Telaah Cakupan Kelompok Mata Pelajaran PKn dan Kepribadian Part. 2

<<== lanjutan dari Telaah Cakupan Kelompok Mata Pelajaran PKn dan Kepribadian Part. 1

Ditinjau dari:

Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum

1. Prinsip Relevansi

Dilihat dari prinsip relevansi ada keserasian antara tujuan kelompok mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dan kepribadian dengan materi-materi yang diberikan.

Contohnya:

kelompok mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dan kepribadian bertujuan menyiapkan kesadaran peserta didik akan kehidupan bermasyarakat, hal ini relevan dengan salah satu materi yang diberikan yakni penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia dan kemajemukan bangsa.

 

2. Prinsip Fleksibelitas

Materi-materi yang diberikan berdasarkan cakupan kelompok mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dan kepribadian, memenuhi prinsip fleksibelitas karena menekankan materi pelajaran yang sesuai dengan kondisi yang ada.

Contohnya:

Materi kesadaran patriotisme dan nasionalisme yang sesuai dengan keadaan Bangsa Indonesia pada saat ini.

 

3. Prinsip Kontinuitas

Cakupan kelompok mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dan kepribadian tidak secara gamblang dapat terlihat memenuhi prinsip ini akan tetapi dalam dapat dilihat prinsip kontinuitas melalui pengembangan/penerapannya dalam SK-KD tingkat SMP dan SMA.

 

4. Prinsip Efektifitas dan Efisiensi

Cakupan kelompok mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dan kepribadian tidak dapat dilihat prinsip efektifitas dan efisiensinya. Namun prinsip dapat dilihat dari proses KBM di sekolah.


Pernah menuliskan salah satunya?

cakupan materi HAM di Sekolah Dasar (4), CONTOH MAKALAH KEPRIBADIAN PKN SD (3), ARTIKEL - ARTIKEL MENGENAI PELAJARAN PKN (3), deskripsi mapel pkn (3), apakah cakupan dar kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian (3), keadaan sekarang pendidikan kewarganegaraan (3), prinsip-prinsip pengembangan pkn (3), deskripsi tentang mata pelajaran pkn (2), tujuan kelompok mata pelajaran (2), metodologi pembelajaran pendidikan kewarganegaraan tentang kepribadian (2), metode problem terbuka pelajaran pkn sd (2), cangkupan ideologi (2), prinsip-prinsip pengembangan kurikulum mata pelajaran pkn smp (2), cakupan materi dalam pendidikan karakter (2), prinsip-prinsip pengembangan kurikulum mata pelajaran pkn (2), cakupan ideologi menurut para ahli (2), apakah cakupan dari kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian untuk sd (2), telaah sk kd mata pelajaran bahasa indonesia sd (2), artikel PKN dan keadaan indonesia sekarang (2), arti dan cakupan kewarganegaraan (2), makalah tentang prinsip kewarganegaraan (1), materi pkn tentang prinsip-prinsip demokrasi (1), materi pdf telaah bahasa indonesia (1), metode apa yang pas untuk mengajar matapelajaran demokrasi sma (1), materi pkn sd demokratis (1), 

Telaah Cakupan Kelompok Mata Pelajaran PKn dan Kepribadian Part. 2 was last modified: December 26th, 2011 by inoputro

Artikel Terkait Telaah Cakupan Kelompok Mata Pelajaran PKn dan Kepribadian Part. 2

Mengenal Hukum adat dalam kehidupan bemasyarakat

Mengenal Hukum adat dalam kehidupan bemasyarakat

Untuk mengenal hukum adat, perlu diketahui di dalam hukum

Tahap Perkembangan Menurut Erikson-Hurlock

Tahap Perkembangan Menurut Erikson-Hurlock

inoputro(dot)com, tahap perkembangan menurut Erikson dan Hurlock. Hooaahhmmm,, pagi-pagi

Analisis Tingkatan Kurikulum Part. 2

Analisis Tingkatan Kurikulum Part. 2

Perbandingan dengan KTSP SMP <<== lanjutan dari analisis tingkatan

Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia)

Pengertian HAM (Hak Asasi Manusia)

Setiap manusia lahir dengan hak asasi manusia yang melekat

tags:

Add Your Comment