Berikan fakta Bukan realita (Pendidikan Karakter)

Mungkin kita telah banyak mendengar orang mengatakan bahwa pendidikan berkarakter merupakan suatu elemen yang sangat penting dalam mencetak generasi baru yang dapat merubah Indonesia. Tentu saja ini merupakan hal yang bagus apabila benar teori akan terwujudnya generasi yang lebih baik dengan suskesnya pendidikan karakter dapat benar-benar membuahkan hasil. Teori dengan mudah dapat dipatahkan apabila tidak semua orang memiliki pikiran yang sama.

Adapun dengan terwujudnya generasi muda berkarakter tetap akan menemui masalah dan mungkin mempunyai resiko yang cukup tinggi untuk hancur apabila generasi terdahulu memberikan banyak pengaruh buruk dan tidak dapat menjadi teladan yang baik. Seharusnya pendidikan karakter tidak hanya diajarkan ke generasi muda saja, generasi-generasi yang lebih dulu ada juga seharusnya diingatkan kembali akan hal ini.

Telah banyak contoh yang membuktikan bahwa generasi terdahulu belum bisa memberikan contoh yang baik untuk generasi selanjutnya. Pada akhirnya, tidak peduli seberapa banyak pendidikan karakter yang diberikan, pada saatnya akan terombang-ambing dan bahkan hancur karena kebobrokan generasi terdahulu. Tentu saja berteori dan berkomentar itu sangat mudah, tetapi akan sangatlah sulit dalam rangka merealisasikan hal tersebut.

Salah satu cara terbaik untuk memulai perubahan adalah dengan memulai perubahan dari diri sendiri dan lingkungan sekitar. Yang mana akan memulai reaksi berantai yang walau pelan namun pasti akan merubah wajah Indonesia yang mulai banyak terkenal akan kebobrokannya. Sebagai orang tua, kita harus memberikan anak kita pendidikan berkarakter bukan hanya dengan menyerahkan sepenuhnya tanggung jawab tersebut ke pihak sekolah, kita juga harus mengasah hal itu dengan cara memberikan contoh kongkret dan juga selalu mengingatkan anak-anak kita akan pentingnya memegang teguh pendidikan berkarakter yang mereka dapatkan di sekolah.

Dengan begitu, tidak peduli sebobrok apapun bangsa kita saat ini, kita bisa dengan yakin mengatakan kalau anak-anak kita akan dapat merubahnya. Salah satu pendidikan karakter yang dapat kita ajarkan pada anak-anak kita adalah dengan mengambil langkah kongkret seperti contoh mengurus sendiri surat izin mengemudi dan tidak menggunakan jalan pintas. Mungkin benar bahwa sebuah sistem yang ‘kurang bagus’ dapat melahirkan beberapa peluang untuk melakukan kecurangan yang seringkali dapat memberikan kemudahan pada diri kita dan orang lain.

Dengan menahan diri untuk tidak mengambil jalan pintas yang lebih mudah, kita bisa mengajarkan sesuatu yang berharga pada anak kita dan membimbing mereka untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Penting juga untuk menanamkan sikap berani dan pantang mundur apabila tidak melakukan kesalahan untuk menghindari kemungkinan akan goyahnya pendirian anak-anak kita di masa depan nanti, disaat kebobrokan dari generasi sebelumnya mulai merasa terancam akan karakter anak-anak kita dan berusaha untuk menghancurkan karakter yang mengancam  mereka.

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.


Pernah menuliskan salah satunya?

beda realitas dan realita (1), bedanya fakta bukan realita (1), bedanya realita dan fakta (1), contoh fakta dan realitas yang mudah (1), ini bukan realita (1), perbedaan faktan dan realita (1), realita fakta (1), 

Leave a Reply