Hubungan Ilmu dengan Filsafat

Pada mulanya ilmu yang pertama kali muncul adalah filsafat dan ilmu-ilmu khusus menjadi bagian dari filsafat. Sehingga ada yang mengatakan filsafat sebagai induk atau ibu ilmu pengetahuan, karena objek material filsafat sangat umum yaitu seluruh kenyataan. Padahal ilmu-ilmu membutuhkan objek material yang khusus, hal ini berakibat berpisahnya ilmu dari filsafat. Meskipun dalam perkembangannya masing-masing ilmu memisahkan diri dari filsafat, ini tidak berarti hubungan filsafat dengan ilmu-ilmu khusus menjadi terputus. Disinilah filsafat berusaha untuk menyatupadukan masing-masing ilmu. Tugas filsafat adalah mengatasi spesialisasi dan merumuskan suatu pandangan hidup yang didasarkan atas pengalaman kemanusiaan yang luas. Oleh karena itu filsafat merupakan salah satu bagian dari proses pendidikan secara alami dari mahluk yang berfikir.

Ada hubungan timbal balik antara ilmu dengan filsafat. Banyak masalah filsafat yang memerlukan landasan pada pengetahuan ilmiah apabila pembahasannya tidak ingin dikatakan dangkal dan keliru. Ilmu dewasa ini dapat menyediakan bagi filsafat sejumlah besar bahan yang berupa fakta-fakta yang sangat penting bagi perkembangan ide-ide filsafati yang tepat sehingga sejalan dengan pengetahuan ilmiah.

Interaksi antara filsafat dan ilmu-ilmu khusus juga menyangkut suatu tujuan yang lebih jauh dari filsafat. Filsafat berusaha untuk mengatur hasil-hasil dari berbagai ilmu-ilmu khusus ke dalam suatu pandangan hidup dan pandangan dunia yang tersatupadukan, komprehensif dan konsisten. Secara komprehensif artinya tidak ada sesuatu bidang yang berada di luar jangkauan filsafat. Secara konsisten artinya uraian kefilsafatan tidak menyusun pendapat-pendapat yang saling berkontradiksi.

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.

Artikel terkait:


Pernah menuliskan salah satunya?

hubungan filsafat dengan ilmu (293), hubungan ilmu dengan filsafat (158), hubungan filsafat dengan ilmu pengetahuan (68), hubungan ilmu dan filsafat (58), hubungan filsafat dan ilmu (52), hubungan filsafat dan ilmu pengetahuan (36), ilmu dan filsafat (32), hubungan antara filsafat dengan ilmu (27), HUBUNGAN PENGETAHUAN FILSAFAT DAN ILMU (26), hubungan antara filsafat dan ilmu (25), hubungan ilmu pengetahuan dan filsafat (18), hubungan filsafat dengan filsafat ilmu (17), jelaskan hubungan filsafat dengan ilmu (16), filsafat dan ilmu (13), hubungan antara filsafat ilmu dan pengetahuan (12), hubungan falsafah dengan ilmu (10), apa hubungan filsafat dan ilmu (5), https://www siputro com/2011/10/hubungan-ilmu-dengan-filsafat/ (5), hubungan timbal balik antara ilmu dan filsafat (4), Filsafat ilmu tentang hubungan ilmu dengan filsafat (3), jelaskan hubungan ilmu dan filsafat (3), apa hubungan ilmu dengan filsafat (3), jelaskan hubungan antara filsafat ilmu dan filsafat ilmu (3), apa hubungan ilmu dan filsafat (3), jelaskan hubungan ilmu dengan filsafat (3), 

Leave a Reply