siputro.com

Home » PPKn » Berfilsafat

pasang iklan murah

Berfilsafat

October 18th, 2011 Admin 1930 Views 0 Comments

inoputro(dot0com, berfilsafat.

Berfilsafat adalah berfikir. Ini berarti berfikir adalah berfilsafat. Kalau dikatakan berfilsafat adalah berfikir, hal ini dimaksudkan bahwa berfilsafat termasuk kegiatan berfikir.

Ciri-ciri berfikir dengan berfilsafat

  • Berfikir secara kefilsafatan dicirikan secara radikal. Radikal berasal dari kata yunani radix yang berarti akar. Berfikir secara radikal adalah berfikir sampai ke akar-akarnya.
  • Berfikir secara kefilsafatan dicirikan secara universal (umum). Berfikir secara universal adalah berfikir tentang hal-hal serta proses-proses yang bersifat umum.
  • Berfikir secara kefilsafatan dicirikan secara konsepsual. Yang dimaksud dengan konsep ini adalah hasil generalisasi (perumuman) dan abstraksi dari pengalaman tentang hal-hal serta proses individu.
  • Berfikir secara kefilsafatan dicirikan secara koheren dan konsisten. Koheren artinya sesuai dengan kaidah-kaidah berfikir (logis). Konsisten artinya tidak mengandung kontradiksi. Baik koheren dan konsisten keduanya dapat diterjemahkan dalam bahasa Indonesia: runtut. Runtut adalah bagan konseptual yang disusun itu tidak terdiri dari pendapat-pendapat yang saling berkontradiksi didalamnya.

Dari beberapa pengertian di atas terdapat dua pengertian filsafat secara etimologik yaitu sebagai berikut:

Apabila istilah filsafat mengacu pada asal kata philein dan sophos, maka artinya mencintai hal-hal bersifat bijaksana (bijaksana yang dimaksudkan sebagai kata sifat).

Apabila filsafat mengacu pada asal kata philos dan sophia, maka artinya adalah teman kebijaksanaan (kebijaksanaan dimaksudkan sebagai kata benda).

  • Berfikir secara kefilsafatan dicirikan secara sistematik. Sistematik berasal dari kata sistem. System adalah kebulatan dari sejumlah unsure yang saling berhubungan menurut tata pengaturan untuk mencapai suatu maksud atau menunaikan sesuatu peranan tertentu. Berfikir secara kefilsafatan dicirikan secara komperehensif. Kofrehensif adalah mencakup secara menyeluruh.
  • Berfikir secara kefilsafatan dicirikan secara bebas. Sampai batas-batas yang luas maka setiap filsafat boleh dikatakan merupakan suatu hasil dari pemikiran yang bebas. Bebas dari perasangka-prasangka social, histories, cultural atau religius.
  • Berfikir secara kefilsafatan dicirikan secara dengan pemikiran yang bertanggung jawab. Seorang yang berfilsafat adalah orang yang berfikir sambil bertanggung jawab.

 

Indahnya dunia ketika kita dapat saling berbagi.


Pernah menuliskan salah satunya?

berfilsafat (87), berfilsafat adalah (33), pengertian berfilsafat (31), radikal adalah (25), karakteristik sistem berfilsafat (19), perbedaan berpikir dan berfilsafat (17), proses berfilsafat (10), ciri-ciri berfilsafat (10), berfilsafat berarti berpikir (9), ciri ciri berfilsafat (9), runtut adalah (8), perbedaan berfikir dan berfilsafat (7), arti berfilsafat menurut para ahli (6), berpikir universal adalah (6), berfikir berfilsafat (5), berfikir secara radikal (5), contoh berfilsafat (5), pengertian berfikir bebas (4), berfikir dan berfilsafat (4), pengertian runtut (4), berfilsafat berarti berfikir (4), contoh berfikir radikal (4), arti berfilsafat (4), ciri berpikir secara kefilsafatan (3), beda berfikir dan berfilsafat (3), 

Anda baru saja membaca Berfilsafat. Artikel ini ditulis di dalam kategori PPKn. Anda bebas mengshare artikel ini, namun gunakanlah etika yang baik dengan tetap menuliskan sumber link artikel Berfilsafat ini.
Daftarkan email anda untuk berlangganan artikel kami:
Jangan lupa konfirmasi via email, ya!

Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia

Artikel lain:

Leave a Reply to this Post

= 0+9 [required]

Pasang Iklan, SEO Jaguars, Jaguar 2, Fair Gadget, Yoetama, Terapi Diabetes, Dana Usaha

Cerpen Sobat
  • Menara Angin

    cerpen menara angin

    [...] Kami nggak mentingin pertemuan sebagai alasan buat ngehambat hubungan ini, yang jelas kami cocok satu sama lain. Di saat kelulusan nanti waktu yang tepat. [...]

  • Zee’s Hand Diary

    nikah lo pikir mudah

    [...] Ini diaryku kisah tentang hidupku kisah nyataku. Tak peduli sebesar apa ketidaksukaan orang lain bagiku cemo’ohan mereka, penyemangat kebangkitanku. [...]

  • Kesuma Bunda (Ibuku Pahlawanku)

    nikah lo pikir mudah

    [...] Bunda nggak nyangka anakku sendiri bahkan tak bisa bersikap baik padaku. Mungkin ini memang salah Bunda yang nggak pernah menceritakan semuanya padamu [...]

  • Ku Hampir Kuncup

    ku hampir kuncup

    [...] “Oh, tidak. Ya Allah apakah sekeras ini cobaan yang Engkau berikan?” Rintihku mrnyesakkan dada, hingga rasanya aku tak sanggup untuk bernafas. [...]

  • Nikah??? Lo pikir Gampang!!

    nikah lo pikir mudah

    [...] Mungkin bener kata orang-orang tua, Rona pamali waktu ngambil barang hujan deres banget dan saat akan dibawa ke rumah Randy di malah nangis dan noleh [...]

sejarawan.com
jokam palembang
pasang iklan baris