RPP Pendidikan Karakter

RPP Pendidikan Karakter. Pendidikan merupakan kunci dari awal kesuksesan sebuah bangsa dalam mengisi kemerdekaan. Termasuklah di Indonesia, pendidikan diharapkan dapat menciptakan sumber daya manusia yang dapat berguna dan bersaing dengan dunia kerja, sesuai dengan tujuan awal pendidikan Indonesia. Seperti yang tertuang dalam UU No. 20 Tahun 2003 Pasal 3 tentang Sisdiknas.

Tujuan Pendidikan nasional, yaitu bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, dan bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, serta berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.

Namun sayangnya semakin banyaknya terjadi krisis moral di dalam masyarakat membuat pendidikan seolah-olah dikambing-hitamkan. Pendidikan dianggap sebagai akar dari semua permasalahan yang ada saat ini. Banyak yang mulai menyadari ternyata hanya sedikit hasil belajar dari pendidikan kita yang memiliki moral yang baik. Kurangnya penanaman nilai-nilai kebaikan menjadi salah satu penyebabnya dan pendidikan karakter lah yang akhirnya mulai di dengungkan.

Sebagai akibatnya kini pendidikan dituntut mampu menanamkan karakter bagi peserta didik. Mulai diawalai dari jenjang pendidikan dasar hingga ke jenjang pendidikan selanjutnya. Pendidikan berkarakter dapat diselipkan atau dimasukkan disemua pelajaran. Pendidikan ini adalah mengenai bagaimana seseorang dapat memiliki akhlak yang baik, serta mampu mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya (baca artikel kami lainnya, Pendidikan Berkarakter di Usia Dini).

Dalam praktiknya sebagai seorang guru kita harus menanamkan pendidikan karakter ini di dalam rancangan pelaksanaan pembelajaran atau RPP. Sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan RPP biasa namun pada RPP berkarakter ini dijabarkan nilai-nilai yang terkandung di dalam proses KBM atau kegiatan belajar mengajar. Salah satu yang berbeda di dalam RPP berkarakter adalah adanya penjabaran berupa eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi di dalam langkah-langkah kegiatan mengajar. Untuk membangun sebuah RPP berkarakter mungkin anda perlu melihat artikel kami tentang format RPP berkarakter atau bisa juga melihat contoh RPP PPKn saya sebagai referensi.

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat RPP SD Berkarakter dan download RPP SD Berkarakter.

*update: silahkan lihat RPP SMP Berkarakter.


Pernah menuliskan salah satunya?

rpp pendidikan karakter (28), rpp pendidikan berkarakter (23), karakter dalam rpp (7), nilai karakter dalam rpp (6), contoh rpp pendidikan berkarakter (4), contoh rpp pendidikan karakter (3), contoh rencana pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter (1), rpp pendidikan karakter bangsa jenbjang smp (1), rpp pendidikan karakter kelas rendah (1), rpptentang pendidikan karakter (1), RPP pendidikan adalah (1), rpp krisis moral dan etika dunia pendidikan di tuntut membangun karakter bangsa (1), pendidikan karakter dan ham (1), pendidikan & rpp (1), nilai karakter bangsa pada rencana pelaksanaan pembelajaran (1), nilai karakter bangsa dalam rpp (1), karakter yang terdapat dalam RPP (1), definisi nilai yang terdapat dalam RPP berkarakter (1), unsur-unsur yang harus ada dalam rpp berkarakter (1), 

RPP Pendidikan Karakter was last modified: May 7th, 2012 by inoputro

Artikel Terkait RPP Pendidikan Karakter

RPP kelas IV SD (RPP SD Berkarakter 2)

RPP kelas IV SD (RPP SD Berkarakter 2)

Sebagai lanjutan dari postingan sebelumnya, RPP SD Berkarakter, kali

RPP Kelas VI SD (RPP SD Berkarakter 4)

RPP Kelas VI SD (RPP SD Berkarakter 4)

Kali ini saya akan kembali melanjutkan artikel saya tentang

Sekilas Tentang Program Magister PKn UPI

Sekilas Tentang Program Magister PKn UPI

Sebagai mahasiswa PPKn/ FKIP Unsri, sudah sewajarnya saya juga

Menerapkan Budaya Disiplin pada Generasi Muda di Lembaga Formal

Menerapkan Budaya Disiplin pada Generasi Muda di Lembaga For

inoputro(dot)com, menerapkan budaya disiplin pada generasi muda di lembaga

Add Your Comment