siputro.com

Objek Material dan Objek Formal Filsafat

Ilmu adalah kumpulan pengetahuan. Kumpulan pengetahuan untuk dapat disebut ilmu harus memiliki syarat-syarat tertentu. Syarat-syarat yang dimaksudkan adalah objek material dan objek formal.

Objek material adalah sesuatu hal yang dijadikan sasaran pemikiran, sesuatu hal yang dipelajari. Objek material mencakup apa saja, baik hal-hal konkrit (misalnya: manusia, tumbuhan, batu) atau pun hal-hal yang abstrak (misalnya: ide-ide, nilai-nilai, kerohanian). Objek formal adalah cara memandang, cara meninjau yang dilakukan oleh seorang peneliti terhadap objek materialnya serta prinsip-prinsip yang digunakannya.

Maka dapat disimpulkan bahwa para ilmuwan yang ahli dibidang disiplin ilmu tertentu, mengarahkan perhatiannya pada salah satu aspek dari objek materialnya. Persoalan-persoalan umum yang ditemukan dalam bidang ilmu khusus itu antara lain sebagai berikut.

  • Sejauh mana batas-batas (ruang lingkup) yang menjadi wewenang masing-masing ilmu khusus itu? Dari mana ilmu khusus itu mulai dan sampai mana harus berhenti? Ilmu ekonomi pertanian termasuk wewenang fakultas ekonomi ataukah fakultas pertanian?
  • Dimanakah sesungguhnya tempat ilmu-ilmu khusus dalam realitas yang melingkupinya?
  • Metode-metode yang dipakai ilmu-ilmu tersebut berlakunya sampai dimana? Misalnya, metode yang dipakai ilmu sosial berbeda dengan yang dipakai ilmu kealaman maupun humaniora.
  • Apakah persoalan kausalitas (hubungan sebab-akibat) yang berlaku dalam ilmu kealaman juga berlaku pula bagi ilmu-ilmu sosial maupun humaniora? Misalnya setiap logam kalau dipanaskan pasti memuai. Gejala ini berlaku bagi semua logam. Panas merupakan faktor penyebab gejala memuai. Akan tetapi sulit untuk memastikan bahwa setiap kebijaksanaan pemerintah menaikkan gaji pegawai negeri akan menimbulkan gejala kenaikan harga barang. Karena bisa saja kenaikan harga barang itu disebabkan oleh faktor lain misalnya adanya inflansi, banyaknya permintaan konsumen, langkanya barang-barang tertentu yang sangat dibutuhkan masyarakat. Kenaikan gaji pegawai negeri barangkali hanyalah salah satu dari beberapa sebab.

Filsafat mengatasi setiap ilmu, baik dalam hal metode maupun ruang lingkupnya. Objek formal filsafat terarah pada unsur-unsur keumuman yang secara pasti ada pada ilmu-ilmu khusus. Dengan tinjauan yang terarah pada unsur-unsur keumuman itu, maka filsafat berusaha mencari hubungan-hubungan di antara bidang-bidang ilmu yang bersangkutan.

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.

Artikel terkait:


Pernah menuliskan salah satunya?

objek filsafat (282), objek material dan objek formal filsafat (82), objek material filsafat (49), pengertian objek material (35), objek formal filsafat (32), objek formal (25), objek material (24), objek ilmu pemerintahan (23), objek formal dan material filsafat (22), obyek filsafat (21), OBJEK DAN METODE FILSAFAT (20), objek material dan formal filsafat (20), pengertian objek material dan formal (14), objek material dan objek formal (13), objek formal ilmu pendidikan (11), objek filsafat umum (11), objek material dalam filsafat (10), objek formal dan material (10), objek material dan formal filsafat ilmu (9), pengertian objek formal (9), pengertian objek formal dan objek material (8), makalah objek filsafat (7), objek material dan objek formal etika (7), objek material filsafat ilmu (7), makalah objek material filsafat (7), 

author siputro.com
Rino Saputro, S.Pd

"Hidup itu kegagalan, kegagalan mendeskripsikan kehidupan akan membawa hidup selalu dalam kegagalan"