Partai Politik

inoputro(dot)com, partai politik.

Partai politik pertama-tama lahir di negara-negara Eropa Barat. Dengan meluasnya gagasan bahwa rakyat merupakan faktor yang perlu diperhitungkan serta diikutsertakan dalam proses politik maka partai politik telah lahir secara spontan dan berkembang menjadi penghubung antara rakyat di satu pihak dan pemerintah di pihak lain.

Ada beberapa pendapat mengenai pengertian partai politik, seperti dikemukakan oleh Mac Iver, R.H. Soltan, dan Sigmund Newman. Akan tetapi, secara umum dapat dikatakan bahwa partai politik adalah suatu kelompok yang terorganisir yang anggota-anggotanya mempunyai orientasi, nilai-nilai dan cita-cita yang sama. Adapun tujuan kelompok ini adalah untuk memperoleh kekuasaan politik dan merebut kedudukan politik, biasanya dengan cara konstitusionil untuk melaksanakan kebijaksanaan-kebijaksanaan mereka.

Klasifikasi partai dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu sebagai berikut.
Dilihat dari segi jumlah dan fungsi anggotanya, terdiri dari berikut ini.

  • Partai massa, yaitu partai yang mengutamakan kekuatan berdasarkan keunggulan jumlah anggota.
  • Partai kader, yaitu partai yang mementingkan loyalitas dan kedisiplinan anggota-anggotanya.

Dilihat dari segi sifat dan orientasinya, terdiri dari berikut ini.

  • Partai lindungan, yaitu partai yang lebih mementingkan dukungan dan kesetiaan anggotanya terutama dalam pemilu.
  • Partai asas atau ideologi, yaitu partai yang program-programnya atas dasar ideologi tertentu.

Sistem kepartaian dapat dibedakan menjadi sebagai berikut:

  • Sistem satu partai, Isilah sistem satu partai ini dipakai untuk partai yang benar-benar merupakan satu-satunya partai dalam suatu negara maupun untuk partai yang mempunyai kedudukan dominan di antara beberapa partai lainnya.
  • Sistem dwi partai, Pengertian sistem dwi partai biasanya diartikan adanya dua partai atau adanya beberapa partai, tetapi dengan peranan dominan dari dua partai.
  • Sistem multipartai, Pola multipartai dianggap lebih mencerminkan keanekaragaman budaya dan politik daripada pola dwi partai.

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.

Artikel terkait:


Pernah menuliskan salah satunya?

pengertian dwi partai (44), dwi partai (39), artikel partai politik (37), sistem dwi partai (23), pengertian sistem multi partai (22), klasifikasi partai politik (16), makalah tentang partai politik (13), pengertian sistem dwi partai (12), pengertian partai politik secara umum (11), klasifikasi partai politik menurut orientasinya (1), berdasarkan jumlah dan fungsinya anggota partai politik dibedaka menjadi (1), 

Leave a Reply