Pendidikan Karakter Membentuk Moral Indonesia

Pendidikan Karakter Membentuk Moral Indonesia. Apa pendapat anda tentang kasus korupsi, tindak asusila, dan kriminalitas yang terjadi akhir – akhir ini? Bagi saya, fakta tersebut sangat menyayat hati karena hal tersebut terjadi di Indonesia, negara saya. Bagi orang yang masih memiliki rasa cinta kepada tanah air Indonesia, mereka pun pasti memiliki perasaan yang sama. Fakta – fakta tersebut menunjukkan bahwa masih banyak penduduk di Indonesia yang belum berkarakter. Korupsi, tindak asusila bukan merupakan karakter.

[…] jika jiwanya telah terisi dengan karakter – karakter yang baik, maka dengan sendirinya akan timbul dalam diri seorang anak untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya. […]

pendidikan karakter
sumber: upi.edu

Fakta – fakta diatas juga menunjukkan bahwa pendidikan karakter sangat dibutuhkan oleh penduduk Indonesia guna membentuk moral dan akhlak yang baik. Pendidikan karakter tidak hanya diperlukan di rumah dan sekolah saja, tetapi juga di lingkungan sosial. Bahkan, fakta tersebut juga menunjukkan bahwa pendidikan berkarakter tidak hanya ditujukan kepada anak usia dini (baca artikel kami, Pendidikan Berkarakter sejak Dini), namun orang dewasapun butuh pendidikan ini. Pernahkah anda membayangkan apa yang akan terjadi 10 tahun mendatang di Indonesia jika generasi penerus bangsa masih tidak berkarakter? Bagaimana kondisi Indonesia nantinya? Hal ini tidak boleh terus dibiarkan. Pendidikan karakter harus diberikan kepada semua orang atau penduduk di Indonesia.

Namun, mengapa harus pendidikan berkarakter? Pertanyaan ini mungkin akan terlintas dalam benak anda. Karakter adalah salah satu jalan untuk individu mencapai atau memperoleh keberhasilan dalam hidupnya. Ini bukanlah satu – satunya jalan. Ini adalah salah satu dari sekian banyak jalan atau cara agar kita atau tiap individu dapat meraih keberhasilan. Pendidikan karakter lebih banyak berpusat pada pendidikan jiwa dan mental. Sedangkan, pendidikan yang sistematis atau matematis lebih berpusat pada pendidikan otak. Jika jiwa atau mental seseorang terganggu, maka ia tidak akan dapat menyerap pendidikan sistematis atau matematis. Namun, jika jiwanya telah terisi dengan karakter – karakter yang baik, maka dengan sendirinya akan timbul dalam diri seorang anak untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Kesalahan pendidikan pada anak memang bukanlah sepenuhnya ada pada orang tua. Namun, jika dari kecil seseorang sudah dibekali dengan pendidikan ini, maka kecil kemungkinan akan terjadi penyimpangan dan pelanggaran hukum seperti yang terjadi sekarang ini. Perlu disadari bahwa setiap anak memang telah memiliki karakter sendiri sejak kecil. Namun, karakter yang dimiliki seseorang sewaktu masih kanak – kanak sangatlah rentan dan tidak bertanggung jawab.

Anak – anak hanya menginginkan kesenangan karena begitulah anak – anak. Disinilah peran orang tua atau orang terdekat dalam membentuk atau mengarahkan karakter tersebut menjadi lebih baik. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, begitu juga dengan membentuk sebuah karakter seseorang, terlebih jika masih dalam masa kanak-kanak. Anak – anak cenderung akan meniru apa yang ia lihat dan ketahui. Untuk itu, pemberian contoh nyata dalam memberikan pendidikan ini juga sangat penting (baca artikel kami, Pentingnya Pendidikan Usia Dini).

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.


Pernah menuliskan salah satunya?

pendidikan karakter di indonesia (42), artikel pendidikan moral (35), pendidikan berkarakter di indonesia (12), 

3 Responses to “Pendidikan Karakter Membentuk Moral Indonesia”
  1. zoro 18/07/2012
  2. CahNdeso 10/04/2012

Leave a Reply