Media Pembelajaran (part 1)

Media Pembelajaran. Media secara harfiah berarti perantara (dapat disebut juga pengantar) dari si sumber kepada si penerima pesan. Dari definisi media tersebut kita dapat mengambil definisi media pembelajaran sebagai segala sesuatu yang dapat memberikan pesan, membantu merangsang pola pikir, merangsang perasaan dan memotivasi siswa/peserta didik untuk melakukan proses pembelajaran. Secara sederhana media pembelajaran dapat kita definisikan sebagai alat bantu guru dalam mengajar.

Untuk memperjelas berikut definisi media pembelajaran menurut beberapa ahli yang dapat saya rangkum.

Definisi Media Pembelajaran menurut ahli:

Degeng (1989)

Media adalah komponen strategi penyampaian yang dapat dimuati pesan yang akan disampaikan kepada pembelajar bisa berupa alat, bahan, dan orang.

Sadiman, dkk (2002)

Media sebagai segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dan pengirim pesan kepada penerima pesan, sehingga dapat merangsang pildran, perasaan, perhatian, dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa, sehingga proses belajar mengajar berlangsung dengan efektif dan efesien sesuai dengan yang diharapkan.

Latuheru (1988)

Media pembelajaran adalah bahan, alat, atau teknik yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan maksud agar proses interaksi komunikasi edukasi antara guru dan siswa dapat berlangsung secara tepat guna dan berdaya guna.

Heinich, Molenda dan Russel (1996)

A medium (plural media) is a channel of communication, example include film, television, diagram, printed materials, computers, and instructors. (Media adalah saluran komunikasi termasuk film, televisi, diagram, materi tercetak, komputer, dan instruktur)

Purnamawati dan Eldarni (2001)

Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sedemikian rupa sehingga terjadi proses belajar.

dan banyak lagi lainnya.

Diatas telah sedikit dijelaskan tentang fungsi media pembelajaran yakni sebagai alat bantu guru dalam mengajar. Namun masih ada fungsi spesifik lain dari penggunaan media pembelajaran.

Berikut fungsi media pembelajaran yang dapat saya rangkum:

Meningkatkan produktifitas pembelajaran
Media pembelajaran dapat meningkatkan efisiensi waktu sehingga sekuruh unit pembelajaran dapat disampaikan secara efektif kapada peserta didik. Selain itu media juga dapat mengurangi beban guru sehingga dapat lebih berkonsentrasi mengembangkan metode pembelajaran yang akan digunakan.

Meningkatkan kemungkinan mengembangkan pribadi baik daru guru maupun siswa
Dengan menggunakan media dalam proses pembelajaran maka akan membantu menghilangkan sistem pembelajaran yang monoton atau tradisional. Selain itu dengan penggunaan media akan semakin memberikan peluang pada peserta didik untuk berkembang sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

Memaparkan unit materi yang lebih ilmiah
Media pembelajaran dapat menyajikan dasar materi pembelajaran yang lebih sistematis tanpa perlu mengeluarkan waktu yang lama (siswa mengamati dengan sedikit penjelasan dari guru).

Meningkatkan mutu pembelajaran
Dengan media pembelajaran guru dapat menyajikan lebih banyak sumber yang berkaitan dengan materi yang diajarkan. Data yang diberikan atau materi yang diberikan juga dapat diberikan lebih lengkap dan jelas, beda tentunya dengan metode ceramah.

Penyajian yang lebih luas
Dengan bantuan media materi yang disajikan bukan hanya mencakup apa yang ada di buku saja. Tetapi memungkinkan guruuntuk  dapat menyajikan informasi yang lebih luas menembus batas geografis. Terlebih jika guru mampu memaksimalkan fungsi internet dalam media pembelajaran.

<update>

=>> Macam-macam media Pembelajaran


Pernah menuliskan salah satunya?

media pembelajaran (927), pengertian media pembelajaran (35), definisi media pembelajaran menurut para ahli (20), pengertian media pembelajaran menurut para ahli (19), media pembelajaran menurut para ahli (18), media pembelajaran adalah (16), definisi media pembelajaran (11), pengertian menembus batas (1), Secara arafa media pembelajaran disebut pengantar atau perantara mengapa (1), 

7 Responses to “Media Pembelajaran (part 1)”
  1. P. Cahyono 01/03/2012
  2. rimobali 28/02/2012
  3. Jejak Puisi 25/02/2012
  4. ARMAN 25/02/2012
  5. Jejaring Kimia 25/02/2012

Leave a Reply