Telaah Cakupan Kelompok Mata Pelajaran PKn dan Kepribadian Part. 1

Telaah cakupan kelompok mata PKn dan kepribadian SMP/SMA yang tercantum dalam kerangka dasar dan struktur kurikulum pada standar isi.

Sebelumnya kita liht terlebih dahulu cakupan kelompok mata pelajaran pendidikan kewarnegaraan dan kepribadian SMP/SMA yang tercantum dalam KTSP SMA/SMP;

Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status , hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.

Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bernegara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, kegiatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku antikorupsi, kolusi, dan nepotisme.

Ditinjau dari segi:

Landasan-landasan Kurikulum

1. Filosofis

Ada 4 fungsi filsafat dalam pengembangan kurikulum:

#Filsafat menentukan arah dan tujuan pendidikan

Fungsi ini terdapat dalam cakupan kelompok mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dan kepribadian dilihat dari kalimat berikut:

“Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status , hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.”

 

#Filsafat dapat menentukan isi/materi pelajaran yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Fungsi ini terdapat dalam cakupan kelompok mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dan kepribadian dilihat dari kalimat berikut:

“Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bernegara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, kegiatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku antikorupsi, kolusi, dan nepotisme.”

 

#Filsafat menentukan strategi atau cara pencapaian tujuan

Fungsi ini tidak terdapat secara gamblang tapi dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran  yang diberikan sesuai isi/materi pelajaran yang telah ditentukan sebelumnya.

 

#Filsafat dapat ditentukan bagaimana menentukan dan mengukur keberhasilan proses pendidikan.

Fungsi ini tidak terdapat secara gamblang tapi dapat dilihat dari hasil akhir yang di dapatkan dari evaluasi belajar siswa sesuai isi/materi pelajaran yang telah ditentukan sebelumnya.

 

2. Sosiologis

Ditinjau dari segi sosiologis ketercakupan kelompok mata PKn dan kepribadian SMP/SMA dapat dilihat dari kalimat berikut ini:

“Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status , hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.”

Karena sesuai dari landasan sosiologi yang bertujuan mempersiapkan anak didik dalam kehidupan bermasyarakat.

 

3. Psikologis

Ditinjau dari segi psikologis ketercakupan kelompok mata PKn dan kepribadian SMP/SMA tidak dapat dilihat secara gamblang tetapi dapat dilihat dari segi kognitif, afektif, dan psikomotorik sebagai hasil dari pembelajaran materi-materi yang sdiberikan.

 

4. Perkembangan IPTEKS

Ditinjau dari segi perkembangan IPTEKS ketercakupan kelompok mata PKn dan kepribadian SMP/SMA landasan IPTEKS dapat dilihat dari proses pembelajaran dengan pengaplikasian materi-materi ajar yang diberikan dengan ilmu pengetahuan tekhnologi yang ada.


Pernah menuliskan salah satunya?

wawasan materi pkn smp (20), pelajaran PKn (18), manfaat mata pelajaran pkn (15), mata pelajaran pkn (11), mata pelajaran pkn sma (10), cakupan materi pelajaran pkn (1), segi sosiologi dalam pelajaran PKN adalah (1), 

One Response to “Telaah Cakupan Kelompok Mata Pelajaran PKn dan Kepribadian Part. 1”
  1. Campoeng Cmoneng 09/03/2012

Leave a Reply