siputro.com

Model Konsep Kurikulum Subjek Akademis

Model Konsep Kurikulum Subjek Akademis. Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya (baca artikel kami, Model Konsep Kurikulum) kurikulum subjek akademis adalah model konsep kurikulum yang sangat mengutamakan isi. Jika anda mengingat kembali masa saat anda berada di pendidikan sekolah (SD, SMP, dan SMA), anda pasti akan sangat paham dengan model konsep kurikulum ini karena dianggap paling praktis. Pada saat itu hampir 90% (pengalaman pribadi) guru-guru yang ada hanya memprioritaskan penguasaan materi sebanyak-banyaknya. Tidak heran jika model konsep kurikulum ini merupakan yang tertua dibandingkan dengan model konsep kurikulum lainnya.

Ada 4 klasifikasi model konsep kurikulum (Sukmadinata, 2005:84), yaitu sebagai berikut:

Correlated curriculum

Kurikulum ini dapat dianalogikan seperti sebuah sistem konstruksi sebuah katrol dimana terdapat mata rantai yang saling menopang satu sama lainnya. Yang dimaksud disini adalah konsentrasi dan korelasi antara suatu mata pelajaran dengan mata pelajaran lain, tanpa menghilangkan perbedaan esensial antara satu mata pelajaran dengan yang lainnya.

Sebagai contoh seperti mata pelajaran bahasa Indonesia dimana kita diajarkan bagaimana tata cara pembuatan karya ilmiah. Selanjutnya kompetensi kita dalam membuat karya ilmiah akan kita gunakan dalam mata pelajaran biologi ketika membuat sebuah karya ilmiah. Dengan kata lain correlated curriculum ini disusun sedemikian rupa agar saling berkaitan dan mendukung antara satu mata pelajaran dengan mata pelajaran yang lainnya.

 

Concentrated Curriculum

Concentrated curriculum adalah kurikulum yang mengutamakan pengaplikasian disiplin ilmu. Dalam pelaksanaanya pembelajaran disusun berdasarkan tema tertentu. Setelah tema yang tepat dipilih kemudian akan dikaji berdasarkan disiplin ilmu mata pelajaran yang ada. Contoh, jika tema yang dipilih adalah tentang politik, kemudian tema ini akan dibahas atau dikaji dari berbagai disiplin ilmu seperti matematika, sosial, bahasa, dan sain.

 

Integrated Curriculum

Hampir sama dengan kurikulum sebelumnya kurikulum ini memperlihatkan warna disiplin ilmu. Bahan ajar diintegrasikan atau disusun sedemikian rupa menjadi satu keseluruhan yang kemudian dibagi dalam bentuk satuan unit yang didalamnya terdapat hubungan antara pelajaran yang satu dengan yang lainnya, termasuk juga dengan kegiatan siswa. Inti dari yang diajarkan adalah siswa harus dapat memenuhi kebutuhan hidup dalam masyarakatnya.

Adapun ciri-ciri kurikulum integrated curriculum ini adalah sebagai berikut (Ahmad, 1993:39):

  1. Unit haruslah merupakan satu kesatuan yang bulat dari keseluruhan bahan ajar.
  2. Unit didasarkan pada kebutuhan anak, baik yang pribadi maupun sosial serta yang bersifat jasmani maupun rohani.
  3. Unit memuat kegiatan yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.
  4. Unit memberikan motivasi sehingga anak dapat berkreasi.
  5. Pelaksanaan unit sering memerlukan waktu yang cukup lama. Hal ini disebabkan percobaan atau perolehan pengalaman yang membutuhkan waktu lama.

 

Problem solving curriculum

Kurikulum ini berisi pemecahan masalah yang ada dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan pengetahuan dan keterampilan dari berbagai disiplin ilmu.
….

Bagaimana cara menyajikan pelajaran dari kurikikulum model subjek akademis? Lihat artikel kami, Cara Menyajikan Pembelajaran Model Konsep Subjek Akademis (coming soon).

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.


Pernah menuliskan salah satunya?

kurikulum subjek akademis (38), kurikulum subjek akademik (20), contoh kurikulum (19), contoh kurikulum subjek akademis (7), model kurikulum subjek akademis (6), konsep kurikulum subyek akademik (5), konsep kurikulum subjek akademis (5), kurikulum subjek akademik berdasarkan disiplin ilmu (4), konsepsi kurikulum (4), contoh correlated curriculum (4), kurikulum integrated (4), Cara Menyajikan Pembelajaran Model Konsep Subjek Akademis (coming soon) (3), pengertian kurikulum subjek akademik (3), konsep urikulum subjek akademik and Makalah (3), pengertian kurikulum subjek akademis (3), perbedaan esensial antara model kurikulum (3), makalah konsepsi kurikulum (3), makalah kurikulum subjek akadmis pdf (3), kurikulum subjek akademik disiplin ilmu (3), model konsep kurikulum akademik (3), sabjek kurikulum (3), sumber kurikulum akademis (3), makalah model konsep kurikulum subjek akademik (3), contoh model konsep kurikulum (2), makalah kurikulim subjek akademik (2), 

author siputro.com
Rino Saputro, S.Pd

"Hidup itu kegagalan, kegagalan mendeskripsikan kehidupan akan membawa hidup selalu dalam kegagalan"