Cara Memberikan Pendidikan Pada Anak Usia Dini

Cara Memberikan Pendidikan Pada Anak Usia Dini. Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, dunia pun menjadi semakin berubah, entah menjadi lebih baik ataupun sebaliknya. Alangkah bijak bila kita sebagai orang tua juga semakin menyadari arti pentingnya pendidikan. Di zaman  yang serba moderen seperti sekarang, manusia dituntut untuk selalu berfikir dan berkarya. Jika tidak, ia akan tergerus oleh seleksi alam. Oleh karena itu, pendidikan usia dini sangat dibutuhkan untuk membentuk anak – anak kita menjadi pribadi yang selalu berfikir dan berkarya (baca artikel kami, pentingnya pendidikan anak usia dini). Semakin dini usia anak diperkenalkan kepada pendidikan, semakin panjang masa ia untuk berkembang. Seiring dengan perkembangannya tersebut, kepribadian anak juga akan terbentuk. Seorang anak yang mendapatkan pendidikan usia dini akan menjadi pribadi yang mandiri dan unggul.

Banyak cara atau metode yang bisa kita gunakan dalam memberikan pendidikan usia dini bagi anak – anak. Keberagaman cara atau metode tersebut terjadi karena beberapa faktor, antara lain tujuan pembelajaran yang berbeda, latar belakang dan kemampuan yang berbeda, sifat, orientasi dan kepribadian serta kemampuan yang berbeda, faktor situasi dan kondisi saat proses pendidikan, termasuk faktor geografis, serta fasilitas pengajaran yang bermacam – macam. Namun, faktor – faktor tersebut bukanlah suatu hambatan bagi anak untuk mengenal pendidikan usia dini. Banyak cara memberikan pendidikan pada anak usia dini yang bisa dilakukan oleh orang tua ataupun tempat – tempat pendidikan anak lainnya agar belajar menjadi terasa menyenangkan dan mudah dipahami oleh anak – anak.

Salah satu cara atau metode yang sering digunakan dalam proses pembelajaran adalah metode bermain. Bermain merupakan hal yang paling menyenangkan bagi anak – anak. Bahkan, orang dewasapun suka bermain, namun dengan cara yang berbeda. Bagi orang dewasa, bermain dapat menghilangkan kejenuhan serta beban pikiran dengan cepat. Dengan bermain, otak kita akan menjadi tenang, sehingga kita akan menjadi segar kembali. Bagi anak – anak, bermain juga merupakan hal yang sangat menyenangkan. Tidak ada satu haripun dimana mereka berhenti bermain. Sama seperti pada orang dewasa, saat anak – anak bermain, otaknya berada dalam kondisi yang tenang. Inilah waktu yang tepat bagi pendidik untuk melakukan proses pembelajaran. Sambil bermain, mereka diberikan pengenalan tentang hewan, angka, huruf, dan lain – lain. Dalam kondisi ini, mereka akan lebih mudah menerima dan menangkap apa yang dimaksud oleh guru.

Jenis permainannya juga harus diarahkan karena jika tidak, mereka akan melakukan apa saja yang mereka mau dan tidak akan mempedulikan proses belajar – mengajar. Namun, sebagai orang tua dan guru, kita tidak boleh menyuruh apa yang harus si anak lakukan atau permainan apa yang hari ini harus dilakukan. Tanyakan apa yang si anak ingin lakukan untuk hari ini. Jika anak – anak ingin berlarian, anda bisa mengajarkan nama – nama anggota tubuh, seperti kaki yang membantunya untuk berlari, paru – paru, dan lain – lain. Dengan demikian, pendidikan usia dini dapat berjalan dengan baik. (baca juga artikel kami lainnya, Pendidikan Anak Usia Dini di TPA).

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.


Pernah menuliskan salah satunya?

cara belajar anak usia dini (10), cara mengajar pendidikan berkarakter pada anak paud (6), metode pembelajaran paud pendidikan (5), cara mengajar anak paud (5), pendidikan pada anak usia dini (4), metode pendidikan anak usia dini (4), pembelajaran pada anak usia sma atau smk (4), jenis-jenis metode pembelajaran anak usia dini (4), SOLUSI BELAJAR DI usia tua (3), cara belajar pendidikan anak usia dini (3), jenis-jenis metode pembelajaran untuk anak usia dini (3), artikel mengenai proses pembelajaran terhadap anak (3), proses pembelajaran di paud (3), pembinaan usia dini (3), macam-macam model pembelajaran anak usia dini (3), cara mengajar paud yang menyenangkan (2), metodologi pendidikan karakter pada pembelajaran paud (2), pembelajaran pada anak usia dini (2), pembelajaran untuk anak usia dini (2), jurnal cara membuat game pendidikan berkarakter (2), etika dan karakter pendidik paud (2), proses belajar mengajar guru terhadap anak usia dini (2), pendidikan anak pada usia dini (2), metodepembelajaran anak paud terbaru (2), makalah cara mengajar anak paud (2), 

Cara Memberikan Pendidikan Pada Anak Usia Dini was last modified: May 3rd, 2012 by inoputro

Artikel Terkait Cara Memberikan Pendidikan Pada Anak Usia Dini

Pentingnya Pendidikan Usia Dini

Pentingnya Pendidikan Usia Dini

Pentingnya Pendidikan Usia Dini. Apa pentingnya pendidikan usia dini?

Model Konsep Kurikulum Subjek Akademis

Model Konsep Kurikulum Subjek Akademis

Model Konsep Kurikulum Subjek Akademis. Seperti yang telah saya

S2 PKn UPI Cita-Cita Ku

S2 PKn UPI Cita-Cita Ku

inoputro(dot)com, s2 PKn UPI cita-cita ku. Berada di semester

Uji Kompetensi Guru

Uji Kompetensi Guru

Pendidikan dianggap sebagai bagian vital dari sebuah negara karena

2 Responses to “Cara Memberikan Pendidikan Pada Anak Usia Dini”

  1. Posted by ampuh
  2. Posted by mujarap

Add Your Comment