Revitalisasi Pramuka

inoputro(dot)com, revitalisasi Pramuka.

Untuk merevitalisasi gerakan kepramukaan di Indonesia, pemerintah menugaskan Menteri Negara Pemuda dan Olahrga Andi Mallarangeng untuk mengordinasikan revitalisasi gerakan pramuka. Membangkitkan kembali kepramukaan, agar kegiatan ini menjadi lebih menarik dan menjadi pilihan para remaja.

Revitalisasi ini ditujukan kepada kwartir nasional (kwarnas) dan kwartir cabang (kwarcab). Tak hanya organisasi gerakan kepramukaan, akan tetapi materi pengajaran kepramukaan. “Pramuka menjadi salah satu opsi pendidikan karakter bangsa di luar kelas. Perlu sarana yang menjembatani kwarnas dan kwarcab agar gerakan kepramukaan tidak konservatif melainkan trendi,” ujar Andi Mallarangeng.

Bicara soal trendi, menurut Andi, Pramuka ini nantinya harus diminati bukan hanya kalangan pelajar, tapi juga remaja dan pemuda. “Jadi, bagaimana pramuka ngetren di antara anak-anak muda,” tandas Andi. Menurut Andi, perlu adanya pembenahan di tingkat organisasi dan substansi pengajaran dan program serta penampilan di tingkat Kwarnas maupun kwarcab. Perlu adanya ‘jembatan’ antara generasi tua dan muda yang merepresentasikan agar gerakan pramuka identik dengan kaum muda.

“Mungkin perlu idola atau ikon-ikon pemuda yang berhasil tampil di kepramukaan, selain kegiatan kepramukaan tidak hanya baris berbaris akan tetapi juga menantang seperti rafting atau lainnya,” tambah Andi. Dengan jumlah mencapai 270 ribu gugus depan (gudep), Pramuka perlu diperbaiki dan dioptimalkan, termasuk para pelatih dan kakak-kakak pembinanya.

Menpora mengharapkan revitalisasi Pramuka akan banyak lagi remaja dan pemuda tertarik menjadi anggota Pramuka. Sehingga pembentukan karakter bangsa bisa dilaksanakan. “Pramuka menjadi pilihan pendidikan karakter bangsa di luar kelas yang juga sangat penting,” katanya.

Untuk itulah pemerintah menganggarkan Rp 50 miliar yang ditempatkan di Kwarnas, untuk gerakan revitalisasi ini. (nuansaonline.net)

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.


Pernah menuliskan salah satunya?

@saranaremajamandiri com (10), mail tugasakhir-skripsi com loc:US (1), 

3 Responses to “Revitalisasi Pramuka”
  1. BRI Jakarta Veteran 20/01/2012
  2. Ghara Khinanti 09/01/2012

Leave a Reply