siputro.com

Home » Pendidikan Indonesia » Metode Pembelajaran Mutakhir

pasang iklan murah

Metode Pembelajaran Mutakhir

February 4th, 2012 Admin 2106 Views 1 Comment

Metode Pembelajaran Mutakhir. Belajar atau pembelajaran adalah merupakan sebuah kegiatan yang wajib kita lakukan dan kita berikan kepada anak-anak kita. Karena ia merupakan kunci sukses untuk menggapai masa depan yang cerah, mempersiapkan generasi bangsa dengan wawasan ilmu pengetahuan yang tinggi. Yang pada akhirnya akan berguna bagi bangsa, negara, agama. Melihat peran yang begitu vital, maka menerapkan metode yang efektif dan efisien adalah sebuah keharusan. Dengan harapan proses belajar mengajar akan berjalan menyenangkan tidak membosankan.

Oleh karenanya sebagai guru kita harus dapat memfasilitasi kegiatan pembelajaran agar lebih mudah di terima dan suai saji. Tak perlu serumit dulu, saat ini banyak sekali metode pembelajaran modern atau mutakhir yang dapat dengan mudah kita contoh dan terapkan dalam proses KBM (kegiatan belajar mengajar).

Berikut beberapa metode pembelajaran mutakhir yang dapat kita contoh:

Metode debat

Metode debat adalah metode pembelajaran yang mengharuskan kita, sebagai guru, untuk mempersiapkan materi ajar yang telah dipilih dan disusun sedemikian rupa hingga menjadi paket pro dan kontra. Metode debat ini sangat baik digunakan untuk meningkatkan kemampuan akademik siswa.

Contoh pengaplikasian:

  1. Siswa di bagi menjadi beberapa kelompok yang tiap kelompok beranggotakan 4 orang.
  2. Dalam tiap kelompok siswa akan melakukan debat dengan 2 siswa pro dan 2 siswa kontra (2+2=??,, ’4′, betul ^-^).
  3. Topik yang diperdebatkan adalah materi yang telah dipersiapkan sebelumnya oleh guru.
  4. Setelah perdebatan selesai sesuai waktu yang ditentukan tugas siswa selanjutnya adalah membuat laporan masing-masing pihak, pro dan kontra tentang topik yang diberikan.
  5. Selanjutnya tugas guru adalah mengevaluasi bagaimana tingkat penguasaan materi ajar yang terkait dengan topik yang diperdebatkan.
  6. Selain itu guru juga dapat mengevaluasi tingkat keaktifan siswa dalam debat yang akan menunjukkan seberapa efektif penggunaan metode debat ini.

Metode Role Playing

Metode role playing merupakan metode pembelajaran yang bertujuan menumbuhkan penguasaan bahan ajar dengan pengembangan penghayatan dan imajinasi siswa. Metode role playing ini dilakukan dengan cara siswa memerankan sebuah tokoh baik itu benda hidup maupun benda mati. Metode pembelajaran yang umumnya tidak bisa hanya mengandalkan satu siswa (tergantung apa yang diperankan) ini memiliki banyak kelebihan, diantaranya:

  1. Siswa bebas berkarya dan berkreasi sesuai tema bahan ajar yang diberikan
  2. Konsep permainan mudah dicari dan disesuaikan dengan kondisi lingkungan dan waktu yang ada.
  3. Permainan menimbulkan kesan pengalaman tersendiri bagi siswa yang akan membantu mempertahankan konsep bahan ajar yang diberikan.
  4. Guru dapat dengan mudah mengevaluasi tingkat pemahaman siswa ketika melakukan permainan.

Metode Problem Solving (pemecahan masalah)

Metode problem solving merupakan metode pembelajaran yang membantu menumbuhkan pemahaman tentang materi ajar dengan menghadapi dan memecahkan suatu permasalahan baik itu masalah pribadi ataupun kelompok yang nantinya dapat dipecahkan secara individu maupun bersama-sama.

Sasaran pembelajarannya adalah pengaplikasian materi ajar yang diberikan untuk memecahkan masalah yang ada.

Adapun beberapa kelebihan dari metode ini adalah:

  1. Menumbuhkan kreatifitas siswa.
  2. Melatih siswa untuk berkarya sendiri atau membuat penemuan sendiri.
  3. Membantu siswa berpikir secara realistis dalam menghadapi permasalahan.
  4. Mendorong siswa untuk melakukan identifikasi dan penyelidikan.
  5. Menafsirkan dan mengevaluasi hasil pengamatan.
  6. Merangsang pemikiran siwa untuk mencari solusi yang tepat terhadap suatu masalah.
  7. Dapat membuat pendidikan Indonesia semakin relevan dengan kebutuhan masyarakat yang ada khususnya dalam dunia kerja.

Namun bukan berarti metode problem solving ini tidak memiliki kekurangan. Terdapat beberapa kelemahan pada metode problem solving ini, yakni:

  1. Tidak semua bahan ajar dapat diaplikasikan dalam metode ini. Termasuk terbatasnya alat-alat pendukung yang akan menghambat siswa dalam melakukan identifikasi.
  2. Memerlukan alokasi waktu yang lebih panjang karena memerlukan banyak kegiatan untuk mendapatkan kesimpulan dari pemecahan masalah suatu topik.

<update>

metode pembelajaran lanjutan:

=>> Macam-Macam Metode Pembelajaran


Pernah menuliskan salah satunya?

metode mengajar (55), metode pembelajaran modern (35), metode pembelajaran debat (19), metode pembelajaran mutakhir (15), metode belajar mengajar (9), macam-macam metode pembelajaran modern (8), model pembelajaran modern (7), contoh metode debat (6), metode pembelajaran adalah (6), metode ajar (5), macam macam metode pembelajaran modern (5), pengertian metode debat (5), konsep pembelajaran modern (5), model pembelajaran debat (5), pembelajaran mutakhir (4), 10 metode pembelajaran yang menyenangkan (4), metode pembelajaran berbasis masalah (4), materi teknik mengajar (4), metode pembelajaran modren (4), pengertian metode pembelajaran mutakhir (3), konsep dan macam metode pengajaran (3), contoh rpp pkn metode debat (3), macam-macam model pembelajaran modern (3), konsep pembelajaran (3), contoh rpp pkn sma dengan metode pembelajaran debat (3), 

Anda baru saja membaca Metode Pembelajaran Mutakhir. Artikel ini ditulis di dalam kategori Pendidikan Indonesia. Anda bebas mengshare artikel ini, namun gunakanlah etika yang baik dengan tetap menuliskan sumber link artikel Metode Pembelajaran Mutakhir ini.
Daftarkan email anda untuk berlangganan artikel kami:
Jangan lupa konfirmasi via email, ya!

Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia

Artikel lain:

One Response to “Metode Pembelajaran Mutakhir”

  1. menarik sekali sahabat, memang kita harus melatih dan menumbuhkembangkan anak agar kreatif.

Trackbacks/Pingbacks

 

Leave a Reply to this Post

= 5+3 [required]

Pasang Iklan, SEO Jaguars, Jaguar 2, Fair Gadget, Yoetama, Terapi Diabetes, Dana Usaha

Cerpen Sobat
  • Menara Angin

    cerpen menara angin

    [...] Kami nggak mentingin pertemuan sebagai alasan buat ngehambat hubungan ini, yang jelas kami cocok satu sama lain. Di saat kelulusan nanti waktu yang tepat. [...]

  • Zee’s Hand Diary

    nikah lo pikir mudah

    [...] Ini diaryku kisah tentang hidupku kisah nyataku. Tak peduli sebesar apa ketidaksukaan orang lain bagiku cemo’ohan mereka, penyemangat kebangkitanku. [...]

  • Kesuma Bunda (Ibuku Pahlawanku)

    nikah lo pikir mudah

    [...] Bunda nggak nyangka anakku sendiri bahkan tak bisa bersikap baik padaku. Mungkin ini memang salah Bunda yang nggak pernah menceritakan semuanya padamu [...]

  • Ku Hampir Kuncup

    ku hampir kuncup

    [...] “Oh, tidak. Ya Allah apakah sekeras ini cobaan yang Engkau berikan?” Rintihku mrnyesakkan dada, hingga rasanya aku tak sanggup untuk bernafas. [...]

  • Nikah??? Lo pikir Gampang!!

    nikah lo pikir mudah

    [...] Mungkin bener kata orang-orang tua, Rona pamali waktu ngambil barang hujan deres banget dan saat akan dibawa ke rumah Randy di malah nangis dan noleh [...]

sejarawan.com
jokam palembang
pasang iklan baris