Waspadai Paten Produk Dunia Maya

inoputro(dot)com, Waspadai Paten Produk Dunia Maya.

Ketika kita berfikir kenapa ya tidak ada yang meniru template blog saya. Kenapa mereka malah meniru template raksasa internet seperti facebook, google, dan yahoo. Wajar, dan memang sangat wajar jika para desainer lebih memilih mengikuti desain raksasa internet dan pihak-pihak profesional lainnya. Karena dengan adanya mereka terkenal, mereka akan menjadi trend setter di kalangannya. Menjadi acuan bagi mereka yang penasaran ataupun tertarik padanya. Tapi sayangnya ada satu hal yang memang sangat perlu diperhatikan yakni hak paten yang mereka miliki atas produknya.

Mungkin memang kelihatannya remeh jika kita bandingkan dengan produk-produk nyata. Indonesia sebenarnya adalah pemilik tempe. Akan tetapi karena tempe sudah dipatenkan Jepang maka tidak ada pabrik di Indonesia yang menhasilkan produk tempa besar-besaran karena memerlukan izin dari Jepang. Bagaimana dengan dunia maya? Kita hanya cukup duduk di rumah dengan bermodalkan lapto + modem dan dengan skill/kemampuan yang kita miliki kita akan bisa meniru produk apa pun yang ada. Dan tanpa kita sadari kita telah melanggar hak paten yang dimilikinya.

Hal sialĀ  seperti inilah yang terjadi pada saudara blogger kita, ‘Ainun Nazieb’. Alih-alih membuat template wordpress ‘mirip’ facebook, kini Ainun Nazieb tersandung masalah dengan raksasa internet Facebook. Ainun Nazieb sebagai admin dari blog nazieb.com membuat sebuah template bernama smells like facebook dan kemudian membagikannya secara ‘gratis’ atas beberapa permintaan dari temannya karena dianggap menarik. Sayangnya satu hal yang tidak diperhatikan yaitu hak paten yang dimiliki pihak facebook akan templatenya. Dan kini Ainun Nazieb harus menghadapi surat tuntutan yang diberikan oleh pihak facebook Indonesia.

Sebenarnya bukan hanya sobat Ainun Nazieb saja yang melakukan hal seperti ini. Banyak di luar sana blogger-blogger yang juga tidak memperhatikan hak paten. Contohnya saja dengan meng-convert template wordpress menjadi template blogger tanpa izin dari pemiliknya. Dan tidak tanggung-tanggung terkadang template yang ditiru adalah template premium. Bahkan hal-hal kecil yang sering dilakukan sepertiĀ  mengganti link di footer template yang kita dapatkan secara gratis merupakan salah satu yang melanggar hak paten.

Dengan adanya kasus yang seperti ini seharusnya kita semakin berhati-hati bermain hak paten terlebih kita (blogger) bukan bermain di kancah lokal. Tetapi blog yang kita miliki berada dan bisa di akses secara internasional. Semoga hal ini dapat semakin menumbuhkan kreatifitas kita.

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.


Pernah menuliskan salah satunya?

paten di dunia maya (1), 

5 Responses to “Waspadai Paten Produk Dunia Maya”
  1. tachometer 28/05/2012
  2. blog raharja 10/01/2012
    • inoputro 11/01/2012
  3. Pingback: IDM Patch | Ino Putro 22/12/2011
  4. yoetama 24/11/2011

Leave a Reply