siputro.com

Telaah Cakupan Kelompok Mata Pelajaran PKn dan Kepribadian Part. 2

<<== lanjutan dari Telaah Cakupan Kelompok Mata Pelajaran PKn dan Kepribadian Part. 1

Ditinjau dari:

Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum

1. Prinsip Relevansi

Dilihat dari prinsip relevansi ada keserasian antara tujuan kelompok mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dan kepribadian dengan materi-materi yang diberikan.

Contohnya:

kelompok mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dan kepribadian bertujuan menyiapkan kesadaran peserta didik akan kehidupan bermasyarakat, hal ini relevan dengan salah satu materi yang diberikan yakni penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia dan kemajemukan bangsa.

 

2. Prinsip Fleksibelitas

Materi-materi yang diberikan berdasarkan cakupan kelompok mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dan kepribadian, memenuhi prinsip fleksibelitas karena menekankan materi pelajaran yang sesuai dengan kondisi yang ada.

Contohnya:

Materi kesadaran patriotisme dan nasionalisme yang sesuai dengan keadaan Bangsa Indonesia pada saat ini.

 

3. Prinsip Kontinuitas

Cakupan kelompok mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dan kepribadian tidak secara gamblang dapat terlihat memenuhi prinsip ini akan tetapi dalam dapat dilihat prinsip kontinuitas melalui pengembangan/penerapannya dalam SK-KD tingkat SMP dan SMA.

 

4. Prinsip Efektifitas dan Efisiensi

Cakupan kelompok mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dan kepribadian tidak dapat dilihat prinsip efektifitas dan efisiensinya. Namun prinsip dapat dilihat dari proses KBM di sekolah.


Pernah menuliskan salah satunya?

cakupan materi dalam pendidikan karakter (2), cakupan kelompok mata peajaran (1), cakupan materi pkn untuk sekolah dasar menurut kurikulum 2013 (1), telaah kurikulumpkn (1), telaah pkn kelas 4 sd (1), 

author siputro.com
Rino Saputro, S.Pd

"Hidup itu kegagalan, kegagalan mendeskripsikan kehidupan akan membawa hidup selalu dalam kegagalan"

materi php dan MYSQL
materi teknisi komputer