Pendidikan Anak Usia Dini di TPA

Pendidikan Anak Usia Dini di TPA. Kita tidak dapat memungkiri bahwa pendidikan anak usia dini merupakan salah satu hal penting yang sebaiknya dipenuhi oleh para orang tua terhadap anak – anaknya (baca artikel kami, Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini). Namun, seiring dengan berkembangnya zaman, banyak orang tua yang sudah tidak dapat lagi menemani dan memberikan pendidikan usia dini kepada anak – anak mereka. Hal ini dikarenakan mereka memiliki kesibukan lain diluar. Tidak hanya ayah, tetapi juga ibu – ibu rumah tangga, kini memiliki rutinitas di luar rumah, misalnya bekerja yang menyebabkan mereka harus menghabiskan lebih banyak waktu di luar rumah daripada di dalam rumah.

Tempat Penitipan Anak (TPA) adalah salah satu cara agar anak anda tetap mendapatkan pendidikan anak usia dini. Mengapa TPA? TPA bukanlah sekedar gedung tempat penitipan anak dimana kebutuhan makan dan mandi adalah prioritas utama mereka.

Kegiatan ini, secara tidak langsung, dapat berdampak besar bagi perkembangan si anak. Mereka yang tadinya mulai memiliki rasa keingintahuan yang tinggi menjadi turun karena tidak ada seseorang yang menemani dan menjawab pertanyaan – pertanyaan mereka. Akibatnya, anak – anak merasa seperti disingkirkan dan tidak diperhatikan. Perilaku seperti ini dapat memicu anak untuk lebih gemar mengurung diri karena mereka pikir orang lain akan bersikap sama seperti ketidakhadiran orang tua mereka.

Mereka adalah anak – anak yang masih membutuhkan suatu bimbingan dan pedoman. Mereka masih belum mampu berfikir mana yang baik dan mana yang buruk. Mereka hanya akan berfikir bagaimana mereka bisa senang. Jika hal ini tidak segera diarahkan, kemampuan sosialisasi mereka tidak akan berkembang. Mereka tidak akan pernah tahu apa arti berbagi. Bagaimana mungkin mereka akan tumbuh menjadi pribadi yang unggul, jika tidak memiliki kemampuan dan persiapan untuk menjadi unggul? Itulah pertanyaan yang seharusnya kita pahami dan maknai.

Semua hal ini memang bukan sepenuhnya kesalahan orang tua mereka. Mereka mungkin tidak ingin melewatkan masa – masa pendidikan usia dini anak – anak mereka, namun keadaan membuatnya demikian. Untuk menghidupi keluarga, mereka berdua harus bekerja. Hal yang berikut ini mungkin bukanlah solusi yang sangat tepat, namun bisa menjadi salah satu cara agar putra – putri anda tetap dapat mendapatkan pendidikan usia dini ( baca artikel kami, Tentang Pendidikan Anak Usia Dini).

Tempat Penitipan Anak (TPA) adalah salah satu cara agar anak anda tetap mendapatkan pendidikan anak usia dini. Mengapa TPA? TPA bukanlah sekedar gedung tempat penitipan anak dimana kebutuhan makan dan mandi adalah prioritas utama mereka. Tempat ini lebih edukatif karena bekerja sama dengan guru – guru yang berpengalaman. Di beberapa tempat penitipan anak yang Islami bahkan mengajari anak – anak untuk membaca Al –Qur’an serta maknanya dengan bahasa yang mudah dimengerti.

Saat ini telah banyak TPA yang dibuka untuk membantu orang tua yang tidak memiliki cukup waktu dalam memberikan pendidikan usia dini. Mereka dapat dengan mudah menitipkan putra – putri mereka di sana. Namun, anda juga harus berhati – hati dalam memilih TPA karena tidak semuanya memiliki kredibilitas yang baik dalam hal pendidikan. Bagaimanapun juga, tidak dapat dipungkiri bahwa orang tua tetap menjadi guru yang paling utama bagi anak – anak mereka.

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.


Pernah menuliskan salah satunya?

artikel pendidikan anak usia dini (14), artikel tpa (14), pengertian taman penitipan anak (10), peralatan mandi anak usia dini (2), CARA MENJADI GURU TPA (1), hasil skripsi tempat penitipan anak (1), pelajaran TPA anak usia dini (1), taman penitipan anak yang ada di prabumulih (1), 

One Response to “Pendidikan Anak Usia Dini di TPA”
  1. Rumahku Daycare 30/09/2012

Leave a Reply