Tentang Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pernahkah kamu sadari bahwa pendidikan adalah salah satu hal yang sangat penting dalam hidup kita? Pendidikan adalah salah satu hal yang dapat menentukan kualitas diri, bahkan hidup seseorang. Selain itu, pendidikan juga dapat mempengaruhi kepribadian seseorang. Pendidikan anak usia dini atau PAUD memiliki peranan penting untuk membentuk kepribadian yang dimiliki seorang anak karena, pada dasarnya, dasar kepribadian seorang anak mulai terlihat ketika ia masih anak – anak. Pendidikan memang bukan jaminan bagi seseorang untuk mendapatkan penghidupan yang layak, namun lebih dari itu, pendidikan mengajarkan seseorang untuk mengerti dan memahami bagaimana memaknai dan menjalani suatu kehidupan. Oleh karena itu, pendidikan anak usia dini sangat diperlukan (baca juga: Buka Usaha PAUD yuk!).

[…] Jika sejak kecil seorang anak mendapatkan pendidikan, mereka akan senantiasa terlatih untuk fokus dan bertanggung jawab pada apa yang sedang dan sudah ia lakukan. Mereka dapat lebih mudah mengembangkan potensi dirinya karena mereka telah terlatih untuk berfikir. […]

PAUDPada masa kanak – kanak, pendidikan berada di tangan orang tua mereka masing – masing. Merekalah yang, secara tidak langsung, membentuk karakter anak. Oleh karena itu, orang tua harus selalu berhati – hati dalam mengarahkan kegemaran anak atau membentuk kepribadian anak . Pada dasarnya, setiap anak memiliki kepribadian masing – masing. Hanya saja, kepribadian tersebut terkadang bersifat negatif. Untuk itu, orang tua harus selalu berhati – hati dalam mengarahkan dan membimbingnya.

Pendidikan anak usia dini yang diberikan oleh orang tua kepada anak – anaknya merupakan salah satu yang terpenting, karena hal tersebut bisa menjadi dasar mereka dalam berpijak dan melangkah. Oleh karena itu, hal – hal yang diajarkan oleh orang tua haruslah yang baik. Begitu pentingnya pendidikan anak usia dini oleh orang tua membuat beberapa orang beranggapan bahwa keberhasilan orang tua dalam mendidik anak ditunjukkan dengan bagaimana kehidupan anaknya (baca artikel kami, pentingnya pendidikan pada usia dini. Jika anak tersebut berhasil dalam menjalani kehidupannya, maka orang tua dianggap berhasil dalam mendidik anak, begitu pula sebaliknya, jika seorang anak gagal dalam menjalani kehidupannya, maka orang tua dianggap telah gagal dalam mendidiknya. Bahkan, mereka juga dianggap sebagai orang yang bertanggung jawab pada kehidupan si anak.

Jika diantara kalian ada yang menganggap pendidikan anak usia dini adalah hal yang aneh, maka kalian salah besar. Pendidikan ini mampu mendorong anak untuk mengoptimalkan kecerdasannya diberbagai bidang. Mereka tidak hanya akan pandai dalam hal matematis, namun juga sosial. Jika sejak kecil seorang anak mendapatkan pendidikan, mereka akan senantiasa terlatih untuk fokus dan bertanggung jawab pada apa yang sedang dan sudah ia lakukan. Mereka dapat lebih mudah mengembangkan potensi dirinya karena mereka telah terlatih untuk berfikir.

Namun, pendidikan anak usia dini bukanlah suatu hal yang dapat diajarkan secara langsung dengan perkataan. Anak akan lebih dapat memahami apa yang dimaksud melalui perbuatan. Oleh karena itu, waktu bermain juga merupakan hal (yang) sangat penting. Jangan mengabaikan waktu bermain karena disanalah anak – anak akan lebih dapat berkembang, sehingga orang tua tahu tentang apa potensi dan bakat yang dimiliki oleh anaknya, serta bagaimana meningkatkan dan mengarahkannya menjadi lebih baik, menuju SDM yang berkarakter tentunya dengan menggunakan pendidikan berkarakter.

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.


Pernah menuliskan salah satunya?

pendidikan anak usia dini (24), pendidikan usia dini (14), artikel bahasa inggris tentang pendidikan anak usia dini (2), artikel tentang pentingnya bahasa inggris untuk paud (2), apa yang dimaksud dengan usia dini (1), artikel tentang pendidikan anak usia dini dalam berbahasa inggris (1), 

2 Responses to “Tentang Pendidikan Anak Usia Dini”
  1. tribuana 05/04/2012
    • inoputro 10/04/2012

Leave a Reply