siputro.com

Home » Pendidikan Indonesia, PPKn » Analisis Tingkatan Kurikulum Part. 3

pasang iklan murah

Analisis Tingkatan Kurikulum Part. 3

December 18th, 2011 Admin 1083 Views 0 Comments

Perbandingan dengan standar isi SMP

<<== lanjutan dari analisis tingkatan kurikulum I dan analisis tingkatan kurikulum II

Standar isi SMP menurut kami relevan dengan buku kurikulum yang ditulis oleh W. Kenneth Richmond. Karena sesuai dengan tingkatan kurikulum yang disebutkan, standar isi SMP ini merupakan perwujudan dari tingkat curriculum objectives, yang dapat berupa tujuan kurikuler dan tujuan instruksional.

Perbandingan standar isi SMP di lihat dari anatomi kurikulum

1.      Tujuan

Mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

  1. Berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan.
  2. Berpartisipasi aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, serta anti-korupsi.
  3. Berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia agar dapat hidup bersama dengan bangsa-bangsa lainnya.
  4. Berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langsung atau tidak langsung memanfaatkan tekhnologi informasi dan komunikasi.

———————————————————————————————————–

Tujuan ini relevan dengan tingkat curriculum objectives yang ada pada buku kurikulum.

….

curriculum objectives are defined here as the most immediate specific outcomes of classroom instruction. In general, they refer to the everyday business of the operative curriculum, and the degree to which they have been achieved is assessable, at least theoretically, at any given point in time.

Dalam bahasa Indonesia:

tujuan kurikulum didefinisikan di sini sebagai hasil spesifik yang paling langsung dari instruksi kelas. Secara umum, mereka mengacu pada bisnis sehari-hari dari kurikulum operasi, dan sejauh mana mereka telah dicapai adalah wajib pajak, setidaknya secara teoritis, pada suatu titik waktu tertentu.

….

Jelas bahwa tukuan yang terdapat dalam standar isi SMP ini sesuai karena tujuan disebutkan lebih spesifik lagi dari pada dalam KTSP SMP sebelumnya.

2.      Isi

Dalam standar isi PKn SMP ini materi yang diberikan bisa kita lihat melalui SK dan KD. Materi yang diberikan meliputi materi pendidikan kewarganegaraan sesuai dengan KTSP SMP yang dituliskan sebelumnya tepatnya pada point ke-2.

“…

  1. a.      Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia.
  2. b.      Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian.
  3. c.       Kelompok mata pelajaran IPTEK
  4. d.      Kelompok mata pelajaran estetika.
  5. e.       Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan. …”

Sebagai contoh kami ambil salah satu SK-KD yang terdapat dalam standar isi PKn SMP kelas VII, semester 1:

SK

2.   Mendeskripsikan makna Proklamasi Kemerdekaan dan konstitusi pertama.

KD

2.1 Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan

2.2 Mendeskripsikan suasana kebatinan konstitusi pertama

2.3 Menganalisis hubungan antara proklamasi kemerdekaan dan UUD 1945

2.4 Menunjukan sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana konstitusi pertama

———————————————————————————————————–

Hal ini sesuai dengan salah satu wacana yang ada di dalam buku kurikulum dengan judul “Relationship of Aims, Goals, and Objectives” yakni sebagai berikut:

….

in most cases the distance between a curriculum objective and curriculum goal is great, between an objective and an aim, it is enormous.

Dalam bahasa Indonesia

dalam kebanyakan kasus jarak antara tujuan kurikulum dan tujuan kurikulum adalah besar, antara tujuan dan tujuan, itu sangat besar.

….

***

Untuk proses dan hasil dapat di lihat dari SK dan KD yang tertulis dalam standar isi PKn SMP yang tentunya juga relevan karena sesuai dengan tujuan yang sebelumnya juga relevan baik dengan KTSP SMP, SISDIKNAS, dan buku kurikulum tersebut.


Pernah menuliskan salah satunya?

analisis kurikulum smp (17), analisis kurikulum ktsp smp (4), MENGANALISIS KURIKULUM (4), analisis skl pkn smp (4), tingkatan tujuan kurikulum (4), bagaimana menganalisis kurikulum (4), menganalisis hubungan antara proklamasi kemerdekaan dan uud 1945 (3), materi pkn kelas 7 semester 1 kurikulum 2013 (3), makalah tentang analisis kurikulum (3), anal;isis hubungan antara proklamasi kemerdekaan dan uud 1945 (3), MENGANALISIS KURIKULUM TINGKAT SMP (2), makna suasana kebatinan konstitusi pertama (2), analisis kurikulum smp 3 (2), tujuan standar isi kurikulum smp (2), relevansi materi bahasa indonesia SMP dengan kurikulum dengan satu KD (2), standar proses pkn smp (2), BUKU KURIKULUM PKN SMP (2), sk kd pkn semester 1 kd 2 2 kelas 7 kurikulum 2013 (2), materi tentang analisis kurikulum (2), analisis kurikulum ppkn smp (2), makalah analisis perbandingan tujuan isi PAI dalam kurikulum (2), kurikulum dari analisis (2), analisis kurikulum ktsp sd (2), analisis kurukulum smp (2), MENJUAL CD RPP DAN ANALISIS KURIKULUM 2013 (2), 

Anda baru saja membaca Analisis Tingkatan Kurikulum Part. 3. Artikel ini ditulis di dalam kategori Pendidikan Indonesia, PPKn. Anda bebas mengshare artikel ini, namun gunakanlah etika yang baik dengan tetap menuliskan sumber link artikel Analisis Tingkatan Kurikulum Part. 3 ini.
Daftarkan email anda untuk berlangganan artikel kami:
Jangan lupa konfirmasi via email, ya!

Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia

Artikel lain:

Comments are closed.

Pasang Iklan, SEO Jaguars, Jaguar 2, Fair Gadget, Yoetama, Terapi Diabetes, Dana Usaha

Cerpen Sobat
  • Menara Angin

    cerpen menara angin

    [...] Kami nggak mentingin pertemuan sebagai alasan buat ngehambat hubungan ini, yang jelas kami cocok satu sama lain. Di saat kelulusan nanti waktu yang tepat. [...]

  • Zee’s Hand Diary

    nikah lo pikir mudah

    [...] Ini diaryku kisah tentang hidupku kisah nyataku. Tak peduli sebesar apa ketidaksukaan orang lain bagiku cemo’ohan mereka, penyemangat kebangkitanku. [...]

  • Kesuma Bunda (Ibuku Pahlawanku)

    nikah lo pikir mudah

    [...] Bunda nggak nyangka anakku sendiri bahkan tak bisa bersikap baik padaku. Mungkin ini memang salah Bunda yang nggak pernah menceritakan semuanya padamu [...]

  • Ku Hampir Kuncup

    ku hampir kuncup

    [...] “Oh, tidak. Ya Allah apakah sekeras ini cobaan yang Engkau berikan?” Rintihku mrnyesakkan dada, hingga rasanya aku tak sanggup untuk bernafas. [...]

  • Nikah??? Lo pikir Gampang!!

    nikah lo pikir mudah

    [...] Mungkin bener kata orang-orang tua, Rona pamali waktu ngambil barang hujan deres banget dan saat akan dibawa ke rumah Randy di malah nangis dan noleh [...]

sejarawan.com
jokam palembang
pasang iklan baris