyarakat untuk berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik, dan masyarakat sekitar. Oleh karenanya untuk melabeli dirinya sebagai seorang guru yang profesional maka guru tersebut tidak akan bisa tanpa menjalankan kompetensi sosialnya.

Ilmu pengetahuan memang sangat penting dalam proses pedidikan. Namun proses transfer ilmu pengetahuan ini tidak akan bisa berjalan lancar jika guru tidak memiliki kecerdasan sosial. Karena dengan kecerdasan sosial inilah yang akan menentukan seorang guru dapat diterima atau tidak bukan hanya oleh siswa di sekolah tapi juga oleh masyarakat sekitar. Kecerdasan sosial guru akan mempengaruhi tingkat kepercayaan masyarakat sekitar untuk percaya atau tidak dengan proses pendidikan yang ada.

<tugas akhir mata kuliah Profesi Kependidikan>


Pernah menuliskan salah satunya?

kompetensi sosial (86), kompetensi pedagogik guru (11), KOMPOTENSI SOSIAL (9), kemampuan sosial guru (7), kompetensi sosial guru sd (6), kompetensi sosial adalah (5), jurnal mengenai kompetensi sosial guru (4), makalah kompetensi sosial guru (3), jurnal pendidkan kompetensi sosial guru (3), kompetensisosial guru (3), kopetensi sosial (3), kompetensi guru sosial (3), contoh makalah kompetensi sosial guru (3), 7kompetensi sosial seorang guru (3), kompetensi sosial seorang guru (2), peningkatan kompetensi mengajar guru sebagai penentu keberhasilan kegiatan belajar mengajar (2), makalah tentang kompetensi sosial (2), makalah tentang kompetensi sosial guru (2), ayat alqurqn yang menjelaskan tentang kompetensi sosial guru (2), dimensi kompotensi sosial (2), kompentensi sosial (2), artikel tentang profesi kependidikan di indonesia (2), sosial guru (2), artikel kompetensi pedagogik guru (2), proposal pendahuluan kompetensi guru (2), 

Tentang Kompetensi Sosial Guru (pendahuluan) was last modified: June 4th, 2012 by inoputro

Artikel Terkait Tentang Kompetensi Sosial Guru (pendahuluan)

Pentingnya Pendidikan Usia Dini

Pentingnya Pendidikan Usia Dini

Pentingnya Pendidikan Usia Dini. Apa pentingnya pendidikan usia dini?

Buka Usaha PAUD yuk!

Buka Usaha PAUD yuk!

Buka Usaha PAUD yuk! – siputro.com. Indonesia kini telah semakin

Persyaratan Pendaftaran Program S2 dan S3 UPI

Persyaratan Pendaftaran Program S2 dan S3 UPI

inoputro(dot)com, Persyaratan Pendaftaran Program S2 dan S3 UPI. Masih

Contoh RPP Berkarakter Terbaru (PPKn)

Contoh RPP Berkarakter Terbaru (PPKn)

Alhamdulillah akhirnya semester genap sudah menemukan ujungnya. Kali ini

Add Your Comment