Peran Penting Guru dalam Masyarakat (Kompetensi Sosial Guru)

Peran Penting Guru dalam Masyarakat. Posisi strategis yang dimiliki guru ini (seperti yang dijelaskan di artikel sebelumnya, Dadio Gurune Jagad) tidak serta merta menjadikannya sebagai tokoh yang harus dihormati saja. Guru harus menggunakan posisinya untuk membangun sumber daya muda dari masyarakat agar memiliki pengetahuan dan kompetensi untuk bersaing nantinya di dalam kehidupan bermasyarakat, khususnya pengetahuan moralitas, sosial, budaya, dan ekonomi kerakyatan. Karenanya guru memiliki beberapa peran penting di tengah masyarakat, antara lain:

1.    Pendidik
Seorang guru bukan hanya mendidik anak didiknya di sekolah namun seorang guru juga harus memberikan pendidikan umum kepada masyarakat sekitarnya agar apa yang diajarkan kepada siswanya dapat disambut baik dan juga dipahami secara umum oleh masyarakat sekitar. Hal ini penting untuk meningkatkan rasa percaya masyarakat pada kemampuan seorang guru.

2.    Penggerak Potensi
Seorang guru yang dianggap sebagai tokoh penting dalam masyarakat harus menggunakan posisi strategisnya untuk melihat bagaimana potensi yang dimiliki masyarakat sekitarnya. Terlebih jika guru tersebut berada di lingkungan yang minim SDM terpelajarnya. Karena dengan mampunya seorang guru menilik potensi masyarakatnya ini akan menjadi modal penting bagi pendidikan di daerah tersebut karena dapat digunakan sebagai arah tujuan kemana peserta didik ini akan diarahkan.

3.    Pengatur Irama
Dianalogikan seperti seorang komposer yang membangun musik dari berbagai alat musik yang ada. Tanpa adanya seorang komposer bisa dipastikan dengan banyaknya jenis alat musik yang ada tidak akan menghasilkan nada yang diinginkan. Begitu pula fungsi guru dalam masyarakat sebagai pengatur irama. Seorang guru harus mampu mengajak masyarakat yang heterogen untuk melakukan fungsi masyarakatnya dalam hidup berbangsa dan bernegara. Karena tidak semua masyarakat tahu bagaimana hak dan kewajibannya.

4.    Penengah Konflik
Masyarakat yang heterogen atau terdiri dari berbagai macam etnis budaya yang berbeda biasanya akan memiliki tingkat ego yang berbeda. Masalah akan muncul ketika ego di sini bertentangan dan konflik baru. Disinilah peran guru sebagi pengah konflik yaitu mampu mencari solusi dari permasalahan yang ada dengan kepala dingin, mengedepankan akal dan hati dari pada nafsu amarah, mengutamakan pendekatan psikologi persuasif daripada emosional oportunis sanagat dinantikan demi tercapainya kerukunan warga.

5.    Pemimpin kultural
Peran-peran diatas dengan sendirinya menempatkan seoarang gurusebagai pemimpin yang lahir dan muncul dari bawah secara alami, bakat, potensi, aktualisasi, dan kontribusi besarnya dalam pemberdayaan potensi masyarakat. Seorang guru lebih enjoy bersama rakyat yang bebas dari kepentingan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.


Pernah menuliskan salah satunya?

peran guru di masyarakat (149), peran guru dalam masyarakat (122), peranan guru dalam masyarakat (93), peranan guru di masyarakat (22), peran guru terhadap masyarakat (17), peran guru bagi masyarakat (13), PERAN GURU DIMASYARAKAT (11), peran guru dalam kehidupan bermasyarakat (11), peran penting (10), makalah peran guru dalam masyarakat (8), https://www siputro com/2012/06/peran-penting-guru-dalam-masyarakat/ (8), peran penting guru dalam masyarakat (7), peran penting guru (7), peranan penting guru di tengah masyarakat (7), peranan sosial guru dalam masyarakat (7), peran guru ditengah masyarakat (7), fungsi guru di masyarakat (6), peranan guru di sekolah dan di masyarakat (5), fungsi guru dalam masyarakat (5), peran penting guru ditengah masyarakat (5), peran guru dalam kehidupan masyarakat (5), peranan guru dan masyarakat (4), kewajiban guru terhadap masyarakat (4), peran guru dlm masyarakat (4), manfaat guru dalam masyarakat (4), 

3 Responses to “Peran Penting Guru dalam Masyarakat (Kompetensi Sosial Guru)”
  1. kontraktor bangunan 22/06/2012
  2. iklan internet 18/06/2012
  3. said 17/06/2012

Leave a Reply