Macam-macam Media Pembelajaran (part 2)

Artikel Macam-macam Media Pembelajaran ini adalah lanjutan dari =>> Media pembelajaran

 

Postingan kali ini akan membahas tentang macam-macam media pembelajaran. Banyak ahli yang menggolongkan jenis-jenis media pembelajaran ini. Bisa anda lihat di macam-macam media pembelajaran menurut para ahli (coming soon). Namun secara umum terdapat 4 jenis media pembelajaran yakni:

  1. Media visual (grafik, diagram, chart, bagan, poster, karikatur, dll)
  2. Media Audio/audial (radio, tape recorder, lab bahasa, walkman, dll)
  3. Projected still media atau media proyeksi ( OHP, proyektor, in foccus, dll)
  4. Projected motion media atau audio visual (TV, komputer, film, vcd, dll)

(saya berbaik sangka sobat semua sudah mengenali media-media di atas)

Dalam penggunaannya “dulu” banyak guru cenderung banyak menggunakan media visual saja, yang populer biasanya mengandalkan media papan tulis. Dengan semakin berkembangnya zaman kini kita telah banyak merasakan berbagai macam media pembelajaran meskipun hanya menggunakan OHP (over head projector). Namun terkadang yang jadi masalah adalah seorang guru yang memaksakan menggunakan media pembelajaran yang sama sekali tidak relevan digunakan terhadap suatu bidang studi. Contohnya penggunaan media radio sebagai alat bantu salah satu bidang studi matematika, tentu sangat tidak relevan.

Kriteria yang perlu diperhatikan adalah tingkat efektifitas penggunaan media terhadap tujuan atau kompetesi yang akan dicapai. Berikut beberapa acuan penggunaan media pembelajaran secara umum:

  1. Media visual, cocok diguanakan untuk mata pelajaran dengan kompetesi memahami. Contoh studi masalah.
  2. Media audio, cocok digunakan untuk mata pelajaran dengan kompetensi menghapal. Contoh kesenian musik dan tes bahasa inggris.
  3. Media proyeksi, cocok digunakan untuk mata pelajaran dengan kompetensi pemahaman sistematis yang lebih kompleks. Contoh menyajikan langkah-langkah yang lebih detil.
  4. Media audio visual, cocok digunakan untuk mata pelajaran dengan kompetensi motorik. Contoh penyajian film dan video tentang peristiwa-peristiwa penting.

Akan tetapi dalam pelaksanaannya tidak harus seperti acuan di atas. Karena dengan perkembangan IPTEK saat ini sangat memungkinkan kita untuk menggunakan lebih dari satu media. Dengan harapan saling melengkapi satu sama lain. Contohnya penggunaan komputer. Dengan komputer kita dapat menyatukan seluruh jenis media menjadi satu. Tentunya kombinasi dipilih dengan pertimbangan efektifitas tujuan atau kompetensi awal. Dan yang sangat penting adalah sesuaikan dimana anda mengajar. Karena memang guru itu dituntut menjadi pribadi yang kreatif.
<to be continued>


Pernah menuliskan salah satunya?

macam-macam media pembelajaran (1961), jenis-jenis media pembelajaran (498), macam macam media pembelajaran (321), macam media pembelajaran (306), macam-macam media (210), jenis jenis media pembelajaran (188), jenis-jenis media (103), macam macam media (71), jenis media pembelajaran (70), macam - macam media pembelajaran (68), jenis - jenis media pembelajaran (33), macam-macam media pembelajaran bahasa inggris (26), jenis-jenis media pembelajaran menurut para ahli (24), macam- macam media pembelajaran (21), macam2 media pembelajaran (21), jenis media pembelajaran bahasa inggris (21), macam media (20), jenis-jenis pembelajaran (19), jenis media pembelajaran menurut para ahli (19), contoh media pembelajaran bahasa inggris (19), macam-macam media audio visual (18), jenis jenis media (18), macam-macam media pembelajaran bahasa indonesia (18), macam-macam media pengajaran (17), contoh media pembelajaran (16), 

Macam-macam Media Pembelajaran (part 2) was last modified: March 4th, 2012 by inoputro

Gallery of Macam-macam Media Pembelajaran (part 2)