Pentingnya Pendidikan Usia Dini

Pentingnya Pendidikan Usia Dini. Apa pentingnya pendidikan usia dini? Pertanyaan ini mungkin pernah, secara sadar ataupun tidak, terlontar dari mulut anda. Menurut Profesor Sandralyn Byrnes dari Australia’s & International Teacher of the Year, pendidikan usia dini sangatlah penting untuk mempersiapkan mereka dalam menghadapi masa depan. Pentingnya pendidikan usia dini atau yang lebih dikenal dengan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) adalah karena ini merupakan masa persiapan anak – anak untuk menghadapi masa depannya, atau dalam lingkup yang lebih kecil adalah masa sekolah dasar (baca artikel kami, Tentang Pendidikan Anak Usia Dini). Saat ini, telah banyak sekolah dasar yang meminta murid – muridnya untuk sudah bisa membaca dan berhitung ketika mereka mendaftar. Saat TK, kebanyakan dari mereka sudah diajari kemampuan – kemampuan tersebut meskipun kurang mendalam.

[…] Anak – anak memang masih belum bisa berfikir dengan sempurna, berbeda dengan orang dewasa. Mereka masih butuh bimbingan dan panduan dalam mengolah setiap hal yang mereka terima. […]

Selain kemampuan – kemampuan diatas, pada masa TK, mereka juga telah sedikit banyak belajar tentang cara bersosialisasi, bahkan problem solving. Mereka mempelajari semua kemampuan tersebut melalui permainan karena ketika sedang bermain, kondisi anak dalam keadaan tenang, sehingga pelajaran yang diberikan dapat lebih mudah diserap oleh mereka.

Seiring dengan perkembangan zaman, dunia semakin maju dan tentu saja sebagai orang tua, anda tidak ingin putra – putri anda menjadi pribadi yang tidak mandiri, bahkan lamban dalam menerima sesuatu. Oleh karena itu, pendidikan usia dini sangatlah penting. Ibarat sebuah mobil, seorang anak yang pernah menerima pendidikan usia dini sama dengan sebuah mobil dengan bensin penuh yang siap melaju di segala medan; dimanapun ia berada, ia akan mudah untuk beradaptasi. Sedangkan, seorang anak yang belum pernah menerima pendidikan usia dini akan lamban dalam berfikir dan menerima sesuatu. Mereka juga akan lamban dalam beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Ibarat sebuah mobil, anak ini adalah sebuah mobil dengan bensin tipis (tidak penuh). Mobil tidak akan dapat berjalan leluasa di segala medan jika tidak memiliki bensin yang cukup.

Selain berguna untuk mempersiapkan diri mereka dalam menghadapi masa depan, pentingnya pendidikan pada usia dini juga memberikan pengalaman – pengalaman yang dapat dijadikan guru yang bijak bagi mereka. Pengalaman yang dimaksud tidak hanya mencakup tentang bagaimana mereka berhitung dengan menggunakan mainan, namun lebih dari itu, pengalaman mengajarkan mereka untuk lebih mengenal diri mereka sendiri, kemampuan dan kekurangan mereka, serta orang lain. Sehingga, akan timbul suatu keinginan untuk berpikir dan belajar, meskipun masih dalam taraf yang rendah.

Anak – anak memang masih belum bisa berfikir dengan sempurna, berbeda dengan orang dewasa. Mereka masih butuh bimbingan dan panduan dalam mengolah setiap hal yang mereka terima. Namun, mereka memiliki kemampuan mengingat yang luar biasa. Mereka akan mengingat hal – hal yang mereka pikir penting dan yang pasti menyenangkan dalam ingatan mereka. Hal – hal yang dianggap kecil ini bisa menjadi hal yang nantinya akan sangat berpengaruh pada proses mereka berfikir dan berkembang.

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.


Pernah menuliskan salah satunya?

pentingnya pendidikan (51), pentingnya pendidikan usia dini (33), pentingnya pendidikan anak usia dini (23), artikel tentang pendidikan usia dini (12), contoh makalah pentingnya pendidikan anak usia dini (10), makalah pentingnya pendidikan usia dini (4), makalah pentingnya pendidikan paud (4), artikel makalah pendidikan usia dini (3), contoh makalah pentingnya pendidikan usia dini (3), contoh artikel tentang pendidikan anak usia dini (2), contoh makalah pendidikan pancasila sebagai usia dini (2), makalah pendidikan usia dini (2), makalah pentingnya pendidikan diusia dini (2), contoh artikel pendidikan anak usia dini (2), artikel contoh makalah pendidikan anak usia dini (2), pendidikan karakter pada anak usia dini (2), artikel pentingnya pendidikan diusia dini (2), perlunya pendidikan usia dini (2), artikel pentingnya pendidikan usia dini (2), makalah pentingnya pendidikan sejak dini (1), materi tentang pentingnya pendidikan usia dini (1), makalah pentingnya pendidikan pada usia dini (1), makalah pentingnya bahasa inggris untuk anak usia dini (1), pentingnya pendidikan pancasila di sekolah (1), pentingnya pendidikan anak usia dini menurut para ahli (1), 

Pentingnya Pendidikan Usia Dini was last modified: April 5th, 2012 by inoputro

Artikel Terkait Pentingnya Pendidikan Usia Dini

Pemikiran Awal dalam Persiapan Pembelajaran (part 2)

Pemikiran Awal dalam Persiapan Pembelajaran (part 2)

Artikel lanjutan … <<= Pemikiran Awal dalam Persiapan Pembelajaran

Macam-macam Metode Pembelajaran (part 2)

Macam-macam Metode Pembelajaran (part 2)

Artikel Macam-macam Metode pembelajaran (part 2) ini adalah lanjutan

Pendidikan Anak Usia Dini di TPA

Pendidikan Anak Usia Dini di TPA

Pendidikan Anak Usia Dini di TPA. Kita tidak dapat

Metode Pembelajaran Mutakhir

Metode Pembelajaran Mutakhir

Metode Pembelajaran Mutakhir. Belajar atau pembelajaran adalah merupakan sebuah

Add Your Comment