Sekilas Tentang PPG

inoputro(dot)com, sekilas tentang ppg.

Guru profesional adalah guru yang dalam melaksanakan tugas profesi kependidikan mampu menunjukkan keprofesionalannya yang ditandai dengan penguasan kompetensi akademik kependidikan dan kompetensi penguasaan substansi dan/atau bidang studi sesuai bidang ilmunya. Dalam rangka menyiapkan guru yang profesional, maka setelah calon guru dinyatakan memiliki kompetensi akademik kependidikan dan kompetensi penguasaan substansi dan/atau bidang studi yang diperoleh pada jenjang S1, maka calon guru harus disiapkan untuk menjadi guru profesional melalui suatu sistem Pendidikan Profesi Guru.

Menurut UU No 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan profesi adalah pendidikan tinggi setelah program sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus. Dengan demikian program PPG adalah program pendidikan yang diselenggarakan untuk lulusan S-1 Kependidikan dan S-1/D-IV Non Kependidikan yang memiliki bakat dan minat menjadi guru, agar mereka dapat menjadi guru yang profesional sesuai dengan standar nasional pendidikan dan memperoleh sertifikat pendidik. Sehingga keluaran PPG mampu beradaptasi dan melaksanakan tugas profesi pendidik yang unggul, bermartabat, dan dibanggakan lembaga pendidikan pengguna, masyarakat dan bangsa Indonesia.

Pasal 3 ayat 1 Permendiknas No 8 tahun 2009 menyatakan bahwa Program PPG diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang memiliki lembaga pendidikan tenaga kependidikan yang memenuhi persyaratan dan ditetapkan oleh Menteri. Agar dalam penyelenggaraan program PPG sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan dan untuk memberikan kemudahan pelaksanaan di LPTK, maka diperlukan suatu pedoman pelaksanaan Program PPG yang dapat dipedomani oleh program studi penyelenggara Program PPG.


Pernah menuliskan salah satunya?

tentang ppg (16), https://www siputro com/2011/11/sekilas-tentang-ppg/ (2), keluaran ppg (1), macam-macam ppg (1), pengertian tentang ppgd (1), sekilas tentang ppg (1), substansi dari ppg (1), substansi ppg (1), subtansi ppg (1), 

Leave a Reply