Definisi Filsafat

inoputro(dot)com, definisi filsafat.

Pengertian filsafat ditinjau secara etimologi adalah membahas sesuatu istilah atau kata dari segi asal usul kata itu. Istilah filsafat dalam bahasa Indonesia memiliki padanan kata falsafah (Arab), philosophy (Inggris), philosophia (Latin), philosophie (Jerman, Belanda, Perancis). Semua istilah itu berasal dari bahasa Yunani philosophia yaitu philein berarti mencintai sedangkan philos berarti teman. Selanjutnya istilah sophos berarti bijaksana sedangkan sophia berarti kebijaksanaan.

Filsafat sebagai suatu sikap

Filsafat sebagai suatu sikap terhadap kehidupan dan alam semesta.  Terhadap problem-problem yang terdapat dalam kehidupan dapat menimbulkan tanggapan yang dapat menumbuhkan sikap ketenangan, keseimbangan pribadi, mengendalikan diri dan tidak emosional. Sikap dewasa   secara filsafat adalah sikap menyelidiki secara kritis, terbuka, toleran dan selalu bersedia meninjau suatu problem dari semua sudut pandangan.

Filsafat sebagai suatu metode

Filsafat sebagai suatu metode artinya sebagai suatu cara berfikir secara reflektif (mendalam), penyelidikan yang menggunakan alasan, berfikir secara hati-hati dan teliti. Filsafat berusaha berusaha untuk memikirkan seluruh pengalaman manusia secara mendalam dan jelas.

Filsafat sebagai kelompok persoalan

Banyak persoalan pribadi (perennial problems) yang dihadapi manusia dan para filsuf berusaha memikirkan dan menjawabnya. Pertanyaan filsafati berbeda dengan pertanyaan-pertanyaan non filsafati yang bertalian dengan hal-hal tertentu, khusus, terikat oleh ruang dan waktu, sehingga jawabannya dapat secara langsung diberikan pada saat itu juga. Setiap filsuf memiliki wewenang dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan mengajukan argumentasi yang logis dan rasional.

Filsafat sebagai sekelompok teori atau sistem pemikiran

Sejarah filsafat ditandai dengan pemunculan   teori-teori atau sistem-sistem pemikiran yang terlekat pada nama-nama filsuf besar. Besarnya kadar subjektivitas seorang filsuf dalam menjawab setiap masalah menjadikan kita sulit untuk menentukan teori atau sistem pemikiran yang baku dalam filsafat.

Filsafat sebagai analisa logis tentang bahasa dan penjelasan makna istilah

Menganalisis berarti menetapkan arti secara tepat dan saling berhubungan. Dalam kaitannya dengan ilmu, maka filsafat mempelajari arti-arti dan menentukan hubungan-hubungan diantara konsep-konsep dasar yang dipakai setiap ilmu. Di lain pihak seorang ahli filsafat menganalisis konsep-konsep dasar tersebut dalam kaitannya dengan konsep-konsep dasar yang berlaku dalam bidang ilmu lainnya. Tinjauan kefilsafatan bersifat umum dan tidak berhenti pada cakupan khusus saja.

Filsafat merupakan usaha untuk memperoleh pandangan yang menyeluruh

Filsafat mencoba menggabungkan kesimpulan-kesimpulan dari berbagai ilmu   dan pengalaman manusia menjadi suatu pandangan dunia yang konsisten. Para filsuf berhasrat meninjau kehidupan tidak dengan sudut pandangan yang khusus sebagaimana dilakukan oleh seorang ilmuan. Filsuf memakai pandangan yang   menyeluruh terhadap kehidupan sebagai suatu totalitas.

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi

Artikel terkait:


Pernah menuliskan salah satunya?

pengertian filsafat menurut bahasa dan istilah (20), pengertian filsafat secara etimologi (12), filsafat sebagai suatu metode (9), pengertian filsafat secara khusus (8), filsafat secara etimologi (8), pengertian filsafat secara etimologi dan terminologi (7), arti filsafat ilmu ditinjau dari sudut etimologi dan terminologi (7), pengertian filsafat ilmu secara etimologi dan terminologi (5), filsafat sebagai suatu sikap (5), filsafat sebagai cara berpikir (4), pengertian filsafat sebagai suatu sikap (4), pengertian filsafat secara bahasa dan istilah (4), implementasi filsafat sebagai pemikiran reflektif (4), definisi filsafat secara etimologi dan terminologi (3), arti kata analisis dalam filsafat ilmu (3), filsafat secara bahasa dan istilah (3), definisi filsafat secara bahasa dan istilah (3), pengertian filsafat menurut istilah (3), filsafat sebagai suatu metoda (3), filsafat sebagai suatu sistem pemikiran atau kelompok teori (2), definisi filasafat sebagai cara berfikir (2), pengertian filsafat etimologi dan terminologi (2), filsafat sebagai sekelompok teori atau sistem pemikiran (2), pengertian filsafat secara etimologi menurut para ahli (2), pengertian filsafat secara etimologi dan bahasa (2), 

Definisi Filsafat was last modified: October 2nd, 2011 by inoputro

Artikel Terkait Definisi Filsafat

Tentang Demokrasi

Tentang Demokrasi

inoputro(dot)com, sedikit tentang demokrasi. Kita mengenal bermacam-macam istilah demokrasi.

Makna Perjanjian Internasional

Makna Perjanjian Internasional

inoputro(dot)com, makna perjanjian internasional. Sampai saat ini para ahli

Klasifikasi atau Pengelompokan Negara

Klasifikasi atau Pengelompokan Negara

inoputro(dot)com, klasifikasi atau pengelompokan negara. Klasifikasi/pengelompokan negara adalah penggolongan

Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

inoputro(dot)com, pancasila sebagai ideologi terbuka. Pancasila sebagai suatu ideologi

No Responses to “Definisi Filsafat”

Add Your Comment