Ino Putro Berganti kulit

Artikel kali ini sedikit membahas tentang blog Ino Putro yang beberapa hari lalu menjadi down karena berganti kulit. Bukan seperti ular yang memiliki siklus pergantian kulit yang berkala, blog ini memerlukan proses manual untuk berganti kulit (ya iyalah :0). Tanpa sengaja beberapa hari lalu saya sedikit merusakkan template inove yang telah lama saya gunakan. Berawal dari footer yang sedikit sulit dikendalikan hingga kesalahan terbesar terjadi, ya saya tidak sengaja menghapus semua settingan custom yang ada. Sangat sulit dibayangkan ketika kita melakukan hal yang tidak semestinya kita lakukan. Terlebih ketika hal tersebut berpengaruh dengan beberapa aspek lainnya.

Berpengaruh terhadap beberapa aspek lainnya? Ya, bukan cuma kepuasan batin saya. Ternyata trouble yang terjadi beberapa hari yang lalu membuat beberapa kerugian pada blog ino putro ini. Mulai dari sulitnya saya mencari template yang pas, karena saya rasa sudah saatnya saya mengganti kulit blog ini untuk mengurangi rasa jenuh. Percaya atau tidak dalam 1 hari saya telah mengganti sedikitnya 10 template dengan menyeting hingga progress 60% 4 template namun semuannya gagal karena masih ada yang mengganjal di pikiran saya. Bahkan template sebelumnya, inove, terasa banyak sekali yang kurang ketika saya mencoba menyetting ulang template tersebut. Mungkin hal ini terjadi karena kepanikan yang saya alami karena saya telah merusakkan semuanya.

Bukan hanya dalam masalah kulit yang berganti, ternyata kerusakan template inove yang saya alami juga berpengaruh terhadap kontes SEO yang saya ikuti. Kontes SEO, Hotel Murah di Semarang via KlikHotel.com, yang tadinya berada di posisi ke-2 harus terelakan terpental ke posisi 5. Sangat disayangkan mengingat waktu yang sudah tidak banyak lagi untuk melakukan optimasi. Satu hari memang sangat berarti ketika kita kehilangan waktu untuk melakukan optimasi SEO.

Karena template yang saya pilih bukanlah template yang telah teroptimasi SEO seperti beberapa template yang ada di themegrade.com dan themepreview.com (termasuk template inove yang saya dapatkan dari themepreview.com), saya harus men-SEO-kan sendiri template yang saya gunakan ini. Mulai dari pemasangan navigasi breadcrumb (masih berantakan), pengaturan letak widget sidebar baik otomatis sampai yang manual, dan beberapa pengaturan tata field di file single.php. Rieuweh pisan euy.

Ternyata kerusakan template yang saya alami ini bukan hanya berpengaruh terhadap blog ini saja. Traffic blog juga menjadi korban dari kerusakan template ini. Visitor harian blog menjadi menurun drastis mungkin karena kurang nyamannya pengunjung dengan keadaan blog yang masih pincang disana sini. Namun saat ini progress perbaikan sudah masuk hingga 85% dan semoga keadaan blog ini kembali seperti semula.

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.

 

Leave a Reply