Analisis Tingkatan Kurikulum Part. 4 (final)

Perbandingan dengan Standar Isi SMA

<<== lanjutan dari analisis tingkatan kurikulum I, analisis tingkatan kurikulum II dan analisis tingkatan kurikulum III

Standar isi SMA menurut kami relevan dengan buku kurikulum yang ditulis oleh W. Kenneth Richmond. Karena sesuai dengan tingkatan kurikulum yang disebutkan, standar isi SMA ini merupakan perwujudan dari tingkat curriculum objectives, yang dapat berupa tujuan kurikuler dan tujuan instruksional.

Perbandingan standar isi SMA di lihat dari anatomi kurikulum

1.      Tujuan

Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

  1. Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan.
  2. Berpartisipasi aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta anti-korupsi.
  3. Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya.
  4. Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung memanfaatkan tekhnologi informasi dan komunikasi.

———————————————————————————————————–

Tujuan ini relevan dengan tingkat curriculum objectives yang ada pada buku kurikulum.

….

curriculum objectives are defined here as the most immediate specific outcomes of classroom instruction. In general, they refer to the everyday business of the operative curriculum, and the degree to which they have been achieved is assessable, at least theoretically, at any given point in time.

Dalam bahasa Indonesia:

tujuan kurikulum didefinisikan di sini sebagai hasil spesifik yang paling langsung dari instruksi kelas. Secara umum, mereka mengacu pada bisnis sehari-hari dari kurikulum operasi, dan sejauh mana mereka telah dicapai adalah wajib pajak, setidaknya secara teoritis, pada suatu titik waktu tertentu.

….

Walaupun sebelumnya belum dibahas tentang KTSP SMA akan tetapi dengan pembahasan-pembahasan sebelumnya dapat diambil kesimpulan jika standar isi SMA ini juga relevan dengan tujuan pendidikan nasional dan buku kurikulum yang ditulis oleh W. Kenneth Richmond.

 

2.      Isi

Dalam standar isi PKn SMA ini materi yang diberikan juga bisa kita lihat melalui SK dan KD. Materi yang diberikan meliputi materi pendidikan kewarganegaraan sesuai dengan KTSP SMA.

Sebagai contoh kami ambil salah satu SK-KD yang terdapat dalam standar isi PKn SMA, kelas XI, semester 1:

SK

1.   Menganalisis budaya politik di Indonesia

KD

1.1 Mendeskripsikan pengertian budaya politik

1.2 Menganalisis tipe-tipe budaya politik yang berkembang

1.3 Mendeskripsikan pentingnya sosialisasi pengembangan budaya politik

1.4 Menampilkan peran serta budaya politik partisipan

———————————————————————————————————–

Hal ini sesuai dengan salah satu wacana yang ada di dalam buku kurikulum dengan judul “Relationship of Aims, Goals, and Objectives” yakni sebagai berikut:

….

in most cases the distance between a curriculum objective and curriculum goal is great, between an objective and an aim, it is enormous.

 

Dalam bahasa Indonesia

dalam kebanyakan kasus jarak antara tujuan kurikulum dan tujuan kurikulum adalah besar, antara tujuan dan tujuan, itu sangat besar.

….

***

Untuk proses dan hasil dapat di lihat dari SK dan KD yang tertulis dalam standar isi PKn SMA tentunya juga relevan dengan KTSP, tujuan pendidikan nasional, dan buku kurikulum yang ditulis oleh W. Kenneth Richmond.

 

Kesimpulan:

 

Kesimpulan yang dapat diambil dari analisis di atas adalah dalam sebuah kurikulum  terdapat sistematika yang saling berkaitan yakni berupa tujuan nasional – KTSP – Standar Isi, sesuai yang dituliskan dalam buku kurikulum yang ditulis oleh W. Kenneth Richmond. Dan tentunya secara teoritis dalam perumusannya relevan dengan buku kurikulum yang ditulis oleh W. Kenneth Richmond.


Pernah menuliskan salah satunya?

analisis kd kurikulum 13 bahasa indonesia sma (1), 

Leave a Reply