Analisis Tingkatan Kurikulum Part. 1

inoputro(dot)com, analisis tingkatan kurikulum I.

Dalam buku kurikulum yang ditulis oleh W. Kenneth Richmond, menjelaskan bahwa tujuan kurikulum terbagi menjadi Aims, Goals dan Objectives yang bersumber dari sumber empiris, sumber filosofis dan sumber mata pelajaran. Ketiga tujuan ini merupakan tingkatan dari kurikulum yang tertinggi (berupa tujuan nasional) sampai kurikulum instruksional.

Berikut ini analisis tingkat kurikulum PKn berdasarkan tingkatannya.

Curriculum Aims                     : Tujuan Pendidikan Nasional

Curriculum Goals                    : KTSP SMP/SMA (kurikulum institusional)

Curriculum Objectives          : Standar isi PKn (kurikulum kurikuler dan instruksional)

 

Perbandingan dengan Tujuan Pendidikan Nasional

Berdasarkan UU No. 20 tahun 2003 Bab II Pasal 3, tujuan Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, sehat, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Tujuan ini sesuai dengan tingkatan kurikulum Curriculum Aims yang tertulis di dalam buku kurikulum yang ditulis oleh W. Kenneth Richmond.

….

in general, curriculum aims are statements that describe expected life outcomes based on some value schema either consciously or unsconsciously borrowed from philosophy

Dalam bahasa Indonesia:

secara umum, tujuan kurikulum adalah pernyataan yang menggambarkan hasil yang diharapkan hidup berdasarkan beberapa skema nilai baik secara sadar atau unsconsciously dipinjam dari filsafat.

….

Tujuan pendidikan nasional merupakan gambaran hasil yang diharapkan yang berasal dari filsafat hidup suatu negara, dalam hal ini Indonesia. Jelas bahwa terdapat gambaran hasil yang diharapkan dalam tujuan pendidikan nasional Indonesia. Ini sekaligus membuktikan jika tujuan pendidikan nasional Indonesia relevan dengan buku kurikulum yang ditulis oleh W. Kenneth Richmond.

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.


Pernah menuliskan salah satunya?

kurikulum part (1), 

One Response to “Analisis Tingkatan Kurikulum Part. 1”
  1. cardiacku 10/12/2011

Leave a Reply