Metode Team Games Tournament (part 3)

Artikel Metode Team Games Tournament (metode TGT) ini adalah lanjutan dari =>> Macam-macam Metode Pembelajaran part 1Macam-macam Metode Pembelajaran part 2 dan Metode Pembelajaran Mutakhir

Metode Team Games Tournament (Metode TGT)

Metode pembelajaran team games tournamen atau metode TGT merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang mudah dan sangat relevan diterapkan. Relevan karena metode pembelajaran ini melibatkan keaktifan seluruh siswa tanpa adanya pembedaan status dengan mengimplementasikan unsur permainan dan reinforcement. Dalam metode ini siswa berperan sebagai tutor sebaya.

Ada 5 komponen utama dalam TGT, yakni sbb:

Penyajian Kelas

Pada awal pembelajaran guru menyampaikan pengantar berupa penyajian materi baik belajar secara langsung, metode ceramah, atau diskusi yang dipimpin oleh guru. Di sini tugas siswa adalah memperhatikan secara seksama karena pemahaman pada komponen ini akan mempengaruhi kinerja siswa saat bekerja secara kelompok dan saat melakukan game (skor game mempengaruhi skor kelompok).

Kelompok (group/team)

Guru bertugas membagi seluruh siswa beberapa kelompok dengan beranggotakan 4-5 siswa setiap kelompoknya. Pembagian diusahakan dilakukan secara merata dan heterogen baik secara prestasi, ras dan jenis kelamin dengan maksud agar pembahasan materi lebih efisien dan optimal.

Permainan (game)

Permainan yang dilakukan merupakan permainan sederhana yang dirancang untuk menguji pengalaman yang di dapat siswa setelah melakukan proses belajar atau diskusi kelompok.

Permainan sederhana yang dilakukan bisa seperti konsep Numbered Heads Together (lihat penjelasannya di ‘sini‘)


Pernah menuliskan salah satunya?

metode team games tournament (18), team games tournament (11), metode team games (3), metode pembelajaran teams games tournament (1), metode tiem games tournament (1), 

3 Responses to “Metode Team Games Tournament (part 3)”
  1. marilan 12/03/2012
    • inoputro 13/03/2012
  2. arif pri 23/02/2012

Leave a Reply